Panduan Membuka Layanan Database Server Mysql 5.7 Supaya Sanggup Di Jalan Masuk Dari Lain Komputer - Tempat Blogging

Panduan Membuka Layanan Database Server Mysql 5.7 Supaya Sanggup Di Jalan Masuk Dari Lain Komputer


Pada tutorial kali ini, saya akan membahas wacana database MySQL. Mirip sih dengan tutorial sebelumnya yang pernah saya tulis dulu yaitu:

Tutorial Membuka Akses MySQL 5.5 dan MySQL 5.6 dari komputer lain

Bedanya kali ini ialah saya memakai Database MySQL versi 5.7 dan sistem operasi Ubuntu Server 18.04. Kalau yang dulu, saya memakai Ubuntu Server 16.04 dengan database MySQL versi 5.6.

Ada beberapa perubahan letak konfigurasi antara MySQL 5.7 dengan MySQL 5.6 dan beberapa fiturnya, maka dari itu saya mencoba menuliskan tutorial bagaimana caranya mengakses database MySQL secara remote ini.

Pertama, terang anda harus mempunyai aplikasi server database MySQL 5.7 yang terinstall di dalam Ubuntu Server 18.04 yang akan dibuka aksesnya.

Untuk memastikannya, anda sanggup men-scan port layanan mysql server yang akan anda tuju, alasannya ialah MySQL server yang akan saya tuju mempunyai alamat 192.168.1.4, maka perintah port scan yang saya lakukan menjadi:

 nmap 192.168.1.4 

kesudahannya adalah:


dari hasil pada gambar di atas, terlihat hanya port 22 (SSH) saja yang terbuka layanannya dan sanggup diakses dari komputer lain. Jika layanan MySQL sudah terbuka dan sanggup diakses dari komputer lain, maka saat dilakukan port scan ibarat di atas, berikut ini hasilnya:


terlihat bukan bedanya?
Berikut langkah-langkah untuk membuka jalan masuk MySQL tersebut. Pertama anda sanggup buka konfigurasi yang terletak di /etc/mysql/mysql.conf.d/mysqld.cnf dengan perintah:

 sudo vim /etc/mysql/mysql.conf.d/mysqld.cnf 

kemudian cari bagian:

 bind-address = 127.0.0.1 

ubah menjadi:

 #bind-address = 127.0.0.1 

simpan kemudian restart layanan MySQL Server dengan perintah:

 sudo service mysql-server restart 

perintah restart tersebut untuk memastikan bahwa mysql server mengimplementasikan perubahan konfigurasi tersebut. Apakah final hingga disni? Oh belum, MySQL memang sudah sanggup di remote layanannya dari komputer lainnya, tetapi anda belum mempunyai user yang sanggup mengaksesnya. Untuk itu anda harus bikin dulu dari dalam server MySQL tersebut. Karena anda belum sanggup masuk dari komputer lain, maka anda sanggup masuk dulu ke dalam MySQL Server secara lokal memakai user root dengan menjalankan perintah:

 sudo mysql -u root -p 

masukkan passwordnya dan sesudah berhasil masuk, saya akan buat user MySQL yang akan dipakai untuk mengakses server dari komputer lain dengan nama vagrant dan password v4gran7_User. Maka saya jalankan perintah:

 CREATE USER 'vagrant'@'%' IDENTIFIED BY 'v4gran7_User'; 

jikalau berhasil, begini tampilannya:


sesudah itu, dari komputer lainnya silahkan coba masuk ke dalam server MySQL memakai user yang barusan dibentuk tersebut, yaitu dengan menjalankan perintah:

 mysql -u vagrant -h 192.168.1.4 -p 

masukkan password user vagrant dan beginilah hasilnya:


jikalau dilihat dari hasil di atas, itu berarti MySQL 5.7 sudah sanggup diakses dari komputer lain dan sudah sanggup dimasuki user. Hanya saja user vagrant tersebut tidak sanggup melaksanakan apapun di dalam MySQL Server 5.7. Kenapa? alasannya ialah user vagrant tersebut belum diberi hak jalan masuk apapun di dalam database, hanya sanggup masuk saja. Untuk merubah hak jalan masuk user vagrant tersebut, maka anda sanggup mencoba berguru tutorial berikut ini:

Cara memperlihatkan hak jalan masuk user MySQL

Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Show comments
Hide comments

0 Response to "Panduan Membuka Layanan Database Server Mysql 5.7 Supaya Sanggup Di Jalan Masuk Dari Lain Komputer"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close