Masyaallah, Inilah Salah Satu Masjid Bergaya Arsitektur China Yang Wajib Kau Kunjungi! - Tempat Blogging

Masyaallah, Inilah Salah Satu Masjid Bergaya Arsitektur China Yang Wajib Kau Kunjungi!

 apa sih yang kalian pikirkan kalau mendengar kata  MasyaAllah, Inilah Salah Satu Masjid Bergaya Arsitektur China Yang Wajib Kamu Kunjungi!
Sumber : ksmtour.com
Assalamualaikum, .....hey hey hey ketemu lagi nih ciee. Kali ini mimin intip pagi mau tanya nih. 😃 apa sih yang kalian pikirkan kalau mendengar kata "bangunan bergaya arsitektur China" atau "bangunan etnis Tionghoa"? Pasti identik dengan "tempat ibadah klenteng" dan sejenisnya bukan?

Indonesia memang mempunyai bermacam-macam suku, ras, etnis, dan agama serta toleransi yang berpengaruh antar umat manusia. Dengan toleransi yang berpengaruh itu, semua yang terjadi di kehidupan masyarakat (dengan aneka macam latar background) tidak begitu menjadi problem asalkan sesuai dengan hukum yang ada. Hal ini terbukti dengan adanya toleransi pendirian masjid, gereja, dan klenteng secara berdampingan, bahkan toleransi pemasukan unsur budaya dalam daerah ibadah suatu agama ke daerah ibadah agama lain! Sebagai contoh, bangunan masjid yang dirancang dengan gaya arsitektur China yaitu Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya atau lebih dikenal Masjid Cheng Ho Surabaya. Beneran min? Ya bener dong....masa' boong sih (ehe).

 apa sih yang kalian pikirkan kalau mendengar kata  MasyaAllah, Inilah Salah Satu Masjid Bergaya Arsitektur China Yang Wajib Kamu Kunjungi!
Sumber : geotimes.co.id

Terletak di Jalan Gading No.2, Ketabang, Genteng, Surabaya, Masjid Cheng Ho Surabaya diresmikan pada 13 Oktober 2002, yang mana diawali dengan peletakan watu pertama pada 15 Oktober 2001 bertepatan dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Penamaan masjid ini merupakan bentuk penghormatan pada Cheng Ho, laksamana asal China yang beragama islam. Bangunan Masjid Cheng Ho Surabaya ibarat klenteng yang didominasi warna merah (simbol kebahagiaan), hijau, dan kuning (simbol kedamaian).

Pintu masuknya ibarat bentuk pagoda dengan relief naga dan patung singa dari lilin serta lafaz Allah dalam abjad Arab di puncak pagoda. Tak lupa, sebuah beduk di kiri bangunan sebagai perhiasan masjid. Masjid ini berdiri di atas tanah seluas 21X11 meter persegi dengan luas bangunan utama 11X9 meter persegi. Perancang arsitektur dari masjid ini ialah Ir. Abdul Aziz dari Bojonegoro yang mana ia memadukan gaya Tiongkok dan Arab. Arsitektur Masjid Cheng Ho ternyata diilhami Masjid Niu Jie (Ox Street) di Beijing yang dibangun pada tahun 966 Masehi.

 apa sih yang kalian pikirkan kalau mendengar kata  MasyaAllah, Inilah Salah Satu Masjid Bergaya Arsitektur China Yang Wajib Kamu Kunjungi!
Sumber : bangsaonline.com
Nah, kini udah tau kan seluk-beluk mengenai Masjid Cheng Ho Surabaya. Bagi kalian para muslim/muslimah traveller atau yang pengin ngerasain nuansa masjid bergaya arsitektur China, kuy kunjungi! Tapi tetep yaa, tujuan utamanya yakni beribadah, jangan cuma selfie-selfie doang hihi. Penganut agama lain juga boleh kok mengunjungi dan melihat masjid ini dari luar! Oke cukup sudah ya klarifikasi kali ini. Wassalamualaikum

Salam Penulis : Afifah_IntipPagi
Show comments
Hide comments

0 Response to "Masyaallah, Inilah Salah Satu Masjid Bergaya Arsitektur China Yang Wajib Kau Kunjungi!"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close