Buat Tabel Dalam Postingan Blog Via Google Documents - Tempat Blogging

Buat Tabel Dalam Postingan Blog Via Google Documents

Beberapa hari yang kemudian kita sudah membahas bersama mengenai bagaimana cara membuat tabel dalam postingan blog dengan cara arahan HTML. Sekarang, kita akan mencoba menciptakan tabel dalam postingan blog tersebut, tetapi dengan cara yang relatif lebih mudah. Bagaimana caranya? Kita akan membuat tabel dalam postingan blog dengan google documents.

Ada yang sudah kenal dengan google documents ini? Yup, google documents merupakan sarana yang sanggup kita gunakan untuk menciptakan sebuah file layaknya yang biasa kita kerjakan dalam microsoft office menyerupai presentasi, tabel dalam excel, goresan pena biasa dalam word secara online. Nah, kali ini kita akan mencoba memanfaatkan akomodasi tersebut guna menciptakan sebuat tabel yang nantinya sanggup kita tampilkan dalam postingan blog kita.

Akan tetapi, sebelum kita beranjak pada langkah teknisnya ada beberapa poin yang perlu kita perhatikan dalam menciptakan tabel untuk postingan blog via google documents ini. Apa saja itu?

  1. File tabel hasil pembuatan di google documents yang kemudian ditampilkan dalam postingan blog kita tidak akan sanggup di salin (copy paste) oleh pengunjung.
  2. Saat proses pembuatan, kita tidak perlu memakai arahan HTML yang biasanya kita pakai untuk menciptakan tabel menyerupai <table>, <td>, dan <tr>.
  3. Kita sanggup menampilkan tabel dengan kolom dan baris yang lebih panjang tanpa dibatasi oleh ukuran halaman blog. Saat ada kolom maupun baris tabel yang panjangnya melebihi ukuran halaman posting blog kita, maka kelebihan itu akan ditampilkan dengan cara scroll (gulung) untuk menghemat tempat.
  4. Kita juga sanggup menentukan kolom dan baris bab mana saja yang ingin kita tampilkan. Karena hasil tabel yang kita buat tidak harus ditampilkan semuanya, tetapi kita juga sanggup menentukan bab mana saja yang ingin kita tampilkan dan bab mana saja yang tidak.
  5. Jika sewaktu-waktu kita ingin melaksanakan pengeditan data, kita sanggup melaksanakan perubahan pribadi ke situs google documents.

Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Pertama, masuk ke situs google documents lewat akun gmail yang kita punya.

 

Setelah itu klik create new dan pilih spreadsheet.

 

Akan muncul lembar kerja layaknya excel yang biasa kita gunakan. Buat lah tabel yang kita inginkan beserta data-data yang ingin kita tampilkan.

Klik File dan save tabel yang telah kita buat. Beri nama hasil tabel tersebut sesuai impian kita.


Klik share pada bab pojok kanan atas, dan pilih publish as a web page.


Setelah itu akan muncul halaman kecil untuk publish to the web. Pilih sheet mana saja yang ingin kita tampilkan, contreng Automatically republish when changes are made, dan klik start publishing.


Pilih HTML to embed in a page, pilih sheet mana yang ingin kita tampilkan dalam postingan blog, dan pilih range baris dan kolom yang ingin ditampilkan (misal: A1:E10).


Copy arahan HTML yang tersedia di bwahnya, kemudian pastekan di blog kita (paste di edit HTML ketika kita menciptakan postingan blog).

Atur lebar kolom dan baris tabel yang akan ditampilkan dalam postingan blog melalui arahan HTML yang diberikan tersebut.

Contoh kodenya yaitu sebagai berikut ;

<iframe width='500' height='300' frameborder='0' src='https://spreadsheets.google.com/spreadsheet/pub?hl=en&hl=en&key=0An5jlPoFxaE3dGtCRGtWRnFTTVptQ29uZDlaLWRfb1E&single=true&gid=0&range=A1%3AE10&output=html&widget=true'></iframe>

Maka ;
  • Ganti width='500' untuk mengubah ukuran lebar tabel yang ditampilkan.
  • Ganti height='300' untuk mengubah ukuran tinggi tabel yang ditampilkan.
  • Saat ukuran yang kita ubah ternyata melebihi ukuran dari halaman posting blog kita, maka sisa bab tabel yang tidak masuk itu akan tetap ditampilkan, hanya saja dalam bentuk scroll.

Contoh hasil tabel yang ditampilkan dalam postingan blog.



Wah, cukup panjang ya caranya?
Memang cara menciptakan tabel yang demikian relatif gampang alasannya yaitu kita akan terhindar dari penggunaan arahan HTML yang rumit ketika proses pembuatan. Dengan cara menyerupai ini juga memungkinkan kita untuk melaksanakan edit yang cepat bila sewaktu-waktu ingin melaksanakan perubahan data. Akan tetapi, kelemahannya yaitu kita harus melaksanakan pengerjaan pembuatan tabel ini secara online. So, pastikan bila koneksi internet yang kita gunakan stabil untuk menghindari kerumitan ketika proses pembuatan.

Ada yang sudah pernah mencobanya?
Bagaimana hasilnya? Yuk kita bagi-bagikan pengetahuan kita bersama!
Kalau ada yang belum terang dan ingin ditanyakan, silakan sampaikan lewat kotak komentar ya kawan..
Salam blogger!
Show comments
Hide comments

0 Response to "Buat Tabel Dalam Postingan Blog Via Google Documents"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close