Panduan Memasukkan Template Queue Tree Mikrotik Di Cacti - Tempat Blogging

Panduan Memasukkan Template Queue Tree Mikrotik Di Cacti




Karena ketika ini saya sedang asyik mengoprek cacti untuk aplikasi monitoring , makanya tulisan-tulisan ini banyak membahas ihwal cacti juga. Masih berlanjut dari goresan pena sebelumnya:
Maka di tutorial kali ini saya akan mencoba menuliskan bagaimana mengkonfigurasi cacti supaya sanggup dipakai untuk memonitor queue tree di mikrotik. Apa itu queue tree? Queue Tree ialah fitur di Mikrotik yang dipakai untuk memanajemen bandwidth.



Fitur ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan HTB (hierarchical token bucket) yang pernah saya tulis di tutorial sebelumnya yang berjudul:


Hanya saja pengaturan bandwidth queue tree ini ada di Mikrotik. Sebenarnya saya ingin tau alasannya ialah di mikrotik juga ada fitur graph (mirip MRTG), tetapi fitur graph ini hanya sanggup diaplikasikan di fitur simple queue. Maka saya mencari alternatif untuk memonitoring queue tree ini lewat aplikasi cacti. Nha supaya aplikasi cacti ini sanggup memonitor trafik dari queue tree, yang perlu saya lakukan untuk menambah template queue tree. Template ini sanggup di download di link ini.

Setelah itu, saya ekstract dan di dalamnya terdapat 3 folder yaitu:
  • resource
  • scripts, dan
  • template
silakan upload folder scripts dan folder resource yang tadi di di download ke dalam folder /usr/share/cacti/ di dalam server cacti. Kemudian saya login ke aplikasi cacti, klik hidangan import template:


kemudian akan muncul halaman upload template menyerupai di bawah ini:


kemudian silakan upload template cacti_host_template_mikrotik.xml yang ada di dalam folder template dari downloadn tadi. Kemudian klik import. Jika berhasil mengimport template tersebut, maka akan ada notifikasi yang menyerupai dengan gambar di bawah:


Jika sudah begitu berarti anda berhasil menambah template sebelum kita melaksanakan konfigurasi untuk menciptakan monitoring queue tree pada mikrotik memakai cacti. Selamat mencoba dan nantikan tutorial selanjutnya yaitu konfigurasi cacti untuk monitoring administrasi bandwidth dengan queue tree mikrotik.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Panduan Memasukkan Template Queue Tree Mikrotik Di Cacti"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close