Pengertian Umum Pasar Persaingan Tidak Tepat Serta Ciri-Cirinya
Thursday, June 27, 2019
Add Comment
Pasar atau market merupakan sebuah daerah bertemunya pembeli dengan penjual guna melaksanakan transaksi ekonomi yaitu untuk menjual atau membeli suatu barang dan jasa atau sumber daya ekonomi dan banyak sekali faktor produksi yang lainnya.
Pengertian persaingan yaitu proses sosial yang melibatkan individu atau kelompok yang saling berlomba dan berbuat sesuatu untuk mencapai kemenangan tertentu.
Secara umum pasar persaingan tidak tepat merupakan pasar di mana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga. Pasar persaingan tidak tepat yaitu suatu bentuk pasar yang tidak terorganisisr secara tepat atau sanggup juga disebut sebagai bentuk pasar yang kehilangan satu atau lebih ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar persaingan sempurna. Karena dalam pasar persaingan tidak tepat tugas dari pembeli dan penjual hilang mereka tidak mempunyai keleluasaan untuk menetapkan atau memilih harga suatu produk. Pasar persaingan tidak tepat mempunyai beberapa ciri, antara lain :
- Jumlah penjual yang ada sangatlah terbatas.
- Jumlah pembeli di dalamnya banyak.
- Sulit untuk masuk ke dalam pasar alasannya yaitu banyak kendala dan gangguan di dalamnya.
- Produk yang beredar di pasar atau yang diperjualbelikan bersifat homogen atau satu jenis saja serta tidak adanya produk pengganti atau substitusi.
- Pihak yang berkuasa bebeas dan leluasa memainkan harga dan pihak lain hanya sanggup menuruti dan mengikuti ketetapan yang ada.
Dalam pasar persaingan tidak tepat terdapat lima bentuk pasar, yaitu pasar monopoli, pasar monopolistik, pasar oligopoli, pasar monopsoni dan pasar oligopsoni. Selanjutnya kita akan membahas satu per satu bentuk pasar tersebut.
Adanya banyak sekali pihak yang menguasai pasar atau harga melahirkan keberagaman bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna. Secara umum, jenis-jenis atau bentuk-bentuk pasar persaingan tidak tepat antara lain dibahas berikut ini. .
- Pasar Monopoli : Monopoli berasal dari kata mono yang berarti satu dan poli yang berarti penjual. Pasar monopoli yaitu suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dan tidak ada barang pengganti.
- Pasar Oligopoli : Pasar oligopoli yaitu suatu pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Contohnya produk watu baterai, pasta gigi, sabun mandi, air minum mineral, sepeda motor, accu, ban mobil/sepeda motor.
- Pasar Monopolistis : Pasar monopolistis yaitu suatu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang dengan jenis yang berbeda.
- Pasar Oligopsoni : Oligopsoni yaitu suatu kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli. Masing-masing pembeli mempunyai tugas cukup besar untuk menghipnotis harga barang yang dibelinya.
Ciri-ciri persaingan tidak tepat antara lain sebagai berikut.
- Hanya ada satu orang penjual
- Terdapat banyak pembeli
- Produk untuk pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti(substitusi) yang dekat
- Adanya kendala untuk masuk ke dalam pasar
- Barang yang diperdagangkan homogen
- Penjual sanggup memainkan harga sedangkan pembeli hanya berdasarkan saja.
0 Response to "Pengertian Umum Pasar Persaingan Tidak Tepat Serta Ciri-Cirinya"
Post a Comment
Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)
NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".
Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda