Jenis Jenis Domain Untuk Ngeblog - Tempat Blogging

Jenis Jenis Domain Untuk Ngeblog

 Domain sebagai nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seper Jenis Jenis Domain untuk Ngeblog
Sudah tau kan sob apa itu Domain ? Simplenya domain itu alamat. Domain sebagai nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer ibarat email server atau web server di jaringan internet atau komputer. Contoh domain blog ini ialah “kangmasian.com”. Domain juga dikenal dengan istilah  alamat website atau URL.

Jenis domain menurut level dan masa hidupnya


Tidak akan ada nama domain yang sama diseluruh dunia internet ini. Pasti berbeda beda. Domain tidak hanya deretan huruf tapi sanggup juga adonan huruf dan angka ibarat : berita1.com, catatan212.com, 7elemen.com dst.

Baca juga : Adsense - Perbedaan akun Hosted dan non Hosted 

A. 4 Jenis domain menurut levelnya

  1. Top Level domain (TLD) : ialah deretan huruf di belakang dot (.) misalnya : .com, .net, .info, .id. untuk domain yang berakhiran .com dipakai secara umum. Untuk .net dipakai untuk website bersifat jaringan. Untuk .info website bersifat informasi. Sedangkan .id dipakai secara umum yang menunjukan website berasal dari Indonesia.
  2. Second Level Domain (SLD) : ialah deretan huruf di depan dot (.) dari suatu nama domain. Contoh : nama domainnya ialah blogspot.com, maka blogspot ialah SLD dan .com ialah TLD. Dan inilah yang disebut nama domain. Yaitu adonan antara SLD dan TLD.
  3. Third Level Domain : ialah level ketiga sesudah TLD dan SLD. contohnya: .cn.com, .us.com, .br.com, atau ada juga domain yang gratis ibarat cz.cc dan co.cc.
  4. Sub Level Domain : ialah sub selain TLD dan SLD atau nama tambahan. Contohnya : nama domain utamanya ialah wordpress.com dan blogspot.com. maka teman sanggup menciptakan sub domainnya. Missal : masriki.wordpress.com dan masriki.blogspot.com

B. Jenis domain menurut fase hidup

  1. Fresh Domain : ialah domain gres yang masih fresh belum mempunyai jejak atau history di internet dan gres pertamakali didaftarkan.
  2. Active Domain : ialah domain yang sudah dibeli dan masih aktif dalam jangka waktu tertentu. Minimal masa aktif biasanya 1 tahun.
  3. Expired Domain : ialah domain sudah kadaluarsa atau berakhir masa aktifnya dan tidak lagi diperpajang oleh pemiliknya. Domain jenis ini sangat berharga dan diburu oleh banyak blogger alasannya sudah berumur, mempunyai popularitas, riwayat, ranking, dan juga backlink.
  4. Deleted Domain atau Dropped Domain : ialah domain yang sudah melewati masa expired dan tidak diperpanjang lagi oleh pemiliknya. Jika didaftarkan lagi, domain ini akan terlihat berumur sangat muda istilahnya domain reborn.
Itulah beberapa jenis domain yang perlu teman ketahui kalau ingin merubah alamat blog. Tidak wajib dirubah sih… tergantung dari tujuan teman menciptakan blog itu sendiri… ada kelebihan dan kekurangan untuk setiap jenis domain di atas. Sobat sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Baca juga :  EZkeyword - Aplikasi Riset Keyword Terbaik Kampung Blogger Indonesia

C. Tips menentukan domain untuk blogger pemula

  • Untuk teman yang ingin ngeblog tanpa modal (tanpa beli domain dan sewa hosting) gunakan blogger.com atau wordpress.com Blogger.com (blogspot) dan Wordpress.com sanggup dipakai untuk website langsung maupun web toko online. Tetapi untuk wordpress.com tidak sanggup dimonetize dengan Google Adsense
  • Pilih domain sesuai niche atau topik blog
  • Untuk web toko online atau blog jualan teman sanggup gunakan nama domain yang sesuai brand, merk, jasa/produk.
  • Buatlah nama domain yang singkat, padat, simpel diingat, jelas,  simpel ditulis dan simpel diucapkan.
  • Usahakan nama domain jangan terlalu panjang maksimal 15 karakter atau 3 kata.
  • Jangan gunakan nama-nama domain yang mengarah ke SARA, Po*rn dan Gambling.
  • hindari nama domain dengan angka dan tanda hubung “–“
  • brand Anda memang ibarat itu
  • Hindari nama domain yang ibarat situs popular atau  merk/brand orang lain
  • Urutan domain yang paling banyak dibeli ialah : pertama (.com) kedua (.net .org .co .us .biz .info .id) ketiga ( .win .top .pw .bid .site .xyz)
  • Beli domain dari registrar yang terpercaya, ibarat :  namecheap.com, name.com, godaddy.com, alpnames.com, uniregistry.com, dan enom.com. untuk yang lokal (Indonesia) sanggup beli di Niagahoster.com, Rumahweb.com, Dewaweb.com
  • Alternatif pembayaran domain pada register internasional adalah: PayPal, Credit Card, VCN, VCC. Kaprikornus pastikan teman mempunyai saldo yang cukup untuk membeli domain.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Jenis Jenis Domain Untuk Ngeblog"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close