Kompresi Dan Ekstraksi File Tar.Gz Lewat Terminal Di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux - Tempat Blogging

Kompresi Dan Ekstraksi File Tar.Gz Lewat Terminal Di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux


Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana melaksanakan kompresi dan ekstraksi file dengan ekstensi tar.gz. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas bagaimana melaksanakan ekstraksi dan kompresi pada file berekstensi rar dan zip yang umum dipakai di sistem operasi windows. Maka kali ini saya akan membahas wacana file yang dikompresi dengan ekstensi tar.gz yang umum dijumpai di sistem operasi Linux. 

Ekstraksi file tar.gz:
Pada tutorial yang pertama saya akan membahas bagaimana melaksanakan ekstraksi terlebih dahulu. Bisa anda lihat pada gambar di bawah bahwa saya mempunyai sebuah file terkompresi dengan nama uploads.tar.gz:

Kemudian saya akan melaksanakan ekstraksi file uploads.tar.gz tersebut dengan menjalankan perintah:

 tar -xzvf uploads.tar.gz

dari hasil ekstraksi tersebut maka akan muncul sebuah folder dengan nama uploads menyerupai yang tampak pada gambar di bawah:

Melakukan ekstraksi file tar.gz ternyata sangat gampang bukan?

Kompresi tar.gz
Pada tutorial berikut saya akan membahas bagaimana melaksanakan kompresi sebuah folder berjulukan uploads yang di dalamnya berisi beberapa file ke dalam bentuk tar.gz, sebelum itu  saya ingin menghapus file uploads.tar.gz terlebih dahulu dengan perintah:

 rm uploads.tar.gz

sebab nantinya output kompresi tersebut berjulukan uploads.tar.gz maka file awal (uploads.tar.gz) saya hapus menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



untuk melaksanakan kompresi ke dalam bentuk tar.gz, anda harus melaksanakan pengarsipan dalam bentuk tar terlebih dahulu, sehingga folder uploads/ diubah menjadi file uploads.tar dengan menjalankan perintah;


 tar -caf uploads.tar --remove-files uploads/

hasill pengarsipan tersebut terlihat menyerupai pada gambar di bawah ini:



dengan opsi --remove--files tersebut, maka folder uploads akan dihapus sistem sesudah file uploads.tar berhasil dibuat. Apabila anda tidak ingi menghapus folder uploads tersebut, maka hilangkan opsi --remove-files di dalam perintah pengarsipan rar, sehingga perintahnya tampak menyerupai pada gambar di bawah:

 tar -caf uploads.tar uploads/

sesudah itu, maka kita kompresi file uploads.tar tersebut ke dalam bentuk tar.gz dengan menjalankan perintah:

 gzip -c uploads.tar > uploads.tar.gz

maka karenanya akan terlihat menyerupai pada gambar di bawah ini:


dari gambar di atas terlihat bahwa hasil kompresi tersebut dari uploads.tar ke bentuk uploads.tar.gz mengalami penurunan ukuran file sebanyak 5MB.

Silakan mencoba ya.. :-)

Show comments
Hide comments

0 Response to "Kompresi Dan Ekstraksi File Tar.Gz Lewat Terminal Di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close