Pengertian Animisme Dan Dinamisme Secara Umum Adalah - Tempat Blogging

Pengertian Animisme Dan Dinamisme Secara Umum Adalah

Pengertian Animisme Secara umum dan Pengertian Animisme berdasarkan definisi para hebat menyampaikan bahwa Pengertian Animisme ialah iman bahwa roh (jiwa) itu tidak hanya berada pada makhluk hidup, tetapi juga pada benda-benda tertentu. Roh-roh itu sanggup berbuat baik, tetapi juga sanggup berbuat jahat. Manusia perlu memujanya sambil memberi sesajen biar roh itu tidak berbuat jahat. Apabila insan mari maka rohnya meninggalkan tubuh untuk selama-lamanya. Roh yang meinggalkan tubuh insan untuk selamanya itu disebut arwah. Menurut kepercayaan, arwah tersebut hidup terus di negeri arwah serupa dengan hidup manusia. 
Animisme berasal dari bahasa latin yaitu anima yang berarti Roh, iman animisme ialah suatu iman bahwa segala sesuatu yang ada dibumi baik itu hidup ataupun mati mempunyai roh. Kepercayaan animisme mempercayai bahwa setiap benda di Bumi ini (seperti daerah tertentu, gunung, laut, sungai, gua, pohon dan kerikil besar) mempunyai jiwa yang harus dihormati biar tidak mengganggu manusia, Tetapi malah membantu kehidupan mereka.
Menghormati dengan cara melaksanakan pemujaan dan memperlihatkan sesaji biasa di lakukan oleh penganut animisme. Bagian dari iman ini ialah adanya roh-roh orang yang telah meninggal, iman ini mempercayai kalau roh orang yang telah meninggal sanggup masuk ke tubuh hewan.
Mereka dianggap pula  dapat berdiam di dalam kubur sehingga mereka ditakuti. Oleh masyarakat ketika itu, arwah orang-orang terkemuka ibarat kepala suku dan nenek moyang dianggap suci. Oleh alasannya itu, orang-orang terkemuka itu dihormati. Dengan demikian, timbullah iman yang memuja arwah dari nenek moyang yang disebut animisme. Karena arwah itu tinggal di dunia arwah (kahyangan) yang letaknya di atas gunung maka tempat pemujaan arwah pada zaman Megalithikum juga dibangun di atas gunung atau bukit. Budaya ini terus berlanjut sampai masa Hindu-Buddha  dan Islam.


Pengertian Dinamisme
Dinamisme berasal dari bahasa yunani dunamos yang mempunyai arti kekuatan atau daya, Kepercayaan dinamisme ialah iman yang menyakini bahwa semua benda-benda yang ada di dunia ini baik hidup atau mati mempunyai daya dan kekuatan ghaib. Benda-benda tersebut dipercaya sanggup memberi efek baik dan efek jelek bagi manusia.

Benda-benda yang dianggap mempunyai kekuatan misalnya : Benda pusaka, tombak, keris, gamelan dan lambang kerajaan.

Animisme dan Dinamisme merupakan iman yang sudah ada semenjak zaman insan purba Dan mempunyai akar budaya yang berpengaruh di indonesia, sampai ketika ini masih ada masyarakat yang mempercayai iman ini. Semoga pembahasan wacana pengertian animisme dan dinamisme ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Sekian artikel singkat tentang Pengertian Animisme secara umum, semoga bermanfaat dan terima kasih.


Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Animisme Dan Dinamisme Secara Umum Adalah"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close