Membuat Postingan Di Blogger - Tempat Blogging

Membuat Postingan Di Blogger

Hai mitra semua..
Apa kabarkah hari ini? Masih baik-baik saja bukan? Yup, semoga hari-hari kita selalu di lindungi dan dilimpahkan rahmat, hidayah, dan inayahnya oleh Allah SWT. Amin..
Berbicara duduk masalah blog, apakah kalian sendiri kini sudah mempunyai sebuah blog? Jika belum, sekali lagi mari buat blog tersebut dengan langkah yang gampang dan mudah ibarat panduan menciptakan sebuah blog di blogger ibarat apa yang telah di berikan kemarin. Sekarang? Yup, ketika kita berguru bagaimana caranya untuk mengisi blog yang telah kita buat tersebut dengan entri atau postingan, entah itu sanggup berupa tulisan, gambar, video, dsb.

Ok, daripada kebanyakan intro, yuk pribadi saja kita simak tolong-menolong bagaimana membuat postingan di blogger dengan langkah yang mudah, praktis, dan benar.

Pertama, hal yang perlu kita lakukan ialah membuka situs blogger.com. sehabis terbuka, akan muncul tampilan ibarat terlihat di bawah ini;

 

Ketikan alamat email dan passwordnya yang dulu kita daftarkan ketika menciptakan akun di blogger. Jika sudah, klik masuk untuk proses selanjutnya. Kita juga sanggup mengisi kolom centang yang berisikan kalimat tetap masuk bila kita ingin tetap berada pada akun blogger kita meskipun browser sudah kita tutup dan kita belum sempat keluar. Sarannya ialah jangan centang kolom ini bila kita sedang memakai akun blogger di komputer atau laptop milik orang lain, apalagi di warnet. Mengapa? Hal ini untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu kita belum log out dan ada yang membuka situs blogger, maka secara otomatis orang tersebut akan digiring pribadi untuk memasuki akun kita. Apa yang selanjutnya terjadi? Yup, sanggup saja akun kita nantinya dibajak atau dipergunakan semena-mena tanpa tanggung jawab alasannya ialah kelalaian kita tersebut. Jadi, meski agak merepotkan alasannya ialah bila kita menutup browser dan harus log in lagi meski kita belum log out, sebaiknya tidak usah memperlihatkan contreng pada kolom ini untuk berjag-jaga dari yang jelek terhadap akun kita.

Setelah kita log in, maka kita akan masuk pada halaman dasbor yang merupakan sentra pengendalian layaknya halaman admin untuk sebuah website. Klik tombol entri gres yang terletak pada kotak biru tebal di pojok paling kiri ibarat terlihat pada gambar di bawah ini;

 

Hiraukan tulisan-tulisan lainnya selain goresan pena entri gres tersebut, alasannya ialah kini ini kita sedang berguru untuk menciptakan sebuah entri gres sebagai postingan di blog kita. Untuk pembahasan mengenai fungsi dari masing-masing tombol lainnya akan dibahas secara lebih lengkap pada panduan berikutnya.

Jika sudah mengklik goresan pena entri baru, maka kita akan memasuki halaman untuk menciptakan sebuah postingan gres sebagaiman tersaji ibarat gambar di bawah ini;

 

Pada kolom judul, tuliskan judul postingan yang ingin kita buat. Buatlah sebuah judul yang menarik semoga goresan pena kita nantinya sanggup memikat banyak pengunjung untuk membacanya. Jangan terlalu melenceng dari topik yang nantinya akan kita angkat dalam postingan yang akan kita buat.

Pada kolom isi dari entri atau postingan tersebut, gunakan untuk mengisi tulisan, video, foto, atau apapun yang ingin kita munculkan sebagai postingan dalam blog kita nanti. Kita juga sanggup memakai alat bantu untuk mempercantik hasil postingan kita ibarat memakai pengaturan undo dan redo, jenis huruf, ukuran huruf, goresan pena tebal, goresan pena miring, goresan pena garis bawah, goresan pena yang dicoret, warna tulisan, warna background goresan pena yang hanya diberi warna tersebut, memperlihatkan link pada tulisan, menambahkan gambar, menambahkan video, memperlihatkan pembatas untuk tiap paragraf atau untuk sekedar pembatas, pengaturan letak goresan pena (rata kiri, rata kanan, rata tengah, rata kanan kiri), memperlihatkan numbering (daftar dengan angka), memperlihatkan bullet (daftar dengan ikon), memperlihatkan tanda petik untuk pengutamaan terhadap goresan pena penting, menghilangkan format pengaturan goresan pena yang telah dibentuk sebelumnya, serta cek apabila terdapat salah pengetikan untuk bahasa yang baku. Tulislah goresan pena yang menarik dan bermanfaat semoga goresan pena yang kita publikasikan nantinya sanggup memperleh respon yang baik dan disukai oleh para pembaca.
Saat kita ingin menuliskan sesuatu atau menambahkan sesuatu berupa gambar dan video, gunakan kolom isian yang terdapat di dalam compose. Akan tetapi, bila kita ingin menambahkan sesuatu dalam postingan kita berupa komplemen yang mengandung isyarat javascript atau HTML, maka gunakan kolom isian edit HTML untuk meletakannya. Biasanya yang sering ditambahkan dalam postingan kita dan yang mengandung isyarat javascript atau HTML ibarat iklan, kolom kontak ibarat yang terdapat di blog ini, dan pernak-pernik blog lainnya.

