Review Jujur Moza Mini Mi — Gimbal Smartphone Murah Terbaik..?? - Tempat Blogging

Review Jujur Moza Mini Mi — Gimbal Smartphone Murah Terbaik..??

Inilah Moza Mini Mi, gimbal smartphone murah alternatif DJI Osmo Mobile 2 tapi dengan harga yang bahkan lebih irit dari versi usang DJI Osmo Mobile. Di video ini MacPoin bakal bagikan pengalaman sekaligus review jujur atas gimbal smartphone Moza Mini Mi, yang harganya ketika ini sekitar 1,5 jutaan rupiah.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan warta menarik seputar teknologi setiap hari.

Beli Moza Mini Mi:


Bagi kau yang lebih suka membaca daripada menonton videonya, berikut MacPoin sertakan review

Unboxing Moza Mini Mi Indonesia

 gimbal smartphone murah alternatif DJI Osmo Mobile  Review Jujur Moza Mini Mi — Gimbal Smartphone Murah Terbaik..??

Sebelumnya aku mau tunjukin dulu isi box dari Moza Mini Mi, biar kau tahu apa aja yang kau dapetin ketika beli gimbal smartphone ini.

Di box nya terang tertulis fitur unggulan Moza Mini Mi, yaitu Wireless Phone Charging Gimbal — dengan fitur utama wireless charging, intelligent control, inception mode, built-in camera app, track shooting, dan terakhir ada live streaming mode.

Didalam box ada user manual, berisi panduan-panduan penggunaan gimbal, QR Code WeChat dan Facebook Moza, sticker Moza, serta kartu garansi, tapi garansi Tiongkok.

Dan kini kita fokus ke portabel bag moza nya. Bahannya besar lengan berkuasa dan fleksibel, jadi kau dapat bawa gimbal ini kemana-mana dengan aman. Bag ini dilapisi busa yang empuk, isinya ada stand Gimbal, kabel charger micro USB (tanpa kepala charger), serta gimbal Moza Mini Mi.

Fitur Moza Mini Mi

 gimbal smartphone murah alternatif DJI Osmo Mobile  Review Jujur Moza Mini Mi — Gimbal Smartphone Murah Terbaik..??

Moza Mini Mi punya fitur utama yang bahkan tidak dimiliki oleh DJI Osmo Mobile 2, yaitu wireless charging. Makara kalo hape kau support wireless charging, maka sambil merekam kau dapat sambil charge wireless, tapi kalo tidak support wireless charging, kau dapat charge melalui port USB di Moza Mini Mi.

Ada empat lubang skrup, yang dapat kau manfaatkan buat meletakkan aksesoris — contohnya saja pasang microphone, atau meletakkannya di tripod, dan stand nya dapat kau pasang di bawah supaya dapat diletakkan di meja, kalo kau pengen rekam sambil duduk misalnya.

Dan di belakang ada port charging micro USB, yang dapat kau charge pake charger smartphone.

Cara Pasang Smartphone di Gimbal

 gimbal smartphone murah alternatif DJI Osmo Mobile  Review Jujur Moza Mini Mi — Gimbal Smartphone Murah Terbaik..??

Caranya praktis banget, kau tinggal tarik aja holdernya, kemudian letakkan smartphone. Dan di belakang kau dapat putar kenop nya, untuk atur posisi smartphone mau vertikal apa horisontal. Barangkali mau rekam buat IGTV dapat kau atur vertikal, atau kalo mau rekam untuk youtube atur aja ke horisontal.

Terakhir putar kenop dan geser arm nya hingga di posisi yang sekiranya seimbang. Semakin seimbang kau mengaturnya, maka bakal semakin irit baterai, jadi usahakan dapat se-balance mungkin. Jika sudah kencangkan semua, tekan tahan tombol power, dan gimbal siap digunakan.

Kelebihan Moza Mini Mi

 gimbal smartphone murah alternatif DJI Osmo Mobile  Review Jujur Moza Mini Mi — Gimbal Smartphone Murah Terbaik..??

Moza Mini Mi punya controller lengkap, ada joy stick yang dapat kau pake buat menggerakkan smartphone, kemudian ada juga dial wheel, dapat kau pake buat zoom-in zoom-out — yang sekaligus menjadi kombinasi tombol multifungsi.

Ada pula fitur Wireless Charging dan USB Charger, yang dapat digunakan untuk rekam sambil charging smartphone.

Hal menarik lainnya ialah dengan harga yang jauh lebih murah daripada DJI Osmo Mobile 2 dan Zhiyun Smooth Q, kualitas gimbal Moza Mini Mi ini lebih kurang sama, baik dari kekuatan maupun desainnya. Malah Moza Mini Mi punya beberapa fitur ekstra yang tidak ada di gimbal kompetitornya yang lebih mahal.

