Pengertian Istilah Kualitas Film Yang Beredar Di Internet - Tempat Blogging

Pengertian Istilah Kualitas Film Yang Beredar Di Internet

Pengertian Istilah Kualitas Film di Internet Pengertian Istilah Kualitas Film yang Beredar di Internet

Istilah Kualitas Film | Jika Anda hobi download film di Internet, niscaya mengenal istilah CAM, TS, DVD Rip, BRRip, Bluray, R6 Line, TVRip, WEBRip / WEB-DL dsb. Istilah tersebut biasanya disertakan di dalam judul film sebagai identitas dari kualitas film tersebut.

Tiap tipe kualitas memilih gambar dan bunyi yang berbeda-beda. Agar hasil download sesuai dengan yang kita harapkan, sebaiknya pastikan dulu kualitas film yang ingin di download semoga tidak membuang-buang waktu & bandwich internet.

Pengertian Istilah Kualitas Film di Internet Pengertian Istilah Kualitas Film yang Beredar di Internet

Di bawah ini beberapa pengertian istilah kualitas film yang sering muncul dikala kita akan mendownload sebuah film :

1. CAM (CAMRip)
Sumber film direkam dari bioskop dengan memakai video kamera portabel / handycam. Tipe ini merupakan kualitas terburuk dari sebuah film. Selain gambarnya buram, suaranya juga buruk, sebab pribadi direkam di bioskop sehingga banyak noise dan kadang penonton yang kemudian lalang ikut terekam.

2. TS (Telesync)
Telesync kualitasnya hampir sama dengan jenis CAM, berasal dari rekaman bioskop. Namun kualitas bunyi TS sedikit lebih baik dari CAM sebab TS  menggunakan sumber external audio source yang telah di label ulang.

3. TC (Telecine)
Telecine yakni proses perekaman video memakai alat untuk menyalin film dari projector ke format digital atau biasa disebut alat Telecine. Untuk kualitas audio dan videonya tidak mengecewakan baik. Karena dicopy dari sumber aslinya. Biasanya film ini masih mempunyai time counter di atas dan bawahnya layarnya.

4. SCREENER (SCR)
SCR merupakan pre-release sebuah film yang biasanya direkam dalam format kaset VHS yang didistribusikan oleh pembuat film ke toko2 rental, media, televisi untuk tujuan promosi. Ciri utamanya yakni ditengah2 film suka ada teks berjalan (ticker) yang berisi kata-kata yang bersifat promosi atau isu wacana film tsb. Terkadang teks berjalan tersebut cuma tampil beberapa detik tapi ada juga yang tampil sepanjang film.

5. DVD-SCREENER (DVDScr)
Sama halnya sama SCREENER cuma ini dalam format DVD.  DVDScr biasanya hasil salinan dari sebuah PROMO DVD yang keluar sebelum DVD orisinil dipasarkan. DVDScr mempunyai kualitas yg cukup bagus.

6. VHSRip
VHSRip merupakan hasil copy dari kaset VHS yang sudah dirilis secara resmi. Jaman kini sudah mulai jarang tapi paling banyak jenis ini yakni video olahraga, rekaman TV dan video khusus dewasa.

7. HDTV-Rip
Adalah video hasil salinan/copy dari sebuah channel HDTV (High Definition Television). Untuk kualitas gambar dan suaranya sangat baik namun biasanya pada penggalan atas atau bawah layar dipotong untuk menutupi sumber channel yang direkam.

8. WEBRip / WEB-DL
WEBRip yakni versi hasil rip (salinan) dari sebuah Website dengan kualitas bagus. WEB-DL biasanya bersumber dari Amazon dan iTunes Store atau Web-web penyedia tayangan film/TV dengan kualitas baik. Biasanya WEB-DL mempunyai kualitas lebih baik dari HDTV sebab memakai DD 5.1, maka ukuran file-nya pun lebih besar dari HDTV. Di versi WEB-DL juga biasanya tidak terdapat logo TV / iklan berjalan dibawah layar ibarat yang terdapat di versi HDTV.

9. DVDRip
DVDRip merupakan salinan dari DVD Original yg sudah dirilis secara resmi.. Kualitas gambar dan suaranya baik sekali. DVDRip akan ada jikalau DVD Originalnya telah ada di pasaran.

9. R5/R6 Line
DVD yang dirilis khusus untuk region tertentu :

R1 Amerika Serikat, Kanada
R2 Eropa, termasuk Perancis, Yunani, Turki, Mesir, Saudi, Jepang dan Afrika Selatan
R3 Korea, Thailand, Vietnam, Kalimantan dan Indonesia
R4 Australia dan Selandia Baru, Meksiko, Karibia, dan Amerika Selatan
R5 India, Afrika, Rusia dan bekas Uni Soviet negara
R6 Republik Rakyat Cina
R7 Reserved for future use
R8 Airlines / Kapal Cruise
R9 Ekspansi (sering dipakai sebagai tempat bebas)

Untuk tipe ini, kualitas gambar hampir setara dengan DVDRip, tetapi untuk kualitas bunyi biasanya agak buruk (cempreng), meskipun ada beberapa yang kualitas suaranya sudah bagus, namun tetap saja masih ada sedikit noise sehingga mengurangi kenyamanan dalam menonton film tersebut.

10. BRRip
Mirip dengan DVD-Rip, tapi ini merupakan hasil copy dari Blu-Ray Disc yg sudah dirilis secara resmi. Kualitas copyan dari BluRay Disk sangat tinggi, sehingga gambarnya pun sangat detail dan jelas. Kualitas ini jauh lebih baik dari DVDRip.

11. BluRay/HD
Sama ibarat BRRip namun dengan resolusi yang jauh lebih besar yaitu 1920x1080p. Konsekuensinya, file jadi besar dan memutarnya juga berat, sehingga diharapkan spesifikasi komputer yang tinggi. Jika tidak gambar menjadi patah-patah.

Sebenarnya masih banyak istilah- istilah rilis film yang beredar di internet. Namun poin-poin diatas biasanya lebih sering dipakai dalam rilis sebuah film bajakn. Untuk kualitas terbaik download film dengan isyarat rilis DVDRip atau BRRip.

Link Sumber
http://en.wikipedia.org/wiki/Pirated_movie_release_types

Sumber http://www.gupitan.com
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Istilah Kualitas Film Yang Beredar Di Internet"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close