Pada kolom label, berikan goresan pena yang akan mengakibatkan postingan tersebut masuk ke dalam kategori label tertentu. Misalnya makanan, minuman, jalan-jalan, rekreasi, kendaraan, pendidikan, bisnis, dsb. Usahakan untuk memperlihatkan satu label saja untuk satu jenis postingan semoga nantinya kita akan lebih gampang untuk mengarsipkannya.

Jika semuanya sudah beres, klik tombol terbitkan entri untuk segera mempublikasikan postingan kita tersebut. Jika postingan kita belum jadi, kita juga sanggup menyimpannya dalam bentuk konsep dengan mengklik tombol save now. Jika kita merasa ragu dengan hasil publikasinya nanti, klik saja pratinjau untuk melihat preview hasilnya.

Saat postingan tersebut berhasil kita terbitkan, maka akan muncul halaman konfirmasi yang menyatakan bila postingan yang gres saja kita buat tersebut berhasil diterbitkan ibarat yang terlihat pada gambar di bawah ini;

 

Bagaimana? Sampai di sini langkahnya cukup terang dan gampang dipraktikan bukan? Yuk kita lanjutkan ke bahasan berikutnya.

Kita juga sanggup mengedit postingan yang gres saja kita terbitkan tadi bila merasa ada sesuatu yang perlu dibenahi. Bagaimana caranya? Mudah, tinggal klik saja goresan pena edit entri di sebelahnya entri gres dan akan muncul tampilannya sebagai berikut;

 

Klik edit bila kita ingin mengedit postingan yang telah kita buat tadi dengan beberapa perubahan yang ingin kita lakukan. Klik lihat bila kita ingin melihat hasil postingan kita tersebut dalam bentuk yang sudah dipublikasikan melalui blog kita. Jika kita ingin mempublikasikan postingan yang sebelumnya masih kita simpan dalam bentuk konsep, maka terlebih dahulu contreng kotak kecil di sebelah judul postingan dalam daftar tersebut kemudian klik tombol publikasikan yang dipilih. Jika kita merasa bahwa postingan kita tidak dibutuhkan lagi, kita sanggup menghapusnya dengan cara contreng kotak di sebelah judul posting tersebut dan klik tombol hapus yang dipilih.
Apabila kita kesulitan untuk menemukan postingan yang akan kita edit alasannya ialah postingan tersebut sudah usang dan tidak termuat dalam daftar postingan di halaman edit entri, kita sanggup menambah jumlah tampilan entri yang ditampilkan dalam halaman edit entri untuk menampilkannya. Jika dengan cara itu masih belum ketemu juga, maka gunakan kemudahan pencarian untuk menelusurinya dengan memasukan judul atau kata kuncinya. Cara lain yang sanggup dipakai ialah dengan melihat postingan tersebut melalui label yang disediakan. Klik saja label apa yang dulunya kita berikan ke dalam postingan yang ingin kita cari tersebut.

Jika kita ingin menciptakan sebuah halaman statis yang biasanya terletak di bab atas blog dan biasanya berisikan ihwal seputar about me, contact us, dsb, kita sanggup memakai kemudahan edit laman untuk membuatnya. Caranya ialah pertama klik dahulu edit laman sampai muncul tampilan gambar ibarat di bawah ini;

 

Seperti yang telah dijelaskan pada bab entri gres tadi bila pada dasarnya ialah pembuatan laman atau halaman statis ini sama persis dengan proses pembuatan entri baru. Hanya saja dalam sebuah laman tidak terdapat label yang kita gunakan untuk pengarsipannya. Setelah laman yang kita buat selesai, klik tayangkan laman untuk mempublikasikannya ke dalam blog kita.

Setelah itu, proses selanjutnya ialah menentukan letak posisi dari laman yang akan kita terbitkan dalam blog kita. Ilustrasinya terlihat ibarat gambar di bawah ini;

 

Kita sanggup menentukan apakah laman yang kita terbitkan tersebut akan kita tampilkan pada bab atas blog, atau dibagian sidebar bawah, atau tidak kita tampilkan sama sekali dalam blog. Jika sudah kita pilih, maka klik goresan pena simpan dan terbitkan.

Bagaimana hasilnya?
Hasilnya sanggup kita lihat ibarat gambar di bawah ini;

 

Bagaimana? Praktis bukan untuk menciptakan sebuah postingan dalam blog kita?
Yup, bila kita sudah sanggup membuat blog di blogger, maka sekaranglah saatnya bagi kita untuk mengisi blog yang dibentuk dengan postingan-postingan yang menarik dan bermanfaat semoga banyak dibaca dan dikomentari oleh pengunjung blog kita. Usahakan juga untuk update blog dengan postingan secara teratur semoga blog kita semakin ramai oleh pengunjung yang datang. Jangan pernah mempublikasikan hal-hal yang pada pada dasarnya sanggup membawa keburukan baik itu pada diri sendiri maupun pada orang lain. Karena pada hakikatnya menulis di sebuah blog ialah untuk berbagi kebaikan dan manfaat bagi kita semua. Setuju..?

Selamat menulis semuanya,, semoga bermanfaat..!
Salam Blogger..!
Show comments
Hide comments

0 Response to "Membuat Postingan Di Blogger"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close