Fitur Statistik Di Blogger - Tempat Blogging

Fitur Statistik Di Blogger

Hai mitra blogger semuanya..
Apa kabar nih hari ini? Baik-baik bukan?
Yup, di hari Jum’at yang indah ini akan dibahas mengenai fitur statistik yang ada di blog berbasis blogspot. Apa menariknya dari fitur ini? Yup, ini merupakan fitur terbaru yang belum usang ini diluncurkan oleh blogger. Dengan fitur ini akan lebih memudahkan kita dalam menganalisis blog tanpa harus memakai derma widget pihak ketiga.
Yup, pribadi saja yuk kita ke pembahasannya..


Mengapa statistik terhadap blog itu menjadi penting?

Yup, menyerupai yang kita ketahui jikalau bagi kebanyakan blogger tujuan mereka untuk menciptakan blog dan melaksanakan aktifitas blogging ialah untuk menjaring pengunjung sebanyak-banyaknya guna menginformasikan postingan apa saja yang ada di dalam blog mereka. Manfaatnya sudah terang bukan? Jika blog mereka laku dikunjungi, bukan mustahil hal tersebut akan membuka peluang yang luas untuk memonetize blog mereka sebagai sumber penghasilan menyerupai pemasangan iklan misalnya.
Jika kita yang berada dalam posisi tersebut, tentu akan sangat membutuhkan statistik yang lengkap terhadap blog kita guna melaksanakan analisis lebih lanjut untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan. Apakah blog kita itu pada nyatanya sudah banyak pengunjungnya? Darimana saja datangnya pengunjung blog kita? Dengan cara apa saja pengunjung itu tiba ke blog kita? Nah, semua itu akan terjawab dengan gampang melalui statistik yang lengkap dan akurat terhadap blog kita. Jika hal tersebut sanggup kita peroleh, tentunya ini akan sangat bermanfaat sekali untuk penelitian dan pengembangan terhadap blog kita supaya ke depannya kita sanggup semakin gampang dalam perjuangan memajukan blog kita punya. Blogger.com sebagai salah satu platform blog sendiri sudah menyediakan fitur itu guna akomodasi penggunanya dalam menganalisis perkembangan blog setiap waktu.

Apa saja kelebihan dari fitur statistik blogger ini?

Meski fitur ini hanya sanggup dipakai untuk blog yang berbasis blogspot saja, tetapi setidaknya ada beberapa fitur unggulan yang sanggup kita peroleh dari penggunaannya, seperti;

  1. Penggunaannya gampang alasannya ialah ditampilkan dalam format yang lebih simpel dan sederhana. Sehingga bagi pengguna awam pun akan sanggup dengan gampang untuk menganalisis data apa saja yang diterima blognya.
  2. Perhitungan statistik untuk blog kita akan diukur secara terpola setiap saat. Bahkan kita pun sanggup melihat statistik yang terjadi pada blog kita ketika kita melihat fitur statistik tersebut.
  3. Adanya beberapa bab penting yang disajikan dalam fitur ini menyerupai overview, posts, traffic sources, dan audience.

Bagian penting yang tersaji dalam fitur tersebut sanggup dijelaskan masing-masing sebagai berikut;

Overview

Halaman overview akan ditampilkan menyerupai ilustrasi gambar di bawah ini;


Pada halaman overview ini akan ditampilkan ringkasan secara keseluruhan wacana apa saja yang terjadi terhadap blog kita. Baik itu overview, posts, traffic sources, dan audience. Dengan hanya melihat halaman ini saja bersama-sama kita sudah sanggup menyimpulkan wacana apa yang bersama-sama terjadi dalam blog kita. Apakah blog kita mengalami kenaikan pengunjung atau justru mengalami penurunan.

Pada halaman ini sanggup kita pilih tampilan statistiknya sesuai waktu yang kita inginkan, antara lain pada waktu kini ketika kita membuka halaman statistik tersebut, hari ini, ahad ini, bulan ini, dan waktu secara keseluruhan. Statistiknya akan terlihat pageviews seerti yang terlihat di grafik. Akan ditampilkan statistik jumlah pageviews pada waktu tertentu.

Posts

Halaman ini akan menganalisis problem postingan dalam blog kita yang akan tampil menyerupai gambar di bawah ini;


Pada halaman ini akan diurai menjadi dua bab yaitu untuk posts dan pages.

