Manajemen Direktori Atau Folder Di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux - Tempat Blogging

Manajemen Direktori Atau Folder Di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux


Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana kita mengelola suatu direktori atau folder di dalam Ubuntu Server, sesungguhnya tidak jauh berbeda antara pengelolaan Ubuntu Desktop dengan Ubuntu Server, hanya saja sebab di dalam sistem operasi Ubuntu Server tidak ada GUI-nya maka semua hal dilakukan di dalam console atau terminal. Manajemen direktori atau folder yang saya maksud disini sesungguhnya yaitu bagaimana pengguna sistem melaksanakan operasi terhadap direktori yang ada di dalam sistem operasi Ubuntu Server. Operasi ibarat apa? operasi ibarat masuk ke dalam atau keluar dari dalam folder, menciptakan folder baru, memindah suatu folder ke dalam folder lainnya, menciptakan shortcut folder, menghapus folder dan menamai ulang (rename) suatu folder.

Misalnya saja saya ketika ini sudah login ke dalam system ibarat yang terlihat ibarat pada gambar di bawah:



1. Membuat folder baru:

Untuk menciptakan suatu folder baru, saya akan menjalankan perintah "mkdir", contohnya saja saya akan menciptakan folder gres dengan nama test_folder, maka saya akan menjalankan perintah:

 mkdir test_folder

maka akhirnya akan terlihat ibarat pada gambar di bawah:




2. Masuk ke suatu folder:

untuk masuk ke dalam folder test_folder anda sanggup menjalankan perintah:

 cd test_folder/

sehingga terlihat ibarat pada gambar di bawah:



3.Keluar dari sutau folder:

untuk keluar dari folder test_folder/ atau folder manapun, anda sanggup menjalankan perintah:

 cd ..

sehingga terlihat ibarat pada gambar di bawah:


4. Menamai ulang suatu folder:

Kemudian untuk menamai ulang suatu folder anda sanggup menjalankan perintah "mv", misal saya ingin menamai ulang test_folder ini menjadi test_123 maka saya akan menjalankan perintah:

 mv test_folder test_123


sehingga akhirnya akan terlihat ibarat pada gambar di bawah ini:


5. Menyalin suatu folder menjadi folder lainnya:

Untuk melaksanakan operasi penyalinan suatu folder, perintah yang saya gunakan yaitu "cp" dengan opsi recursif "-r", misal saya ingin menyalin folder test_123 ke folder xxx, maka saya akan menjalankan perintah:

 cp -r test_123 xxx

sehingga akhirnya akan terlihat ibarat pada gambar di bawah ini:


6. Memindah suatu folder ke dalam folder lainnya:

Operasi pemindahan ini juga memakai perintah "mv", contohnya saja saya ignin memindahkan folder test_123 ke dalam folder xxx, maka saya akan menjalankan perintah:

 mv test_123/ xxx/


sehingga akhirnya ibarat yang terlihat pada gambar di bawah ini:


7. Menghapus folder beserta isinya:

Untuk melaksanakan operasi hapus, anda sanggup memakai perintah rm, contohnya saya akan menghapus folder xxx beserta isinya, maka saya akan menjalankan perintah:

 rm -r xxx/

sehingga akhirnya akan terlihat ibarat pada gambar di bawah ini:


Melakukan pengelolaan folder di Ubuntu Server ternyata sangat gampang bukan? selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Manajemen Direktori Atau Folder Di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close