Jenis Kemiskinan Dan Penyebabnya - Tempat Blogging

Jenis Kemiskinan Dan Penyebabnya

Banyak perspektif yang yang menjelaskan  bentuk-bentuk kemiskinan. Menurut Jamasy (2004) terdapat empat bentuk kemiskinan yang mana setiap bentuk mempunyai arti tersendiri. Keempat bentuk tersebut yaitu kemiskinan diktatorial dan kemiskinan relatif yang melihat kemiskinan dari segi pendapatan, sementara kemiskinan struktural dan kemiskinan kultural yang melihat kemiskinan dari segi penyebabnya.
1. Kemiskinan diktatorial terjadi apabila tingkat pendapatannya dibawah garis kemiskinan atau sejumlah pendapatannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan minimun, antara lain kebutuhan pangan, sandang, kesehatan, perumahan dan pendidikan yang diharapkan untuk meningkatkan kapasitas supaya bisa hidup dan bekerja. Kemiskinan jenis ini mengacu pada satu  standard yang konsisten, tidak terpengaruh oleh waktu dan tempat /negara. Sebuah teladan dari pengukuran diktatorial yaitu persentase dari penduduk yang makan dibawah jumlah yang cukup menopang kebutuhan badan insan (kira kira 2000-2500 kalori per hari untuk laki laki dewasa). Bank Dunia mendefinisikan Kemiskinan diktatorial sebagai hidup dengan  pendapatan dibawah USD $1/hari, dan Kemiskinan menengah untuk pendapatan dibawah $2 per hari. Dengan  batasan ini maka diperkiraan pada 2001 terdapat 1,1 miliar orang didunia mengkonsumsi kurang dari $1/hari, dan 2,7 miliar  orang didunia mengkonsumsi kurang dari $2/hari.
2. Kemiskinan relatif yaitu kondisi dimana pendapatannya berada pada posisi di atas garis kemiskinan, namun relatif lebih rendah dibanding pendapatan masyarakat sekitarnya. Meskipun kemiskinan yang paling parah terdapat di negara bekembang, ada bukti perihal  kehadiran kemiskinan di setiap region. Di negara-negara maju, kondisi ini menghadirkan kaum tuna wisma yang berkelana ke sana kemari dan tempat pinggiran kota.
3. Kemiskinan struktural ialah kondisi atau situasi miskin lantaran imbas kebijakan pembangunan yang belum menjangkau seluruh masyarakat sehingga menjadikan ketimpangan pendapatan. Kemiskinan struktural muncul lantaran ketidakmampuan sistem dan struktur sosial dalam menyediakan kesempatan-kesempatan yang memungkinkan si miskin sanggup bekerja. Struktur sosial tersebut tidak bisa menghubungkan masyarakat dengan sumber-sumber yang tersedia, baik yang disediakan oleh alam, pemerintah maupun masyarakat yang ada disekitarnya. Mereka yang tergolong dalam kelompok ini yaitu buruh tani, pemulung, penggali pasir dan mereka yang tidak pandai dan tidak terlatih. Pihak yang berperan besar dari terciptanya kemiskinan struktural yaitu pemerintah. Sebab, pemerintah yang mempunyai kekuasaan dan kebijakan cenderung membiarkan masyarakat dalam kondisi miskin, tidak mengeluarkan kebijakan yang pro masyarakat miskin, Kalau pun ada lebih berorientasi pada proyek, bukan pada pembangunan kesejahteraan, sehingga tidak ada masyarakat miskin yang ‘naik kelas’. Artinya bila pada awalanya sebagai buruh, nelayan, pemulung, maka selamanya menjadi buruh nelayan dan pemulung.
Pada tahun 1970-an dan 1980-an para intelektual mengangkat  isu kemiskinan struktural ini. Kemiskinan ini timbul, lantaran ada kekerabatan  sosial ekonomi yang membuat kelompok orang tereksklusi  dari posisi ekonomi yang lebih baik.  Penyebab eksklusi yaitu  ketergantungan ekonomi pada negara industri maju, struktur perekonomian  nasional jatuh pada segelintir orang  (kolusi penguasa dan pengusaha) serta politik dan kekerabatan sosial  yang tidak demokratis.
Kemiskinan struktural hadir dan muncul bukan lantaran takdir, bukan lantaran kemalasan, atau  bukan lantaran karena nasib. Kemiskinan jenis ini muncul dari suatu perjuangan pemiskinan. Suatu perjuangan untuk membuat jurang semakin lebar saja antara yang kaya dengan yang miskin. Kemiskinan struktural  adalah kemiskinan yang timbul dari adanya kekerabatan struktur yang timpang, yang timbul dari tiadanya suatu kekerabatan yang simetris dan sebangun yang menempatkan insan sebagai obyek. Kemiskinan struktural timbul lantaran adanya hegemoni dan justru lantaran adanya kebijakan negara dan pemerintah atau orang-orang yang berkuasa, sehingga justru orang yang termarjinalkan semakin termarjinalkan saja.
Namun dalam beberapa dasawarsa belakangan ini terjadi kecenderungan fenomena yang berbalik.  Beberapa negara berkembang yang  penduduknya mengalami kemiskinan struktural, ternyata bisa berdiri dan berkembang untuk merebut pasar global (Rohman, 2010). Pertanyaanya, apakah hal itu membuktikan  kemiskinan lantaran faktor struktural tidak ada lagi, dan yang ada faktor kultural serta kurangnya susukan pada kebutuhan dasar? Hal ini secara empiris perlu menerima telaah yang lebih mendalam .
4. Kemiskinan kultural mengacu pada problem perilaku seseorang atau masyarakat yang disebabkan oleh faktor budaya. Sikap budaya itu, menyerupai tidak mau berusaha untuk memperbaiki tingkat kehidupan, malas, pemboros, tidak kreatif, meskipun ada perjuangan dari pihak luar untuk membantunya. Sedangkan, kebudayaan kemiskinan, merupakan kemiskinan yang muncul sebagai jawaban adanya nilai-nilai atau kebudayaan yang dianut oleh orang-orang miskin, menyerupai malas, gampang mengalah pada nasib, kurang mempunyai etos kerja dan sebagainya. Ciri dari kebudayaan kemiskinan ini yaitu masyarakat enggan mengintegrasikan dirinya dalam lembaga-lembaga utama, perilaku apatis, curiga, terdiskriminasi oleh masyarakat luas. Dalam komunitas lokal ditemui ada rumah yang bobrok, penuh sesak dan bergerombol. Ditingkat keluarga, masa kanak-kanak cenderung singkat, cepat dewasa, cepat menikah. Pada individu mereka ada perasaan tidak berharga, tidak berdaya dan rendah diri akut.
Pandangan lain perihal budaya miskin merupakan imbas domino dari belenggu kemiskinan struktural yang menghinggap masyarakat terlalu lama. Keadaan menyerupai itu membuat masyarakat apatis, pasrah, berpandangan bila sesuatu yang terjadi yaitu takdir. Dalam konteks keagamaan disebut dengan paham jabariah. Contoh kemiskinan ini ada pada masyarakat pedesaan, komunitas kepercayaan atau agama, dan kalangan marginal lainnya.

Show comments
Hide comments

0 Response to "Jenis Kemiskinan Dan Penyebabnya"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close