Pengertian Sebuah Blog - Tempat Blogging

Pengertian Sebuah Blog

Apa itu blog?
Pertanyaan mirip inilah yang biasanya sering muncul dibenak orang awam yang gres pertama kali mendengar istilah blog. Bukan sebuah hal yang aneh, mengingat dulu pun saya juga pernah menanyakan hal yang sama ketika beru pertama kali mendengarnya. Lalu, apa sih bergotong-royong blog itu?
Yup, mari kita bahas bersama.

 

Secara umum, sebuah blog atau dikenal juga dengan sebutan weblog merupakan sebuah situs langsung yang memuat tulisan-tulisan sebagai konten atau isi pokoknya, di mana goresan pena yang sebagai postingan tersebut berisi wacana suatu topik tertentu yang di publikasikan oleh pemiliknya guna mendapat reaksi dari pembaca dan diperbaharui secara berkala.

Adapun ciri sebuah blog secara umum adalah;

  1. Berisikan informasi yang bersifat kronologis, dan terbagi menjadi beberapa kategori.
  2. Terdapat arsip untuk informasi atau informasi baik gres maupun lama.
  3. Terdapat interaksi antara pemilik blog dan pengunjung/pembaca.
  4. Biasanya interaksi tersebut berbentuk sebuah kolom komentar.
  5. Biasanya terdapat pranala (link) ke website atau blog sering dikujungi, biasanya dikenal dengan nama Blogroll.

Ada beberapa pengertian blog yang dikemukakan oleh beberapa pihak yang berkompeten dan sanggup kita jadikan sebagai referensi, seperti;

‘Sebuah weblog yakni hirarki teks, gambar, objek media dan data, yang tersusun secara kronologis, dan sanggup dilihat dalam browser HTML.’ Oleh Harvard University.

‘Blog merupakan kependekan dari "web log" yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu gres kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web mirip ini biasanya sanggup diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.’ Oleh Wikipedia.

‘Sebuah publikasi kronologis yang sering wacana pikiran seseorang dan dalam bentuk link Web.’ Oleh Marketingterms dictionary.

‘Dari kata Weblog. Sebuah blog intinya yakni journal yang tersedia di Web. Aktifitas menmperbaharui blog disebut blogging dan seseorang yang mengelola blog disebut blogger.’ Oleh Computersprintersrepairshouston.com/ glossary.

‘Sebuah weblog yakni sejenis tur berkesinambungan dengan bimbingan insan yang anda tahu. Ada banyak bimbingan yang bisa dipilih, dan semuanya menyebarkan audiens, dan ada hubungan pertemanan dan politik antara pengelola blog yang saling menunjuk dan semuanya dalam bentuk struktur, grafik, alur, dsb.’ Oleh Newhome/History Of Weblogs.

‘Sebuah blog intinya yakni sebuah jurnal yang tersedia di web. Kegiatan memperbarui blog yakni “blogging” dan seseorang yang menciptakan sebuah blog yakni “blogger.” Blog biasanya Diperbaharui harian memakai software yang memungkinkan orang dengan sedikit atau tidak ada latar belakang teknis untuk memperbarui dan memelihara blog. Posting di blog ini hampir selalu diatur dalam urutan cronological terkini dengan penambahan fitur yang paling menonjol. Menulis dalam sebuah blog hampir selalu dalam urutan kronologis dengan penambahan fitur yang paling terkini yang paling menonjol.’ Oleh Matisse.net/glossary.

‘Sebuah blog yakni sejenis situs web yang biasanya disusun dalam urutan kronologis dari goresan pena yang terbaru di potongan atas halaman utama dan yang lebih usang berada dibawah.’ Oleh Darren Rowse.


