Mengenal Xampp/Lampp - Tempat Blogging

Mengenal Xampp/Lampp

XAMPP (ɛks.æmp/[1]) ialah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.

Fungsinya ialah sebagai server yang bangun sendiri (localhost), yang terdiri atas jadwal Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan kependekan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang gampang digunakan yang sanggup melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya sanggup mendownload pribadi dari web resminya.

Asal kata dari XAMPP

XAMPP ialah kependekan yang masing-masing hurufnya adalah:
X: Program ini sanggup dijalankan dibanyak sistem operasi, menyerupai Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.

A: Apache, merupakan aplikasi web server. Tugas utama Apache ialah menghasilkan halaman web yang benar kepada user menurut isyarat PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. kalau dibutuhkan juga menurut isyarat PHP yang dituliskan,maka sanggup saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.

M: MySQL, merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL sanggup digunakan untuk menciptakan dan mengelola database beserta isinya. Kita sanggup memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database.

P: PHP, bahasa pemrograman web.[3] Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk menciptakan web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk menciptakan halaman web yang bersifat dinamis. Sistem administrasi basis data yang sering digunakan bersama PHP ialah MySQl. namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.

P: Perl, bahasa pemrograman.

Bagian Penting XAMPP

Mengenal bab XAMPP yang biasa digunakan pada umumnya:

  • htdoc ialah folder daerah meletakkan berkas-berkas yang akan dijalankan, menyerupai berkas PHP, HTML dan skrip lain.
  • phpMyAdmin merupakan bab untuk mengelola basis data MySQL yang ada dikomputer. Untuk membukanya, buka browser kemudian ketikkan alamat http://localhost/phpMyAdmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin.
  • Kontrol Panel yang berfungsi untuk mengelola layanan (service) XAMPP. Seperti menghentikan (stop) layanan, ataupun memulai (start).

Komponen

XAMPP 1.8.0 untuk Windows, including:
  • Apache 2.4.2
  • MySQL 5.5.25a
  • PHP 5.4.4
  • phpMyAdmin 3.5.2
  • FileZilla FTP Server 0.9.41
  • Tomcat 7.0.28 (with mod_proxy_ajp as connector)
Sedangkan untuk LAMPP sendiri

LAMP ialah istilah yang merupakan kependekan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. Merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.

Komponen-komponen dari LAMP:
  • Linux sebagai sistem operasi
  • Apache HTTP Server sebagai web server
  • MySQL sebagai sistem basis data
  • Perl atau PHP atau Pyton sebagai bahasa pemrograman yang dipakai
Sumber : wikipedia Bahasa Indonesia.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Mengenal Xampp/Lampp"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close