Fitur Pengaturan Dalam Blogger - Tempat Blogging

Fitur Pengaturan Dalam Blogger

Assalamu’alaikum blogger semua..
Apa kabar hari ini? Baikkah? Atau burukkah? Yup, semoga yang baik-baik selalu menyertai setiap langkah dalam hidup kita. Sejauh ini dalam mengikuti panduan berguru blog dalam blog ini apa kalian menemui kesulitan yang berarti dalam mempraktikannya? Tidak kan? Karena semua bahasan dalam blog ini ditulis dengan pemahan yang gampang semoga lebih mudah dalam memandu kalian untuk berguru seputar dunia blogging.
Yup yup yup, untuk bahasan kali ini apa yang kita bahas lagi? Kali kita akan meneruskan bahasan yang bertemakan teknik blog dengan topik fitur pengaturan dalam blogger. Meski bagi para blogger hal ini sudah menjadi kebiasaan yang mudah, tapi tidak ada salahnya jikalau kita ulas kembali semoga siapa tahu ada beberapa pengetahuan gres yang sebelumnya belum kita ketahui. Bagi para blogger pemula, yup inilah kesempatan bagi kalian untuk sanggup berguru lebih banyak lagi seputar dunia blogging. Semoga goresan pena ini nantinya sanggup bermanfaat bagi kalian semua yaa..? Amin..

Ok, mari kita pribadi saja bahas pada inti materinya. Seperti biasa, sebelum melaksanakan pengaturan ini terlebih dahulu kita harus log in ke akun kita di blogger dan pilih fitur pengaturan pada dasbor sampai nanti akan muncul halaman menyerupai tampak pada gambar di bawah ini;

 

Pada halaman tersebut telah tampak fitur pengaturan yang membahas mengenai pengaturan dasar.
  1. Alamat blog. Pada bab ini ada pilihan yang sanggup kita lakukan, apakah kita ingin meyimpan semua file postingan kita dalam format.xml dengan cara ekspor blog, memasukan file postingan ke blog kita melalui impor blog, atau kita ingin menghapus blog kita dengan cara mengklik hapus blog.
  2. Judul. Ini yaitu bab di mana kita sanggup menuliskan judul apa yang nantinya akan muncul sebagai judul blog kita. Judul ini akan muncul pada header blog maupun tab pada browser kita.
  3. Uraian. Ini yaitu bab di mana kita ingin menambahkan uraian atau deskripsi mengenai blog kita. Kita sanggup memasukan tag line atau slogan dari blog kita. Akan tetapi, usahakan semoga kalimat yang kita masukan itu singkat mengingat maksimal yang sanggup kita masukan hanya 500 karakter. Perhatikan juga semoga uraian ini gampang diingat pembaca dan tidak memboroskan daerah dan menciptakan tampilan blog kita menjadi tidak nyaman untuk dilihat.
  4. Tampilkan blog anda ke daftar kami. Sebaiknya pilih ya, alasannya yaitu ini akan menciptakan blog kita di tampilkan dalam daftar blog yang berbasis blogger. Manfaatnya yaitu blog kita akan semakin gampang untuk ditemukan di internet sampai pada balasannya ini akan sangat bermanfaat sekali dalam menaikan jumlah pengunjung dalam blog kita.
  5. Biarkan mesin pencari menemukan blog anda. Ini sangat penting sekali untuk dipahami. Sangat dianjurkan untuk menentukan ya semoga blog kita sanggup dideteksi dan ditampilkan keberadaannya di internet jikalau ada seseorang yang mencari informasi yang kebetulan ada dalam postingan di blog kita. Jika blog kita merupakan blog diam-diam atau pribadi yang tak ingin ditampilkan dalam internet, maka pilih saja tidak.
  6. Tampilkan editing cepat di blog anda. Jika menentukan ya, ini akan sangat bermanfaat bagi kita untuk melaksanakan editing secara cepat untuk beberapa elemen dalam blog kita menyerupai halnya pernak-pernik yang ada di sidebar ketika kita menampilkan halaman blog kita dan pada ketika itu juga kita telah log in dalam akun blogger. Biasanya hal ini sanggup kita lakukan dengan mengklik icon obeng dan tang di sekitar masing-masing elemen blog.
  7. Tampilkan link posting email. Jika dipilh ya, maka ini akan menciptakan pembaca lebih gampang dalam mendistribusikan postingan kita melalui email mereka kepada teman-temannya.
  8. Konten dewasa. Sebaiknya pilih tidak jikalau dalam blog kita tidak memuat konten-konten yang berbau porno. Jika blog kita memang mengandung konten dewasa, maka sebaiknya untuk menentukan ya guna menunjukkan halaman peringatan awal ketika ada pengunjung yang akan mendatangi blog kita.
  9. Setting global, ini dilakukan untuk pengaturan pada semua blog yang kita miliki dan terdaftar dalam satu akun di akun blogger yang sedang kita atur ini.
  10. Pilih editor entri. Sebaiknya pilih editor yang dimutahirkan alasannya yaitu ini merupakan yang sangat disarankan oleg pihak blogger.
  11. Aktifkan transliterasi. Sebaiknya pilih saja nonaktifkan.