Seorang pemilik blog atau yang biasa dikenal dengan istilah blogger selalu memperbaharui (up date) blog miliknya secara berkala. Entah itu mempublikasikan goresan pena baru, mengganti template, merubah desain, atau hanya sekedar menambah atau mengurangi pernak-pernik blognya. Pembaharuan yang rutin inilah salah satu ciri yang membedakan sebuah blog dengan situs. Sebab, blog bisa diibaratkan sebagai sebuah diary online bagi para blogger. Intensitas pembaharuan blog jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan situs. Mengapa? Karena hal ini juga menandakan bagaimana eksistensi seorang blogger dalam memelihara atau merawat blognya.

Selain blog langsung yang berisi kisah perjalanan hidup atau catatan-catatan pemiliknya, sebuah blog sanggup dapat dikategorikan menjadi dua jenis yang berbeda, yaitu blog yang secara spesifik membahas mengenai suatu topik tertentu dan blog yang menampilkan isi dengan bermacam-macam tema yang terkandung di dalamnya. Biasanya, sebuah blog membahas satu tema tertentu. Misalkan blog wacana olahraga, masakan, tutorial blogging, hal-hal unik, motivasi, pendidikan, politik, budaya, dsb. Akan tetapi, tidak jarang banyak juga blogger yang menciptakan blog miliknya itu mengandung banyak tema.

Apa saja kategori blog itu?

  1. Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua duduk perkara berbasis blog (Seperti kampanye).
  2. Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan wacana pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  3. Blog bertopik: Blog yang membahas wacana sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  4. Blog kesehatan: Lebih spesifik wacana kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi wacana keluhan pasien, informasi kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan wacana kesehatan, dll.
  5. Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  6. Blog perjalanan: Fokus pada bahasan dongeng perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan wacana perjalanan/traveling.
  7. Blog riset: Persoalan wacana akademis mirip informasi riset terbaru.
  8. Blog hukum: Persoalan wacana aturan atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  9. Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
  10. Blog agama: Membahas wacana agama.
  11. Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  12. Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  13. Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  14. Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk acara promosi bisnis mereka.
  15. Blog pengejawantahan: Fokus wacana objek diluar manusia; mirip anjing.
  16. Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).


Saat ini berbagai blogger yang sudah aktif blogging (istilah dalam bahasa indonesia: ngeblog) di seluruh dunia. Selain gratis alasannya yakni kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa webhosting dan membeli domain layaknya sebuah situs, dalam menjalankan aktifitas blogging pun kita tidak harus dituntut untuk mempunyai keahlian dalam desain programming. Karena, hampir semua situs penyedia jasa pembuatan blog secara gratis telah memperlihatkan bermacam-macam template pilihan yang tentunya cukup menarik untuk kita gunakan. Proses pembuatan sebuah blog juga mudah. Kita hanya perlu mempunyai sebuah alamat email dan menentukan platform blog apa yang kita suka, maka jadilah sebuah blog yang manis dan menarik akan menjadi milik kita.
Bahkan dalam perjalanannya, kini ini sudah banyak blogger yang memakai blog miliknya sebagai sarana untuk mencari uang lewat internet! Wow..
Bagaimana bisa?
Bisa saja, salah satunya yakni dengan memasang iklan yang akan memperlihatkan bayaran untuk setiap penayangannya di blog para blogger. Tentunya jenis iklan ini bervariasi jenis dan prosedur pembayarannya. Dan yang tak kalah pentingnya yakni hanya blog yang sudah terkenal saja yang cenderung akan bisa menghasilkan banyak laba bagi pemiliknya. Karena itu, munculah istilah blogger profesional atau problogger yang merupakan seorang blogger yang mengandalkan penghasilan murni mereka dari blog yang dikelolanya.

Jika di periode globalisasi yang sudah tidak lagi mengenal batasan ruang dan waktu ini kalian masih juga belum mempunyai sebuah blog, apa kata dunia? Dulu memang seseorang sudah dianggap melek IT kalau sudah bisa mempunyai email. Akan tetapi, hal itu sudah tidak berlaku lagi alasannya yakni kini saatnya lah kalian mempunyai sebuah blog!

Siap menjadi seorang blogger..?
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Sebuah Blog"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close