Troubleshooting Jaringan Komputer Peer To Peer ( 2 Komputer ) - Tempat Blogging

Troubleshooting Jaringan Komputer Peer To Peer ( 2 Komputer )

Di goresan pena kali ini, saya akan membahas langkah-langkah yang harus di tempuh untuk melaksanakan troubleshooting atau pengecekan kesalahan di dua komputer yang terhubung memakai kabel UTP.

Seperti yang terlihat pada gambar di samping ini, saya ilustrasikan anda mempunyai 2 komputer yang terhubung satu sama lain dengan kabel UTP. Akan tetapi dikala anda melaksanakan test ping, maka yang terjadi ialah destination unreachable (paket tidak sampai). Jika sudah terkoneksi/terhubung maka hasil ping akan mendapat reply dari komputer tujuan. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk menganalisa kerusakan/kesalahan:


  1. Pastikan kabel yang dipakai tidak lebih dari 100 meter dari komputer 1 dengan yang lain, alasannya kambel UTP mempunyai jangkauan maksimal sepanjang 100 meter untuk sanggup menghantarkan sinyal tanpa repeater (switch) dengan baik.
  2. Pastikan kabel yang anda buat telah sesuai dengan standart TIA/EIA di tiap ujungnya, bila anda belum mengetahui susunan kabelnya, anda sanggup membaca goresan pena saya sebelumnya.
  3. Cek koneksi kedua ujung kabel tersebut dengan LAN tester, apabila setiap ujung kabel sudah terhubung, maka ke 8 lampu di LAN tester tersebut akan menyala semuanya berurutan sesuai dengan urutan kabel di tiap2 ujung.
  4. Pastikan ke dua kartu jaringan di masing-masing komputer yang dipakai sudah terinstall driver nya. Jika anda memakai sistemoperasi Linux, anda tidak perlu melaksanakan instalasi driver alasannya kebanyakan sistem operasi Linux sudah mengenali sebagian besar kartu jaringan yang ada di pasaran.
  5. Pastikan kedua komputer sudah di konfigurasi dengan alamat IP dengan alamat network yang sama, mungkin goresan pena saya sebelumnya sanggup membantu anda untuk mengetahui apakah alamat IP yang anda pilih sudah benar (satu network).
  6. Pastikan firewall/antivirus anda tidak melaksanakan blok paket ICMP, atau anda sanggup mematikan sementara aplikasi firewall/antivirus di kedua komputer anda sementara alasannya saya mempunyai pengalaman dengan antivirus dan firewall yang melaksanakan blocking paket ICMP yang masuk ke dalam komputer.
  7. Jika langkah-langkah di atas yang anda tempuh masih belum menunjukkan hasilnya, coba anda hubungkan di komputer yang lain, contohnya laptop sehingga terlihat menyerupai gambar di bawah:
 
dan menyerupai gambar di bawah:


langkah-langkah tersebut dipakai untuk mengecek bahwa kartu jaringan yang anda gunakan sudah rusak atau masih normal, sebelum anda membeli kartu jaringan yang baru.

Jika masih saja belum terhubung, anda sanggup kontak ke sobat anda atau direktur jaringan untuk membantu anda :P

Semoga membantu menuntaskan duduk kasus anda.

Beberapa artikel terkait:







Show comments
Hide comments

0 Response to "Troubleshooting Jaringan Komputer Peer To Peer ( 2 Komputer )"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close