Setya Novanto sanggup bayar uang pengganti USD 7,3 juta - Tempat Blogging

Setya Novanto sanggup bayar uang pengganti USD 7,3 juta


Dalam vonis majelis hakim Pengadilan Tipikor, Setya Novanto dijatuhi hukuman 15 tahun penjara dan diwajibkan membayar uang pengganti sebesar USD 7,3 juta. Jika mantan Ketua DPR itu tidak bisa membayar uang tersebut, maka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhak menyita aset-aset kekayaannya untuk memenuhi uang pengganti.

Ketua KPK Agus Rahardjo memastikan Setya Novanto sanggup memenuhi uang pengganti. "Dia sanggup membayar," tegas Agus Rahardjo usai menjadi narasumber diskusi di Universitas Brawijaya Malang, Jumat (4/5) malam.
Dalam perkara korupsi e-KTP, Setya Novanto disebut memperkaya diri sendiri sebesar US$7,3 juta. Setnov juga memperkaya orang lain dan korporasi dalam proyek yang diduga merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun. Atas perbuatannya, Setnov divonis 15 tahun penjara denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan.
Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu wajib mengembalikan kerugian negara sebesar US$7,3 juta dikurangi Rp 5 miliar yang telah dikembalikan ke rekening KPK. Selain itu Hakim Pengadilan Tipikor juga mencabut hak politik Setya Novanto untuk tidak menduduki jabatan publik selama 5 tahun terhitung sejak dirinya usai menjalani masa pidana pokok.
Setelah Novanto divonis, KPK tidak berhenti mengembangkan kasus megaproyek e-KTP yang telah menyeret sejumlah nama tersebut. Kasus tersebut dijanjikan akan diusung sampai tuntas.
"Sedang mencari celah, peluang kasus itu. Dari proses persidangan dari alat bukti yang ada, semoga teman penyidik dan penuntut bisa membawa kasus, misalkan kasus pencucian uangnya, di samping kita juga mendalami dari proses selama di pengadilan cluster mana lagi yang harus bertanggung jawab," urai Agus.
"Ada cluster kasus birokrat, kemudian pengusaha, politisi. Kita kemudian dalami lagi kasusnya ke mana," tambahnya.
KPK juga mendalami sejumlah nama yang dicatut oleh Setya Novanto dalam proses penyidikan dan persidangan. Namun sayang, banyak nama yang dicatut tersebut tidak disertai alat bukti yang kuat.
"Pak Setnov, seringnya menyebut nama tetapi tidak memberi alat bukti. Ya nanti kita dalami aja, dia mungkin punya alat bukti nama yang disebutkan. Karena sampai sekarang tidak menemukan apa-apa," ucapnya.
Termasuk soal kucuran dana dari Novanto ke DPD Golkar Jawa Tengah. Kendati nilainya tidak seberapa, namun KPK akan tetap mendalaminya.
"Itu salah satu yang kita dalami. Itu nilainya kecil, Rp 25 juta. Kita dalami nanti, siapa yang terlibat. Sabar saja kita pasti akan tangani sampai tuntas," tutupnya. [noe] sumber
Show comments
Hide comments

0 Response to "Setya Novanto sanggup bayar uang pengganti USD 7,3 juta"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close