  1. Posts. Untuk posts akan ditampilkan postingan apa yang dilihat oleh pengunjung dan berapa jumlah penayangannya menurut waktu yang kita pilih.
  2. Pages. Sementara pages dipakai untuk menampilkan pages apa yang juga dilihat oleh para pengunjung blog kita dan berapa kali jumlah penayangannya menurut waktu yang telah kita pilih. Akan tetapi, jikalau kita tidak menampilkan atau menciptakan pages dalam blog kita maka statistik untuk pages tersebut tidak akan muncul.

Traffic sources

Halaman untuk traffic sources akan terlihat menyerupai gambar di bawah ini;


Dalam halaman traffic sources ini akan diberikan tiga kategori ulasan untuk statistik dalam blog kita, antara lain reffering url, reffering sites, dan search keywords.

  1. Reffering url. Untuk reffering url ini akan diperlihatkan dari url mana saja sumber pengunjung yang tiba ke blog kita.
  2. Reffering sites. Pada reffering sites akan diperlihatkan juga dari situs mana saja pengunjung blog kita itu berasal.
  3. Search keywords. Untuk search keywords ini ialah kata kunci menyerupai apa yang dipakai oleh pengunjung yang tiba untuk menemukan blog kita.

Audiences

Pada halaman audiences akan dibahas mengenai siapa saja yang mengunjungi blog kita menyerupai yang tergambar dalam ilustrasi di bawah ini;


  1. Pageviews by country. Ini akan mengatakan dari negara mana saja pengunjung yang tiba ke blog kita. Pada halaman ini akan ditampilkan ilustrasi gambar beserta keterangan negara dan jumlah pengunjungnya dari negara tersebut.
  2. Pageviews by browsers. Merupakan analisis wacana browser apa saja yang dipakai oleh pengunjung ketika mendatangi blog kita. Apa manfaatnya? Analisis ini sanggup menyimpulkan dari browser mana saja blog kita ini dikunjungi, sehingga dengan begitu setidaknya kita akan tahu jikalau blog kita tersebut mendapat tampilan halaman yang terbaik dari browser jenis apa.
  3. Pageviews by operating systems. Ini akan menganalisis operating system apa saja yang dipakai oleh pengunjung blog kita dalam komputer dan laptop mereka.

Bagaimana? Sudah jelaskah hingga di sini? Jika belum, silakan dibaca kembali dari awal atau sanggup untuk menanyakan perihal yang kurang terang pada komentar di bawah.

Apakah ada widget statistik yang sanggup dipasang diblog kita?

Tentu saja ada widget yang sanggup dipasang diblog kita. Mulai dari orisinil bawaan blogger maupun buatan pihak ketiga. Untuk bahasan kali ini kita akan mengulas wacana widget statistik bawaan dari blogger. Cara untuk menampilkannya ialah sehabis kita log in dan menentukan rancangan, kemudian klik tambah gadget dan pilih statistik blog menyerupai yang tampil pada gambar di bawah ini;


Pada halaman tambah gadget tersebut sehabis kita mengklik statistik blog maka akan muncul tampilan gambar menyerupai di bawah ini;

 
Akan ada beberapa pilihan yang harus kita tentukan menyerupai jangka waktu analisis statistik terhadap blog kita. Apakah kita ingin jangka waktu setiap saat, 30 hari terakhir, atau 7 hari terakhir? Pada halaman tersebut kita sanggup menentukan model widget menyerupai apa yang akan ditampilkan di blog kita. Statistik yang ditampilkan dari widget ini hanya berupa pageviews dalam blog kita, alasannya ialah data selengkapnya akan ditampilkan pada halaman fitur statistik yang sudah dijelaskan di awal tadi. Jika kita merasa kurang puas alasannya ialah minimnya data yang ditampilkan secara pribadi di blog, ada baiknya jikalau kita mencoba layanan yang lain dari pihak ketiga. Setelah semua pengaturan selesai dilakukan, klik simpan untuk menyimpannya.

Yup, sudah selesai pembahasannya. Bagaimana? Sangat gampang bukan? Jika mudah, mari kita terapkan bersama demi kemajuan blog kita..! Ingat, statistik blog itu penting lho?

Selamat membaca pengunjung semuanya..
Salam blogger..!
Show comments
Hide comments

0 Response to "Fitur Statistik Di Blogger"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close