Pengertian Umum Norma Kesopanan, Ciri-Ciri Serta Contoh-Contohnya - Tempat Blogging

Pengertian Umum Norma Kesopanan, Ciri-Ciri Serta Contoh-Contohnya

Secara Umum, Norma yaitu ketentuan yang mengatur tingkah laris insan dalam masyarakat. Ketentuan tersebut mengikat bagi setiap insan yang hidup dalam lingkungan berlakunya norma tersebut, dalam arti setiap orang yang hidup dalam lingkungan berlakunya norma tersebut harus menaatinya. Di balik ketentuan tersebut ada nilai yang menjadi landasan bertingkah laris bagi manusia. Oleh alasannya yaitu itu, norma merupakan unsur luar dari suatu ketentuan yang mengatur tingkah laris insan dalam masyarakat, sedangkan nilai merupakan unsur dalamnya atau unsur kejiwaan di balik ketentuan yang mengatur tingkah laris tersebut. Pada umumnya norma hanya berlaku dalam suatu lingkungan masyarakat tertentu  atau dalam suatu lingkungan etnis tertentu atau dalam suatu wilayah negara tertentu. Namun demikian ada pula norma yang bersifat universal, yang berlaku di semua wilayah dan semua umat manusia, menyerupai contohnya larangan mencuri, membunuh, menganiaya, memperkosa, dan lain-lain.
Secara Umum, Pengertian Kesopanan yaitu peraturan sosial yang mengarah ke hal-hal berkenaan dengan cara seseorang bertingkah laris masuk akal dalam kehidupan bermasyarakat. atau norma kesopanan juga sanggup berarti norma yang timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri dalam mengatur pergaulan sehingga setiap anggota masyarakat saling hormat menghormati. Akibat pelanggaran norma kesopanan yaitu mendapatkan celaan, kritik dan pengucilan. 
Hakikat norma kesopanan yaitu kepantasan, kepatutan, atau kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Norma kesopanan disebut dengan sopan santun, tata krma atau budbahasa istiadat. Norma kesopanan hanya berlaku khusus dan ditempat tertentu yang berlaku bagi golongan masyarakat tertentu.
Norma kesopanan merupakan anutan mengatur tingkah laris insan terhadap insan yang ada di sekitarnya. Dalam masyarakat tertentu, kesopanan ditetapkan sebagai peraturan yang mengatur apa yang dihentikan dilakukan dan apa yang boleh dilakukan oleh seseorang anggota masyarakat.
Norma kesopanan bersifat relatif artinya apa yang dianggap sebagai norma kesopanan berbeda-beda di aneka macam tempat, lingkungan, atau waktu. Akibat dari pelanggaran norma ini yaitu dicela sesamanya, hukuman tidak tegas, tetapi sanggup diberikan oleh masyarakat berupa cemoohan dan dikucilkan dalam pergaulan masyarakat. Sumber norma kesopanan yaitu dogma masyarakat yang bersangkutan.


Ciri-Ciri Norma Kesopanan 
  • Bersumber dari pergaulan 
  • Bersifat lokal atau kedaerahan 
  • Sanksi berupa hinaan dari masyarakat
Contoh-Contoh Norma Kesopanan
Norma kesopanan terdiri dari beberapa contoh-contoh dalam kehidupan masyarakat antara lain sebagai berikut... 
  • Tidak meludah di sembarang tempat, memberi, atau mendapatkan makanan dengan tangan kanan 
  • Tidak berbicara ketika makan 
  • Menghormati orang yang lebih tua 
  • Memakai kata-kata yang sopan dan bertingkah laris yang baik 
  • Memakai pakaian yang sopan dan sesuai dengan tempatnya
  • Membuang sampah pada tempatnya
Demikianlah artikel sederhana mengenai pengertian Norma Kesopanan, Ciri-Ciri dan Contoh-Contohnya. Semoga sanggup bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. 
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Umum Norma Kesopanan, Ciri-Ciri Serta Contoh-Contohnya"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close