Cara Menghubungkan Virtual Mesin Ke Jaringan Eksternal Di Virtualbox - Tempat Blogging

Cara Menghubungkan Virtual Mesin Ke Jaringan Eksternal Di Virtualbox



Pernahkah anda menginginkan untuk menciptakan mesin virtual yang anda buat sebelumnya sanggup diakses oleh komputer lain di dalam jaringan? Hal tersebut dimungkinkan dengan sedikit konfigurasi di dalam aplikasi virtualbox. Misalnya nih, aku mempunyai virtual mesin Ubuntu Server 16.04 yang aku install di dalam virtualbox. Di dalam Ubuntu Server tersebut aku install layanan SSH Server. Apakah aku sanggup meremote virtual mesin itu dari komputer lain di luar komputer Master? Tentu bisa, kemudian bagaimana caranya?


Berikut langkah-langkahnya:

Saya buka dulu aplikasi virtualbox yang aku gunakan, kemudian pilih salah satu VM yang akan aku konfigurasi (saya pilih VM berjulukan PHP):

langkah berikutnya klik sajian Settings di bab atas, kemudian pilih section Networking ibarat berikut:

kemudian pada halaman utama klik enable Network Adapter, kemudian pilih Bridged Adapter pada sajian Attached to, Untuk Adapter yang di bridged silakan pilih dari salah satu network Adapter pada Master Host:

di konfigurasi di atas aku menentukan Realtek PCIe FE family Controller pada Master Host yang aku gunakan, kemudian klik OK untuk menyimpan konfigurasi tersebut. Jika di visualisasikan maka VM yang aku gunakan akan menciptakan kartu virtual jaringan yang sejajar (bridge) dengan Master Host ibarat berikut:


Dari ilustrasi di atas, maka seperti VM mempunyai kartu jaringan yang sejajar dengan master Host. dengan begitu apabila virtual Host di konfigurasi alamat IP-nya sejaringan dengan master host, maka virtual mesin tersebut juga sanggup diakses seperti sebuah komputer gres di jaringan melalui network entry si master host.

Makara apabila keduanya (master host dan virtual mesin) di konfigurasi dengan DHCP Server, maka keduanya akan mendapat IP sejajar dan sanggup menjalin komunikasi dengan komputer lainnya.

Praktis bukan? Selamat mencoba ya :-)

Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Menghubungkan Virtual Mesin Ke Jaringan Eksternal Di Virtualbox"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close