أصُــول الفِـقْـه - Tempat Blogging

أصُــول الفِـقْـه

بسم الله الرحمن الرحيم


Ushul Fiqih didefinisikan dengan 2 tinjauan:

الأول: باعتبار مفردَيهِ؛ أي: باعتبار كلمة أصول، وكلمة فقه.

Pertama: ditinjau dari mufrodat ( kosa katanya ) terdiri dari dua mufrodat : yaitu kata seruan dan kata fiqh

فالأصول: جمع أصل، وهو ما يبنى عليه غيره، ومن ذلك أصل الجدار وهو أساسه، وأصل الشجرة الذي يتفرع منه أغصانها قال الله تعالى: )أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلاً كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ) (إبراهيم:24) .

Maka kata usul الاصول adalah jamak dari kata aslun أصل dan ia itu maknanya : apa-apa yang dibangun di atasnya yang selainnya, dan diantaranya ialah 'pokoknya tembok dan ia itu ialah pondasinya, dan pokoknya pohon yang bercabang darinya ranting-rantingnya, sebagaiamana firman Tuhan Y:

)أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلاً كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ) (إبراهيم:24)

24. Tidakkah kau perhatikan bagaimana Allah Y Telah menciptakan perumpamaan kalimat yang baik[1] ibarat pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit ( QS ibrahim : 24 )

___________________________________________________

[1] termasuk dalam Kalimat yang baik ialah kalimat tauhid, segala Ucapan yang menyeru kepada kebajikan dan mencegah dari kemungkaran serta perbuatan yang baik. kalimat tauhid ibarat Laa ilaa ha illallaah.

والفقه لغة: الفهم، ومنه قوله تعالى: )وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي * يَفْقَهُوا قَوْلِي) (طـه:27 -28)

Dan fiqh secara bahasa ialah : pemahaman sebagaimana firman Tuhan Y : 27. Dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku,28. Supaya mereka mengerti perkataanku, ( QS thohaa: 27-28 )

واصطلاحاً: معرفة الأحكام الشرعية العملية بأدلتها التفصيلية.

Makrifatul ahkaamis syar'iyyatil 'amaliyyahi bil adilatihaa at tafsiliyyah.

Adapun makna secara istilah syar'ii ialah "Mengetahui hukum-hukum syar'i yang bersifat amaliyyah dengan dalil dalilnya yang terperinci."

فالمراد بقولنا: (معرفة) ؛ العلم والظن؛ لأن إدراك الأحكام الفقهية قد يكون يقينيًّا، وقد يكون ظنيًّا، كما في كثير من مسائل الفقه.

Adapun maksud perkataan kami ( ma'rifah / mengetahui ) ialah ilmu dan persangkaan Karena mengetahui hukum-hukum fiqih terkadang bersifat yakin dan terkadang bersifat persangkaan, sebagaimana banyak dalam masalah-masalah fiqih.

والمراد بقولنا: (الأحكام الشرعية) ؛ الأحكام المتلقاة من الشرع؛ كالوجوب والتحريم، فخرج به الأحكام العقلية؛ كمعرفة أن الكل أكبر من الجزء والأحكام العادية؛ كمعرفة نزول الطل في الليلة الشاتية إذا كان الجو صحواً.

Adapun maksud dari perkataan kami ( ahkamus syar'iyyah / hukum-hukum syari'at ) ialah : hukum-hukum yang diambil dan berhubungan dengan syari'at, ibarat wajib dan haram, maka keluar darinya (yakni Hukum-hukum syar'i) hukum-hukum akal; ibarat mengetahui bahwa keseluruhan lebih besar daripada sebagian; dan hukum-hukum tabiat (kebiasaan); ibarat mengetahui turunnya embun di malam yang hirau taacuh kalau cuaca cerah.

والمراد بقولنا: (العملية) ؛ ما لا يتعلق بالاعتقاد؛ كالصلاة والزكاة، فخرج به ما يتعلق بالاعتقاد؛ كتوحيد الله ومعرفة أسمائه وصفاته، فلا يسمّى ذلك فقهاً في الاصطلاح.

Adapun maksud dari perkataan kami ( al amaliyah ) ialah : apa-apa yang tidak bekerjasama dengan aqidah, ibarat sholat dan zakat. Maka tidak termasuk darinya (Amaliah) apa-apa yang bekerjasama dengan aqidah; ibarat mentauhidkan Tuhan Y , dan mengenal nama-nama dan sifat-Nya; maka yang demikian tidak dinamakan Fiqih secara istilah.

والمراد بقولنا: (بأدلتها التفصيلية) ؛ أدلة الفقه المقرونة بمسائل الفقه التفصيلية؛ فخرج به أصول الفقه؛ لأن البحث فيه إنما يكون في أدلة الفقه الإجمالية.

Adapun maksud dari perkataan kami ( bil adilatil tafsiliyyah / dengan dalil-dalil yan jelas ) ialah : dalil-dalil fiqh yang bekerjasama dengan masalah-masalah fiqh yang terperinci, maka tidak termasuk di dalamnya ilmu Ushul Fiqih alasannya ialah pembahasan di dalamnya hanyalah mengenai dalil-dalil fiqih yang umum.