Bahasan selanjutnya  yaitu pengaturan untuk publikasi menyerupai terlihat dalam gambaran gambar di bawah ini;


Kita sanggup mengubah alamat blog kita dengan domain gres berekstensi .com, .net, .info, .org, .co.id dengan mengklik domain ubah sesuaian. Ingat, semua pola domain di atas yaitu domain yang berbayar. Artinya kita perlu melaksanakan sewa untuk mempunyai domain tersebut dan mengeluarkan sejumlah biaya sewa pertahun.
  1. Alamat Blog*Spot. Ini yaitu alamat yang kita gunakan ketika ini. Kita sanggup mengganti alamat blog kita dengan melaksanakan perubahan atas alamat yang sudah kita tuliskan dalam kotak alamat blogspot ini.
  2. Verifikasi kata. Ini dipakai sebagai pencegah spam ketika kita mengganti alamat blog kita menjadi alamat baru.

Lanjut, kini kita akan membahas materi pengaturan format dari blog kita menyerupai yang telah tampak dalam gambar di bawah ini;

 

  1. Tampilkan sebanyak mungkin. Ini yaitu pilihan untuk menampilkan berapa jumlah postingan kita yang akan muncul di halaman depan blog milik kita.
  2. Format header tanggal. Pilihlah salah satu model tanggal yang nantinya akan muncul di header atau di atas postingan kita untuk mengambarkan kapan kita menerbitkan postingan tersebut di blog kita.
  3. Format tanggal indeks arsip. Ini yaitu bentuk format tanggal yang akan muncul dalam arsip blog yang kita tampilkan. Pilih salah satu yang kita sukai.
  4. Format timestamp. Pilih juga model waktu yang akan ditampilkan untuk menandai jam berapa postingan dalam blog kita tersebut masing-masing diterbitkan.
  5. Zona waktu. Pilih zona waktu sesuai lokasi kita. Di indonesia memakai zona waktu GMT+7.
  6. Bahasa. Pilih juga model bahasa yang kita pakai dalam postingan blog kita.
  7. Konversi ganti baris. Sebaiknya biarkan saja dalam posisi ya semoga kita secara otomatis tidak perlu lagi melaksanakan ganti baris ketika menciptakan postingan dengan instruksi HTML <br/>, tetapi cukup dengan menekan tombol enter saja.
  8. Tampilkan field judul. Sebaiknya pilih ya.
  9. Tampilkan kolom link. Sebaiknya pilih tidak.
  10. Aktifkan perataan float. Sebaiknya pilih ya.
  11. Templat entri. Ini yaitu kotak yang menampilkan apapun baik berupa instruksi HTML maupun tidak setiap kita menampilkan postingan baru.

Untuk pengaturan selanjutnya yaitu pengaturan untuk komentar menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini;

 

Untuk keterangan lebih lengkap mengenai pengaturan komentar ini telah dijelaskan beberapa hari yang lalu. Kalian sanggup melihat postingannya di sini.

Selanjutnya yaitu pengaturan arsip yang gambaran gambar halamannya sanggup kita lihat menyerupai di bawah ini;

 

Pada pengaturan arsip ini kita hanya diberikan opsional untuk menentukan waktu pengarsipan untuk semua postingan dalam blog kita. Apakah kita akan menentukan pengarsipan perbulan, perminggu, atau pertahun.

