Install Dan Menjalankan Multi Project Dengan Vagrant Di Macos - Tempat Blogging

Install Dan Menjalankan Multi Project Dengan Vagrant Di Macos


Masih berlanjut dengan tutorial vagrant, pada kesempatan kali ini, aku ingin menuliskan bagaimana menjalankan beberapa vagrant box di dalam satu komputer dengan sistem operasi Mac OSX.  Tujuannya ialah aku ingin menciptakan lingkungan pengembangan virtual di atas sistem operasi Mac, memakai sistem operasi Ubuntu atau Debian. 

Awalnya aku mengira bahwa satu komputer hanya sanggup menjalankan satu vagrant box, kalau ingin menjalankan vagrant box yang lain, maka vagrant box sebelumnya harus dihapus. Ternyata anggapan aku keliru, kita sanggup menginstall beberapa vagrant box dan menjalankan sekaligus gotong royong dalam satu komputer. 

Begini skenarionya, pertama aku akan coba install vagrant box ubuntu, sesudah simpulan aku akan coba install vagrant box debian. Penasaran? Berikut langkah langkahnya:

Pertama buka dulu aplikasi terminal, kemudian aku akan buat folder gres dengan nama vagrant-ubuntu dengan menjalankan perintah:

mkdir vagrant-ubuntu
perintah di atas dipakai untuk menciptakan folder yang akan menampung vagrant box ubuntu, untuk menampung vagrant box debian aku juga akan menciptakan folder gres dengan nama vagrant-debian dengan perintah:

mkdir vagrant-debian
sebenarnya, anda bebas menamai folder yang akan anda buat untuk menampung vagrant box yang akan anda install, aku menamainya begitu semoga lebih gampang mengingatnya, simpulan menciptakan folder aku akan masuk kedalam salah satu folder (misalnya aku mulai dari instalasi vagrant ubuntu) dengan perintah:

cd vagrant-ubuntu
sesudah masuk di dalam folder tersebut, aku akan coba menginisialisasi vagrant box yang akan aku install dengan perintah:

vagrant init ubuntu/xenial64
perintah di atas ialah untuk mempersiapkan repository bahwa aku akan menginstall ubuntu server versi 16.04 LTS (xenial xerus) ke dalam folder vagrant-ubuntu. Selesai menginisialisasi, kemudian aku install dan jalankan vagrant box tersebut dengan perintah:

vagrant up
tunggu sampai selesai. Setelah selesai, aku akan coba masuk ke dalam Ubuntu Server tersebut dengan menjalankan perintah:

vagrant ssh
dengan begitu aku berhasil masuk ke dalam sistem operasi Ubuntu Server 16.04 LTS yang aku install dengan vagrant. 

Tutorial berikutnya, aku akan menjelaskan bagaimana cara instalasi vagrant box Debian disamping Ubuntu tersebut. Berikut step-stepnya:

Saya buka lagi terminal baru, kemudian masuk ke dalam folder vagrant-debian yang tadi dibentuk dengan perintah: 

cd vagrant-debian
kemudian mulai inisialisasi repository vagrant box dengan perintah:

vagrant init generic/debian
simpulan proses inisialisasi, kemudian mulai instalasi dengan menjalankan perintah:

vagrant up
tunggu sampai selesai, sesudah itu untuk masuk ke dalam debian tersebut, aku tinggal menjalankan perintah:

vagrant ssh
dan balasannya aku masuk ke dalam guest OS debian, kemudian bagaimana kabarnya ubuntu yang tadi aku install, oh hening saja, keduanya nyala berbarengan, berikut ini tampilannya:


dari tampilan di atas terlihat bahwa kedua vagrant box tadi (vagrant ubuntu dan vagrant debian) keduanya aktif. Dari gambar di atas terlihat bab atas ialah vagrant box debian dan yang bawah ialah vagrant box ubuntu yang aku install. 

Untuk membuktikannya, aku buka terminal lagi dan aku jalankan perintah:

vagrant box list
dan berikut ini hasilnya:


menurut output perintah tadi, terlihat bahwa debian dan ubuntu dari vagrant box tersebut berhasil aku install dalam satu komputer hypervisor.

Praktis bukan, pada kesempatan selanjutnya aku akan menuliskan bagaimana cara menghubungkan keduanya di dalam private network dan publix network. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Show comments
Hide comments

0 Response to "Install Dan Menjalankan Multi Project Dengan Vagrant Di Macos"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close