Pengertian Linux - Tempat Blogging

Pengertian Linux


Linux ialah kernel cloning dari System UNIX yang ditulis pertama kali oleh Linus Benedict Torvalds dengan santunan dari hackers di Internet yang bersifat free & open source. jadi singkatnya kernel itu aplikasi yang menghubungkan perangkat keras secara kondusif dalam sistem operasi.

Free Software dan Open Source?
Asal tau aja gan, Free Software tidak membicarakan kegratisan harga tapi lebih dari itu kita membicarakan perihal suatu kebebasan yang menempel dari suatu software meliputi:

1. The freedom to run the software (kebebasan dalam memakai software jaminan Legal gan, ga perlu ngeBajak lagi, nambah dosa aja. mending Bajak sawah aja biar nambah pahala :D)

2. The freedom to study how it works (kebebasan dalam berekspresi untuk memodifikasi, mempelajari bagaimana system itu bekerja gan, makin pinter aja ente gan kalo pake linux,di wajibkan baca manualnya (readme.txt) dulu. ga kaya tetangga sebelah yang main Next-next dan OK. ujung-ujung alhasil Blue Screen :D (kidding gan).


3. The freedom to redistribute copies (kebebasan dalam meyebarkan atau mendistribusikan linux itu sendiri gan di jamin halal dah, alias legal, kalo ente nyebarin/copy yang berlogo jendela urusannye sanggup berabeh gan, BUI itu mah. jangan ngaku-ngaku CD Original/Sistem Operasi Original kalo dapet tuh softwarenya lewat download atau beli di kaki lima gan :D baca lisensi kalo ga percaya mah.


4. The freedom to improve and give back (agan juga sanggup berkontribusi semoga sistem yang di pakai sanggup berjalan lebih baik lagi atau istilahnya mah semoga lebih uptodate lah)



Sedangkan untuk, Open source merupakan suatu metode pengembangan suatu perangkat lunak dengan membuka source code dan didistribusikan dalam suatu format lisensi tertentu yang memungkinkan pihak lain secara bebas menggunakan, memperbanyak dan memodifikasi source code (informasi) didalamnya.

Linux pada perkembangannya lalu didukung oleh project GNU sehingga ketika ini hadir sebagai sistem operasi lengkap dengan beraneka ragam pilihan jenis distribusi (distro) menyerupai Ubuntu Linux, CentOS dan Slackware dan sebagainya gan.
itu lah pengertian linux yang terdapat di EBook FUI waktu seminar di ITB gan, silakan kunjungi forumnya di sini .

Baca juga perihal pengertian GNU/Linux


Note : gambar diambil dari http://www.mickgenie.com


Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Linux"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close