Fungsi Snapshot Di Virtualbox - Tempat Blogging

Fungsi Snapshot Di Virtualbox


Pernah melihat fitur snapshot di virtualbox? Awalnya saya dulu sempat resah untuk apa fitur itu (snapshot itu) ada dan apa bedanya dengan screenshot (ha ha ha ha, saya pikir sama). Ternyata fitur ini (snapshot) sangat mempunyai kegunaan bila anda ingin mengembalikan system ke dalam suatu kondisi tertentu. Masih bingung? Silakan simak goresan pena berikut untuk implementasi fungsi snapshot yang saya maksud:


Lingkungan pengembangan yang saya gunakan yaitu Windows 10 Desktop versi 64 bit yang diinstall Virtualbox versi 5.1. Kemudian di aplikasi virtualbox tersebut saya install virtual machine dengan sistem operasi Ubuntu server 16.04 LTS.

Saya jalankan virtual machine (VM) Ubuntu Server tersebut, kemudian saya login ke dalam-nya dan mengecek apakah aplikasi nmap sudah terinstall di dalam Ubuntu Server tersebut. Caranya? Dengan menjalankan perintah:

 sudo dpkg -l nmap

kesudahannya ibarat berikut ini:


Aplikasi Nmap telah terinstall di dalam system, alasannya ada tanda ii di samping kiri. Lalu apa hubungannya dengan snapshot? Sabar berikut kelanjutannya. saya kemudian akan menciptakan file snapshot dari VM Ubuntu Server tersebut di virtualbox controller. Buka dulu virtualbox controller ibarat gambar berikut:

kemudian klik sajian snapshot yang ada di pojok kanan atas:

maka akan tampil sajian snapshot ibarat berikut:


disitu nampak bahwa ada snapshot dari VM berjulukan PHP yang sudah dibuat. Untuk menciptakan snapshot baru, saya klik icon kamera di pojok kiri atas sehingga kesudahannya ibarat berikut:

klik OK untuk menyimpan hasil snapshot tersebut, sehingga terlihat hasil snapshot gres ibarat berikut:


sehabis itu, kembali ke mesin VM tadi, saya akan mencoba menghapus aplikasi nmap di VM Ubuntu Server dengan perintah:

 sudo dpkg -r nmap

sehabis proses uninstall aplikasi nmap berjalan dan berhasil dilalui, saya cek ulang di system VM apakah aplikasi nmap tersebut masih ada atau tidak dengan perintah:

 sudo dpkg -l nmap

berikut ini hasilnya:


dari gambar di atas terlihat bahwa status aplikasi nmap telah di uninstall dari VM Ubuntu server, dikarenakan ada tanda un di samping kiri (tadi bertanda ii yang berarti aplikasi nmap telah diinstall di dalam sistem). Setelah itu, saya akan matikan VM ubuntu Server, kemudian dari sajian windows snapshot akan terlihat ibarat berikut ini:


kemudian saya klik snapshot Install nmap, kemudian saya pilih icon di bawah ini untuk mengimplementasikan snapshot Installed Nmap ke dalam VM Ubuntu yang saya matikan tadi:


kemudian akan muncul windows konfirmasi ibarat berikut ini:

klik restore untuk meneruskan prosesnya. Lalu akan muncul windows gres untuk menciptakan snapshot gres sebelum snapshot installed nmap di aplikasikan. Bingung? Gini, status mesin VM yaitu B, dan snapshot (installed nmap) tadi yaitu status A, ketika status A mau saya implementasikan ke dalam VM, saya diminta menciptakan snapshot dengan kondisi mesin dikala status B berada. Maka nama snapshot yang gres tersebut saya namakan After Nmap Uninstalled ibarat berikut:

kemudian klik OK, maka berikut hasilnya:

langkah selanjutnya yang akan saya lakukan yaitu kembali menghidupkan VM Ubuntu server tersebut. Setelah login saya jalankan lagi perintah:

 sudo dpkg -l nmap

maka berikut hasilnya:


ternyata aplikasi nmap kembali terinstall, tanpa saya menjalankan perintah instalasi nmap lagi. Ternyata fungsi snapshot di virtualbox tersebut dipakai untuk merestore status suatu mesin VM pada suatu kondisi tertentu (selama sudah dibuatkan snapshotnya), ibarat system restore milik windows. Selamat mencoba ya dan terima kasih telah berkunjung :-)

Berikut beberapa tutorial vortualbox lainnya:
Show comments
Hide comments

0 Response to "Fungsi Snapshot Di Virtualbox"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close