Ada banyak banget mode di Moza Mini Mi ini, aku bakal jelaskan semuanya di video selanjutnya yang khusus untuk tips. Karena disini kita akan fokus pada review, jadi pribadi aja kita cek menyerupai apa hasil rekaman pake gimbal smartphone ini.

Hasil Rekaman Moza Mini Mi: Pake Gimbal vs Tanpa Gimbal

Saat dibandingkan hasil rekaman kamera belakang pake gimbal Moza Mini Mi vs tanpa gimbal di smartphone yang tidak mempunyai OIS ataupun EIS, bedanya jauh banget. Dengan gimbal sangat mulus dan stabil, bahkan juga ketika lari — sedangkan tanpa gimbal getarannnya terlihat parah baik ketika jalan terlebih lari.

Saat dibandingkan dengan rekaman kamera belakang smartphone yang mempunyai EIS, EIS ini cukup mempermulus goncangan ketika jalan, tetapi ketika lari masih cukup kacau, sehingga hasil rekaman menggunakan Gimbal tetap lebih mulus.

Selanjutnya ketika dibandingkan dengan kamera belakang smartphone yang mempunyai OIS, hasil rekaman memang sudah lebih stabil daripada EIS, tapi tetap belum dapat mengalahkan mulusnya hasil rekam pake gimbal Moza Mini Mi.

Dari hasil uji rekam, dapat disimpulkan bahwa baik EIS ataupun OIS saja tidak dapat mengalahkan mulusnya rekam pake gimbal. Makara kalo kau suka nge-vlog atau rekam ketika travelling, punya gimbal smartphone menyerupai ini recommended banget.

Kekurangan Moza Mini Mi

 gimbal smartphone murah alternatif DJI Osmo Mobile  Review Jujur Moza Mini Mi — Gimbal Smartphone Murah Terbaik..??

Semua footage tersebut gaes aku rekam pake aplikasi kamera bawaan smartphone, alasannya ialah meskipun ada aplikasi official Moza untuk Android dan iOS— tetapi aku kurang puas dengan hasilnya.

Di iPhone aplikasi Moza dapat berjalan sangat lancar — sebuah kabar besar hati bagi pengguna iPhone. Tetapi di Android, waktu digunakan di OnePlus, aplikasi Moza memperlihatkan hasil rekam yang tidak dapat digunakan — alasannya ialah hasil rekamannya terlihat lebih cepat dari yang seharusnya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, menurut pengalaman aku pake Moza Mini Mi ini — aku simpulkan bahwa Moza Mini Mi ialah gimbal smartphone yang anggun banget dan berkualitas secara hardware, tetapi dengan aplikasi yang masih belum optimal.

Gimbalnya kokoh, build quality sepakat banget, mode dan controller lengkap, bahkan punya fitur wireless charging yang tidak ada di DJI Osmo Mobile 2.

Tapi untuk jadi paket komplit, masih perlu ada update dan meningkatkan secara optimal lagi di bab aplikasi, khususnya aplikasi Moza untuk Android.

Buat aku pribadi nggak ada problem — alasannya ialah memang aku lebih suka rekam pake aplikasi kamera bawaan. Tetapi dengan tidak menggunakan aplikasi Moza, kau bakal melewatkan fitur menyerupai track shooting yang dapat mengikuti obyek kemanapun kau gerakkan.

Selain itu problem kurang optimalnya aplikasi gotong royong juga dialami oleh gimbal lain menyerupai Zhiyun bahkan DJI Osmo Mobile. Bedanya untuk Osmo Mobile ada derma dari beberapa aplikasi pihak ketiga, menyerupai Filmic Pro, yang ngebantu banget dan dapat diandalkan sebagai aplikasi rekam alternatif.

Itulah ia review Moza Mini Mi serta ulasan kelebihan dan kekurangan Moza Mini Mi, semoga bermanfaat buat kau yang sedang mencari gimbal murah berkualitas. Moza Mini Mi ini harganya masih lebih murah dari DJI Osmo Mobile 2, juga lebih murah dari Zhiyun Smooth Q, dengan kualitas gimbal yang kurang lebih sama, bahkan punya tambahan fitur ekstra — jadi masih worth it banget utk dibeli. Kalo kau tertarik, kau dapat membelinya disini:

Beli Moza Mini Mi:

Kedepannya aku bakal bikin tips untuk hasil rekam terbaik menggunakan Moza Mini Mi, jadi pastikan subscribe channel Kepoin Tekno — atau kunjungi terus MacPoin.com biar nggak ketinggalan.


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Review Jujur Moza Mini Mi — Gimbal Smartphone Murah Terbaik..??"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close