Rpp K13 Bahasa Indonesia Kelas 7 (Revisi)
Friday, March 8, 2019
Add Comment
RPP K13 Bahasa Indonesia Kelas 7 (Revisi) kami bagikan ini bertujuan untuk membantu bapak dan ibu guru dalam mempersiapkan manajemen pembelajaran.
Sehingga anda punya pedoman yang terperinci dalam menyusun planning pelaksanaan pembelajaran yang baik dan benar.
Adapun cuplikasi isi RPP tersebut ialah sebagai berikut:
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi isu dalam teks deskripsi wacana objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll)yang didengar dan dibaca.
Indikator
3.1.1 ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2 Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3 Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
4.1.1 Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2 Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
4.1.1 Merencanakan penulisan teks deskripsi
4.1.2 Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah membaca dan mendiskusikan teks deskripsi, siswa mampu:
1. Ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2. Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
Pertemuan II:
Setelah membaca teks deskripsi, siswa mampu:
1. Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
2. Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
Pertemuan III:
Setelah membaca dan mendiskusikan teks deskripsi, siswa mampu:
1. Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
2. Merencanakan penulisan teks deskripsi
Pertemuan IV
Setelah membaca dan mendiskusikan teks deskripsi, siswa mampu:
1. Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Pengertian teks deskripsi
b. Jenis teks deskripsi
c. Tujuan komunikasi teks deskripsi
d. Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
a. Pengertian teks deskripsi
b. Jenis teks deskripsi
c. Tujuan komunikasi teks deskripsi
d. Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
3. Materi Pembelajaran Remedial
a. Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkret
b. Menggunakan Pilihan Kata dengan Emosi Kuat
c. Mengidentifikasi Majas
Sehingga anda punya pedoman yang terperinci dalam menyusun planning pelaksanaan pembelajaran yang baik dan benar.
Adapun cuplikasi isi RPP tersebut ialah sebagai berikut:
Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi isu dalam teks deskripsi wacana objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll)yang didengar dan dibaca.
Indikator
3.1.1 ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.2 Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
3.1.3 Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
4.1.1 Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
4.1.2 Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
4.1.1 Merencanakan penulisan teks deskripsi
4.1.2 Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah membaca dan mendiskusikan teks deskripsi, siswa mampu:
1. Ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
2. Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
Pertemuan II:
Setelah membaca teks deskripsi, siswa mampu:
1. Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
2. Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
Pertemuan III:
Setelah membaca dan mendiskusikan teks deskripsi, siswa mampu:
1. Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
2. Merencanakan penulisan teks deskripsi
Pertemuan IV
Setelah membaca dan mendiskusikan teks deskripsi, siswa mampu:
1. Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Pengertian teks deskripsi
b. Jenis teks deskripsi
c. Tujuan komunikasi teks deskripsi
d. Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
a. Pengertian teks deskripsi
b. Jenis teks deskripsi
c. Tujuan komunikasi teks deskripsi
d. Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
3. Materi Pembelajaran Remedial
a. Kalimat Berisi Penjelasan Terperinci untuk Mengonkret
b. Menggunakan Pilihan Kata dengan Emosi Kuat
c. Mengidentifikasi Majas
0 Response to "Rpp K13 Bahasa Indonesia Kelas 7 (Revisi)"
Post a Comment
Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)
NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".
Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda