Tutorial Install Laravel 5.2 Dengan Composer Di Ubuntu - Tempat Blogging

Tutorial Install Laravel 5.2 Dengan Composer Di Ubuntu


Pada goresan pena kali ini saya ingin membahas perihal cara install Laravel 5.2 di Ubuntu. Apa itu laravel?
Laravel ialah sebuah framework PHP yang memudahkan programmer untuk membangun aplikasi secara kolaboratif. Framework PHP laravel menganut sistem MVC (Model-View-Controller) ini merupakan sebuah paket aplikasi PHP yang mempunyai aturan, fungsi dan class-class yang sudah ada di dalamnya sehingga programmer tinggal memanfatkan fungsi dan class-class tersebut. Sehingga bila programmer ingin melaksanakan kolaboratif coding dengan programmer lainnya sanggup lebih gampang bekerja sama alasannya ialah sudah memakai satu visi dan cara kerja yang sama, tidak ibarat ketika programmer-programmer tersebut memakai spagheti code. Framework PHP selain laravel yang banyak dipakai antara lain Yii, CakePHP, CodeIgniter dan lain-lain. Mungkin pribadi saja saya akan menulis langkah-langkah cara install laravel:

Mesin yang saya gunakan untuk menginstall laravel ialah Ubuntu Desktop versi 15.10, sebelum anda melaksanakan instalasi framework laravel, anda harus menginstall aplikasi composer terlebih dahulu dengan menjalankan perintah:

 sudo apt-get install composer

sehabis instalasi composer final dilakukan, maka langkah selanjutnya ialah anda sanggup menjalankan perintah:

 composer global require "laravel/installer"

perintah tersebut dipakai untuk melaksanakan download installer laravel terbaru di dalam Ubuntu Desktop anda. Hasil installer laravel tersebut akan berada di dalam folder .composer/vendor/laravel/ didalam home folder anda. Untuk mulai melaksanakan development dengan farmework laravel, maka yang harus anda lakukan ialah menjalankan perintah:

 .composer/vendor/laravel/installer/laravel new aplikasi

maka installer laravel tersebut akan segera mendownload framework laravel yang terbaru beserta dependensinya di dalam folder aplikasi/.

Setelah berhasil, silakan masuk ke dalam folder aplikasi/ dengan menjalankan perintah:
 cd aplikasi/

sehabis itu, anda harus mengubah file permisi yang ada di folder storage dan bootstrap/cache biar sanggup ditulisi dengan menjalankan perintah:

 sudo chmod 777 -R storage/

dan

 sudo chmod 777 -R bootstrap/cache/


lalu silakan jalankan perintah:

 php artisan serve

maka laravel secara otomatis akan menjalankan sebuah web server bundling untuk development yang berjalan di port 8000 di localhost. Untuk melihat apakah laravel sudah terinstall dengan benar anda sanggup membuka browser dan arahkan ke alamat http://localhost:8000 sehingga alhasil akan terlihat ibarat pada gambar di bawah ini:



Praktis bukan melaksanakan instalasi laravel di Ubuntu, selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Show comments
Hide comments

0 Response to "Tutorial Install Laravel 5.2 Dengan Composer Di Ubuntu"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close