Remote Login Dengan Ssh Tanpa Password Di Ubuntu Server - Tempat Blogging

Remote Login Dengan Ssh Tanpa Password Di Ubuntu Server


Jika pada goresan pena sebelumnya saya menuliskan tutorial mengganti port layanan SSH server, kini di tutorial kali ini, saya akan membahas bagaimana melaksanakan remote login SSH ke server tanpa harus mengetikkan password, ibarat yang biasanya selalu dilakukan untuk login. Oh iya, anda tentu saja sudah harus mempunyai akun user di dalam server tujuan, kalau anda tidak punya, bagaimana anda dapat masuk ke dalam server tersebut? Secara brute force? He he he jangan ibarat itu ya, alasannya yakni tindalan tersebut merupakan tindak pidana, masuk ke dalam “rumah” orang lain tanpa ijin. Jika anda memakai remote klien ibarat JuiceSSH di android atau PuTTY di Windows, anda dapat menyimpan user dan password anda di aplikasi tersebut, sehingga setiap kali anda akan login, aplikasi tersebut secara otomatis memasukkan password secara otomatis. 

Bagaimana kalau remote login yang anda lakukan dari terminal Ubuntu Desktop ?

Coba ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pertama-tama pastikan server tujuan membuka layanan remote login ssh dengan menjalankan perintah di bawah:

 sudo nmap [domain/ip_tujuan]

sehingga menghasilkan output ibarat di bawah:


Jika anda melihat bahwa default port 22 terbuka, berarti server siap melayani remote login memakai SSH dari klien (komputer anda)

2. Kemudian anda menggenerate sepasang hybrid key (public and private key) di komputer klien dengan perintah:

 ssh-keygen

silakan tekan ENTER biar dipilih opsi default sampai final menciptakan sebuah hybrid key ibarat yang tertampil di gambar di bawah:


3. Server tujuan saya memakai alamat IP 192.168.0.2 sedangkan user yang saya pakai untuk remote login berjulukan “himawan” , maka yang harus saya lakukan selanjutnya dalah membagi hybrid key tadi ke server tujuan dengan menjalankan perintah:

 ssh-copy-id himawan@192.168.0.2

sehingga akan tertampil output ibarat yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


4. Jika anda berhasil menyalin hybrid key klien ke server tujuan, langkah selanjutnya yakni mencoba login ke dalam server dengan perintah:

 ssh himawan@192.168.0.2

hasil login secara remote dengan SSH tanpa password akan berhasil anda lakukan, sehingga saya memilik tampilan output ibarat di bawah:


Yup, gampang bukan melaksanakan konfigurasi remote login tanpa password? Fitur ini nantinya akan berkhasiat kalau anda ingin menggunakannya dipadukan dengan remote synchronizing (rsync) antar komputer melewati jaringan.

Beberapa artikel terkait:


Show comments
Hide comments

0 Response to "Remote Login Dengan Ssh Tanpa Password Di Ubuntu Server"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close