Cara Mengetahui User Yang Sedang Login Di System Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux - Tempat Blogging

Cara Mengetahui User Yang Sedang Login Di System Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux


Di dalam system linux, kita sanggup memakai user aktif secara paralel. Misalnya saja di dalam system tersebut ada user himawan dan user teknisi, kemudian kita hanya sanggup masuk ke dalam server melalui SSH. Apakah hanya kita yang sedang masuk ke dalam system tersebut, atau ada user lain yang juga sedang berada di dalam system. Bagaimana cara kita tahu siapa saja yang sedang login ke dalam server? Dengan perintah "w", belum terbayang? Berikut tutorialnya:
Misalnya saja aku sudah masuk ke system Ubuntu server, kemudian aku hanya menjalankan perintah tersebut, kemudian kesudahannya akan terlihat ibarat gambar di bawah:


disitu terlihat bahwa user himawan login dari alamat IP 192.168.0.254, jam login pukul 07.09 pagi di screen 0 (pts/0), kemudian aku mencoba login dengan user yang lain. Setelah berhasil login denga user yang lain, perintah "w" tersebut aku jalankan kembali. Berikut hasilnya:


disitu terlihat bahwa ada user teknisi yang sedang aktif atau berada di dalam system, waktu login user teknisi tersebut yaitu pukul 12.27 siang, dan login ke dalam system dari alamat IP yang sama dengan user himawan. Screen yang dipakai yaitu screen nomer 1 (pts/1).

Menarik bukan? bermain-main dengan perintah dasar linux di Ubuntu Server, silakan mencoba dan terima kasih telah berkunjung. :-)

Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Mengetahui User Yang Sedang Login Di System Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close