6 Alasan Kenapa Root Android Itu Menyenangkan - Tempat Blogging

6 Alasan Kenapa Root Android Itu Menyenangkan

 Android ialah sistem operasi milik Google yang lisensinya  6 Alasan Kenapa Root Android Itu Menyenangkan

Android ialah sistem operasi milik Google yang lisensinya Open Source, artinya kau bebas mengutak-atik ponsel androidmu dengan bebas. Tapi hal tersebut tidak serta-merta bisa eksklusif dilakukan. Kamu terlebih dulu harus mempunyai hak kanal admin (super user) yang disebut dengan root. Android yang sudah berstatus root barulah bisa kau oprek.

Kelebihan Root Android

Saat kau membeli sebuah smartphone dengan merek apa saja, kebanyakan para vendor (walau ada sebagian) mengunci bootloader untuk membatasi kanal pengguna semoga tidak terjadi kesalahan sistem. Padahal, dengan mempunyai kanal root, kita bisa melaksanakan banyak hal seru dan memaksimalkan performa dari android yang kamu miliki. Berikut 6 alasan yang mungkin bisa memotivasi kau untuk melaksanakan root.

1. Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware)

Terkadang kita sebagai pengguna merasa banyak aplikasi yang 'kurang berguna' yang diinstal secara default (bawaan vendor). Yang lebih menyebalkan, aplikasi tersebut tidak bisa dihapus. Hal tersebut dikarenakan kau tidak mempunyai kanal untuk menghapus aplikasi yang bersangkutan. Dengan melaksanakan root, kau bisa menghapusnya untuk menghemat ruang penyimpanan, memperkecil penggunaan RAM dan menghemat penggunaan baterai.

2. Backup and Restore

Sebenarnya tanpa kanal root android pun kau sudah bisa melaksanakan backup data. Tapi dengan root, kau akan mempunyai lebih banyak opsi dalam hal mencadangkan data. Salah satu aplikasi favorit yang paling banyak dipakai ialah Titanium Backup yang memungkinkan kau melaksanakan backup aplikasi beserta data di dalamnya.

3. Instal Aplikasi di Memori Eksternal

Secara default aplikasi yang diinstal akan dimasukkan ke memori internal. Padahal untuk beberapa alasan (misal storage penuh) orang ingin memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Sayangnya tidak semua dari aplikasi tersebut bisa kau pindahkan. Solusinya, kau bisa instal App2SD atau Link2SD dari Google Play.

4. Custom ROM

 Android ialah sistem operasi milik Google yang lisensinya  6 Alasan Kenapa Root Android Itu Menyenangkan

Merasa bosan dengan tampilan yang itu-itu saja? Custom ROM bisa jadi pilihan sempurna untukmu. Selain merubah tampilan, kau akan menerima banyak fitur unik yang tidak kau dapatkan dari ROM bawaan. Ada juga ROM yang didesain untuk menunjang performa (ringan) jadi sangat cocok untuk ponsel dengan spesifikasi rendah. Banyak model ROM custom terkenal yang bisa kau coba, seperti: CyanogenMod, Paranoid Android dan MIUI.

5. Melacak Ponsel yang Sudah di-reset

Meskipun dibawa kemana-mana, tidak bisa dipungkiri kemungkinan ponsel hilang tetap ada entah apa alasannya. Carberus ialah aplikasi pelacak yang bisa masuk ke dalam sistem Android. Dia tidak akan hilang meskipun ponsel telah di-reset. Aplikasi ini sangat berkhasiat bila ponselmu hilang lantaran dicuri, alasannya HP niscaya akan direset untuk menghilangkan jejak.

6. Instal Aplikasi yang Membutuhkan Akses Root

Ada banyak sekali aplikasi berkhasiat yang hany bisa diakses dengan android yang sudah di-root. Sebut saja Greenify (menghibernasi aplikasi), RAM Manager (manajemen penggunaan RAM), Freedom (hack in-app purchase), Lucky Patcher (membuat aplikasi gratis jadi full version), Root Explorer (menjelajah file sistem) dan masih banyak lainnya.

Kekurangan Root Android

Dengan semua kelebihan yang ada, pastilah tetap ada kekurangan yang mendampingi. Perlu dingat, ada 2 hal yang harus kau perhatikan sebelum melaksanakan rooting. Antara lain:

1. Garansi Hilang

Seperti yang penulis tuliskan di atas, salah satu alasan vendor tidak eksklusif menawarkan kanal root ialah untuk menghindari kesalahan sistem akhir penggunaan yang salah (human error). Untuk itulah vendor mengunci bootloader untuk meminimalisir terjadinya kerusakan atau sekedar error. Jadi garansi resmi dianggap hilang bila android sudah pernah di-root.

2. Keamanan Berkurang

 Android ialah sistem operasi milik Google yang lisensinya  6 Alasan Kenapa Root Android Itu Menyenangkan

Karena kanal terhadap sistem telah dibuka, berarti celah keamanan sistem juga semakin rentan. Makara virus atau malware berbahaya akan lebih gampang menyerang sistem. Namun ini tidaklah mutak, semua tergantung dan kembali lagi kepada kau sebagai pengguna.

Makara pikirkan baik-baik, ya!
Sumber https://www.teknosee.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "6 Alasan Kenapa Root Android Itu Menyenangkan"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close