Pengaturan selanjutnya yaitu mengenai pengaturan feed situs dengan tampilan halaman menyerupai gambar di bawah ini;

 

  1. Izinkan feed blog. Sebaiknya pilih penuh untuk menampilkan seluruh isi entri, komentar dan umpan komentar per entri kita ketika ada pembaca yang langganan blog kita melalui layanan feed ini.
  2. Posting URL pengubahan arah feed. Kosongkan saja jikalau kita tidak memakai layanan lain atau pihak ketiga semisal feedburner untuk pengaturan layanan feed kita. Alamat feed kita yang merupakan bawaan atau default yaitu http://namablogkita.blogspot.com/feeds/posts/default.
  3. Footer feed posting. Ini yaitu bab yang sanggup kita gunakan untuk menambah apapun yang ingin kita tambahkan dan akan muncul pada setiap footer dalam posting di blog kita.

Pada pengaturan selanjutnya yaitu mengenai pengaturan email dan seluler menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini;

 

  1. Alamat blogsend. Masukan alamat email yang ingin kita kirimi pemberitahuan jikalau ada sesuatu yang gres dalam blog kita.
  2. Alamat pengeposan via email. Sebaiknya nonaktifkan saja pilihan ini.

Berlanjut pada pengaturan berikutnya yaitu mengenai openID yang ilustrasinya terlihat pada tampilan di bawah ini;

 

Tidak ada pengaturan yang signifikan untuk diterapkan dalam pengaturan ini. Pengaturan ini hanya berkhasiat pada ketika kita menunjukkan komentar pada blog lain. Akan tetapi, pada kenyataannya kita jarang atau bahkan tidak pernah memakai openID sebagai identitas kita ketika berkomentar. Jadi, jikalau tidak ada perubahan dalam blog kita sebaiknya biarkan saja pada bab ini pengaturannya dilakukan secara default.

Pada pengaturan selanjutnya dan sekaligus yang terakhir yaitu mengenai pengaturan izin menyerupai gambaran gambar di bawah ini;

 

  1. Penulis blog. Kita sanggup mengundang orang lain untuk menulis dalam blog kita. Meski demikian, orang yang kita ajak tersebut tetap tidak akan sanggup mengutak-atik blog milik kita alasannya yaitu pengaturan ini hanya memungkinkan orang yang kita undang tersebut melaksanakan posting dan tidak lebih dari itu.
  2. Pembaca blog. Pilih siapapun semoga blog kita terbuka untuk umum.

Yup, itulah tadi beberapa fungsi dari masing-masing fitur pengaturan. Banyak sekali bukan? Hehe..
Namanya juga proses belajar, jadi harus banyak pengetahuan yang kita dapatkan. Betul? Untuk itu, jangan pernah malas untuk menambah pengetahuan semoga kualitas diri kita semakin berkembang dari waktu ke waktu. Semangat..!

Pengaturan yang paling fundamental dari blog berbasis blogspot atau blogger terletak pada postingan kita kali ini. Cermati baik-baik jikalau masih ada di antara kita yang belum mengerti perihal fungsi-fungsinya. Oia, jangan lupa untuk menyimpan setiap perubahan atas pengaturan yang telah kita lukukan dengan mengklik tombol simpan tampilan. Kita sanggup melaksanakan perubahan apapun untuk pengaturan ini, tapi yang paling penting yaitu pengaturan tersebut tidak hanya menunjukkan kepuasan pada kita saja sebagai pemiliknya alasannya yaitu kita juga harus memperhatikan kenyamanan pembaca yang selalu setia mengunjungi blog kita. Rasakan seakan-akan kita sebagai pembaca yang mengunjungi blog kita sendiri. Apakah kita merasa puas dengan pengaturan yang telah kita lakukan? Jika sudah, berarti tidak ada problem lagi dari segi kenyaman membaca bagi para pengunjung blog kita. Ingat, pada pada dasarnya pengunjung  itu tiba ke blog kita untuk membaca dan berharap untuk mendapat informasi yang bermanfaat. Jadi, perlakukan kenyamanan pengunjung kita dengan pengaturan blog sebaik mungkin.

Yup, selamat berkreasi lagi yaa..
Salam blogger..!
Show comments
Hide comments

0 Response to "Fitur Pengaturan Dalam Blogger"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close