الثاني: باعتبار كونه؛ لقباً لهذا الفن المعين، فيعرف بأنه: علم يبحث عن أدلة الفقه الإجمالية وكيفية الاستفادة منها وحال المستفيد.

Kedua : dari tinjauan keberadaannya sebagai julukan pada bidang tertentu, maka Ushul Fiqih didefinisikan dengan : "Ilmu yang membahas dalil-dalil fiqih yang umum dan cara mengambil faidah darinya dan kondisi al mustafid ( orang yang mengambil faidah darinya )

فالمراد بقولنا: (الإجمالية) ؛ القواعد العامة مثل قولهم: الأمر للوجوب والنهي للتحريم والصحة تقتضي النفوذ، فخرج به الأدلة التفصيلية فلا تذكر في أصول الفقه إلا على سبيل التمثيل للقاعدة.

Dan maksud dari perkataan kami ( al ijmaliyyah / umum ) ialah : kaidah-kaidah secara umum ibarat perkataan : "perintah mengatakan aturan wajib", "larangan mengatakan aturan haram", "sah-nya suatu amal mengatakan amal tersebut telah terealisasi (yakni, ia tidak dituntut untuk mengulangi, pent)". Maka tidak termasuk dari "yang umum": dalil-dalil yang terperinci. Dalil-dalil jelas tersebut tidaklah disebutkan dalam ilmu Ushul Fiqih kecuali sebagai pola (dalam penerapan) suatu kaidah.

والمراد بقولنا: (وكيفية الاستفادة منها) ؛ معرفة كيف يستفيد الأحكام من أدلتها بدراسة أحكام الألفاظ ودلالاتها من عموم وخصوص وإطلاق وتقييد وناسخ ومنسوخ وغير ذلك، فإنَّه بإدراكه يستفيد من أدلة الفقه أحكامها.

Adapun maksud dari ucapan kami ( kaifiyatul istifadah minha / bagaimana cara mengambil faedah darinya) ialah : mengetahui bagaimana mengambil faidah aturan dari dalil-dalilnya dengan mempelajari hukum-hukum lafadz dan penunjukkannya ibarat umum, khusus, muthlaq, muqoyyad, nasikh, mansukh, dan lain-lain. Maka dengan menguasainya (yakni cara mengambil faidah dari dalil-dalil umum) seseorang bisa mengambil faidah aturan dari dalil-dalil fiqh

والمراد بقولنا: (وحال المستفيد) ؛ معرفة حال المستفيد وهو المجتهد، سمي مستفيداً؛ لأنه يستفيد بنفسه الأحكام من أدلتها لبلوغه مرتبة الاجتهاد، فمعرفة المجتهد وشروط الاجتهاد وحكمه ونحو ذلك يبحث في أصول الفقه

Adapun maksud dari perkataan kami ( wa haalul mustafid / dan keadaan orang yang mengambil faedah ) ialah :orany yang mengambil faidah disebut mujtahid. Dinamakan orang yang mengambil faidah alasannya ialah ia dengan sendirinya dapat mengambil faidah aturan dari dalil-dalilnya alasannya ialah ia telah mencapai derajat ijtihad. Maka mengenal mujtahid, syarat-syarat ijtihad, hukumnya dan yang semisalnya dibahas dalam ilmu Ushul Fiqih.

فائدة أصول الفقه:

إن أصول الفقه علم جليل القدر، بالغ الأهمية، غزير الفائدة، فائدته: التَّمَكُّن من حصول قدرة يستطيع بها استخراج الأحكام الشرعية من أدلتها على أسس سليمة.

FAIDAH USHUL FIQIH:

Ilmu Ushul Fiqih ialah ilmu yang mempunyai kedudukan yang agung , sangat penting dan berbagai faidahnya. Diantara Faidahnya ialah kemampuan yang kokoh yang seseorang dengan kemampuan itu dapat mengeluarkan hukum-hukum syar'i dari dalil-dalilnya dengan landasan yang selamat.

وأول من جمعه كفنٍ مستقل الإمام الشافعي محمد بن إدريس رحمه الله، ثم تابعه العلماء في ذلك، فألفوا فيه التآليف المتنوعة، ما بين منثور، ومنظوم، ومختصر، ومبسوط حتى صار فنًّا مستقلًّا، له كيانه، ومميزاته.

Dan yang pertama kali mengumpulkannya menjadi suatu bidang tersendiri ialah al-Imam asy-Syafi'i Muhammad bin Idris rohimahulloh, lalu di ikuti oleh para 'ulama sesudahnya dalam hal tersebut. Maka mereka menulis dalam ilmu Ushul Fiqih tulisan-tulisan yang bermacam-macam. Ada yang berupa tulisan, sya'ir, goresan pena ringkas, goresan pena yang panjang, hingga ilmu Ushul Fiqih ini menjadi bidang tersendiri keadaannya dan kelebihannya.





terima kasih sudah mau membaca.


pokoknya tembok dan ia itu ialah pondasinya أصُــول الفِـقْـه
Show comments
Hide comments

0 Response to "أصُــول الفِـقْـه"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close