Pengertian Freeware, Shareware, Open Source, Dan Beta Version - Tempat Blogging

Pengertian Freeware, Shareware, Open Source, Dan Beta Version

Setiap software yang kita gunakan tentu saja diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan kit Pengertian Freeware, Shareware, Open Source, dan Beta Version
Perbedaan Freeware, Shareware, Open Source, dan Beta Version
Setiap software yang kita gunakan tentu saja diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan kita dalam melaksanakan sesuatu. Namun ada yang gratis dan berbayar. Dalam hal ini kita akan membahas istilah gratis dalam memakai software. Istilah itu yaitu freeware, shareware dan open source. 

1. Freeware
Freeware yaitu software gratis yang sanggup di download dan dipakai namun anda tidak sanggup melihat source code software tersebut. Biasanya disertai syarat dihentikan memodifikasi software tersebut. Ada pula yang disertai syarat harus untuk kepentingan non-komersial. Tetapi syarat mutlak sebuah software disebut freeware yaitu tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaian. 

2. Shareware
Shareware yaitu software gratis, sanggup di download dan dipakai oleh pengguna. Akan tetapi penggunaan software tersebut ada batas waktunya, kalau pengguna merasa softwarenya bagus, maka diharuskan membeli. Shareware sering dibatasi lamanya waktu pakai (misalnya trial 30 hari), atau jumlah software tersebut dijalankan (misalnya 30 kali), atau feature-feature tertentu yang tidak sanggup diakses. Sesudah masa ujicobanya berakhir, software sanggup saja terkunci atau sanggup saja tetap berfungsi sebagaimana mestinya dan tetap terbatasi 

3. Open Source
Open Source, biasanya berupa sebuah program/software dalam bentuk apapun yang aba-aba pemprogramannya sanggup di edit. Biasanya sehingga seseorang yang medapatkannya sanggup merubah beberapa fitur, fungsi serta interface usernya. Beberapa open source juga ditemukan dalam aba-aba pemprogramannya saja (tidak dalam dentuk executable). Hal ini sering menyebaban kontroversi alasannya yaitu di dalamnya sanggup disisipkan script virus dan sebagainya yang membahayakan komputer sehingga berdampak jelek untuk pembuat open-source itu.

4. Beta Version
Beta Version yaitu istilah untuk software yang masih dalam tahap uji coba, jadi game tersebut masih dalam tahap masa uji coba dan masih masa percobaan. tujuan suatu developer menyebabkan suatu software menjadi BETA yaitu untuk menguji  dan mengetahui/mencari kelemahan dan kekurangan software tersebut. Pada tahap sebuah software masih dalam tahap perbaikan semoga sebelum di rilis ke publik software tersebut sudah tidak ada lagi BUG, kerusakan, error atau sebagainya.

Demikian klarifikasi mengenai istilah software gratisan, semoga anda bermanfaat.

Sumber http://www.gupitan.com
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Freeware, Shareware, Open Source, Dan Beta Version"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close