Tutorial Install Dan Konfigurasi Php 5.6 Di Ubuntu 16.04 Lts - Tempat Blogging

Tutorial Install Dan Konfigurasi Php 5.6 Di Ubuntu 16.04 Lts

Tutorial ini saya tulis alasannya yakni tidak sengaja, alasannya yakni ketika itu saya ingin mengetahui cara install dan konfigurasi plugin network weathermap di cacti. Secara default di sistem operasi Ubuntu Server versi 16.04 LTS akan memakai PHP 7 ketika kita menginstall aplikasi PHP tersebut ke dalam server. Makara ketika anda mencoba untuk menginstall PHP 5.6 tersebut melalui repository default, anda tidak akan menemukan paket tersebut.

Berdasarkan requirements dari plugin network weathermap untuk aplikasi cacti yang membutuhkan PHP 5.6 (karena belum support PHP 7.x) untuk sanggup berjalan normal, mau tidak mau saya harus mencari cara untuk menginstall PHP 5.6 tersebut ke dalam server.


Dari beberapa sumber saya menemukan cara untuk memakai PHP 5.6 yaitu saya harus menambah repositori baru(alternatif) ke dalamnya melalui perintah:

 sudo add-apt-repository ppa:ondrej/php

kemudian saya harus melaksanakan update biar server membaca ulang list repository (termasuk repository yang barusan saya tambahkan) dengan perintah:

 sudo apt-get update

gres kemudian saya lakukan instalasi  php 5.6 dengan perintah:

 sudo apt-get install php5.6 php5.6-mysql php-gettext php5.6-mbstring php-xdebug libapache2-  mod-php5.6

tunggu hingga instalasi selesai, are we done? Beluuuuum, saya harus mengaktifkan modul PHP 5.6 tersebut terlebih dahulu melalui perintah:

 sudo a2enmod php5.6

kemudian jikalau anda sudah terlanjur menginstall PHP 7.x sebelumnya, maka anda harus mendisable terlebih dahulu biar web server tidak crash ketika di restart, dengan perintah:

 sudo a2dismod php7.0

sesudah itu jalankan perintah dibawah ini biar secara default sistem akan memakai PHP 5.6 sebagai default eksekusinya:

 sudo update-alternatives --set php /usr/bin/php5.6

Okey, langkah terakhir yakni anda harus merestart web server apache dengan perintah:

 sudo service apache2 restart

nha kini gres selesai langkah-langkah instalasi dan konfigurasi php 5.6 di Ubuntu Server 16.04, untuk mengetesnya saya jalankan perintah:

 sudo php -v

jikalau anda menemui hasil menyerupai di bawah ini:


berarti server Ubuntu anda sudah berhasil memakai PHP 5.6 secara default. Praktis bukan? Selamat mencoba dan semoga membantu. Sekarang saya kembali pusing untuk instalasi dan konfigurasi plugin cacti network weathermap T__T .





Show comments
Hide comments

0 Response to "Tutorial Install Dan Konfigurasi Php 5.6 Di Ubuntu 16.04 Lts"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close