8 Cara Merawat Komputer Semoga Performa Tetap Optimal - Tempat Blogging

8 Cara Merawat Komputer Semoga Performa Tetap Optimal

 Komputer ialah perangkat serbaguna yang sanggup digunakan untuk banyak sekali keperluan 8 Cara Merawat Komputer Agar Performa Tetap Optimal

Komputer ialah perangkat serbaguna yang sanggup digunakan untuk banyak sekali keperluan. Browsing, nonton film, main game hingga mengerjakan kiprah pun sanggup dilakukan perangkat yang satu ini. Tentu sedikit banyak kalian juga terbantu kan?

Baca juga: Pilih Mana? PC Built Up Atau PC Rakitan?

Mengingat kemajuan teknologi yang pesat menyerupai kini komputer sudah sanggup dibilang sebagai prioritas bagi sebagian besar orang. Dengan begitu penggunaannya juga semakin banyak yang terperinci menciptakan komputer bekerja ekstra daripada biasanya. Untuk itu diharapkan perawatan rutin supaya komputer selalu dalam keadaan prima dan tetap terjaga performanya.

Pentingnya Merawat Komputer

Sebagian orang hanya menganggap ini hal sepele yang tidak perlu dilakukan. Tapi berdasarkan saya, merawat komputer itu mutlak dilakukan. Kenapa? Ya untuk menjaga performanya menyerupai yang sudah saya jelaskan di atas. Nah, berikut 5 tips merawat komputer yang sanggup kau lakukan:

1. Defrag Harddisk

Defrag harddisk berfungsi untuk menata ulang file-file yang ada di dalam sebuah komputer. Perlu diketahui, setiap kau melaksanakan instal/hapus aplikasi, copy/paste serta memindahkan folder dari satu partisi ke partisi lain akan menciptakan file yang sudah tertata pada tempatnya jadi berpindah.

Baja juga: Cara Aman Eject Hard Disk Eksternal

Ibarat sebuah perustakaan yang menggolongkan buku dalam kategori-kategori supaya gampang ditemukan. Jika buku ditempatkan tidak sesuai dengan kategorinya tentu akan susah mencarinya bukan? Nah, defrag harddisk sanggup diartikan untuk mengembalikan buku-buku tersebut pada kategori masing-masing. Makara proses pencarian data akan lebih cepat.

2. Uninstall Aplikasi


Aplikasi apa yang perlu di-uninstall? Cukup uninstall aplikasi yang sekiranya tidak kau perlukan alasannya yaitu selain jarang digunakan dan tidak "terlalu berguna", terlalu banyak aplikasi hanya akan menciptakan sesak ruang penyimpanan komputermu. Seumpama kau punya 2 browser katakanlah Google Chrome dan Mozilla Firefox. Kamu sanggup uninstall browser yang tidak kau pakai. Cukup gunakan aplikasi yang kau butuhkan saja.

3. Bersihkan System Unit

System unit atau yang lebih bersahabat dengan CPU merupakan bab terpenting dalam sebuah komputer. Di dalamnya terdapat banyak sekali pheriperal (processor, ram, harddisk) yang menciptakan komputermu sanggup bekerja. Setelah penggunaan dalam jangka waktu usang menciptakan system unit dipenuhi dengan debu. Bongkar dan bersihkan jeroannya dari bubuk terutama bab kipas. Lakukan peembersihan ini secara terencana sekitar 6 bulan - 1 tahun sekali (tergantung penggunaan).

Baca juga: Kapasitas RAM Komputer Tidak Sama? Baguskah?

4. Instal Antivirus

Ini yang kebanyakan orang sering lupa bahkan menganggapnya "tidak penting". Antivirus berdasarkan saya merupakan aplikasi yang wajib ada di setiap komputer. Seperti namanya, antivirus dibentuk untuk menangkal virus dan kegiatan jahat yang sanggup membahayakan komputer dan file di dalamnya. Gunakan 1 antivirus utama (avg, avast, avira dll) dan 1 antivirus sampingan menyerupai Smadav untuk perlindungan tambahan.

5. Buat Ground

Pernah merasa kesetrum dikala memegang casing komputer? jikalau iya, kau perlu menciptakan Ground. Ground atau Grounding yaitu cara yang dilakukan untuk menetralisir ajaran arus listrik pada system unit. Gunakan kabel tembaga dan lilitkan dengan baut pada casing dan tancapkan kabel tersebut ke dalam tanah atau tembok.

6. Perhatikan Suhu Ruangan

Akan lebih baik jikalau kalian meletakkan komputer di daerah yang suhunya stabil dan tidak terlalu panas. Usahakan daerah tersebut cuek dan terdapat ventilasi udara yang bagus. Memang poin ini tidak seberapa penting, namun akan tetap sanggup memaksimalkan kinerja komputer yang kau miliki.

7. Matikan Komputer dengan Benar

Jangan pernah sekali-sekali kau mematikan komputer dengan cara menekan tombol power. Hal tersebut memang lebih cepat, namun terperinci mempunyai efek buruk, misal hard disk bad sector. Akan lebih baik jikalau kau mematikan komputer memakai fitur 'shutdown'. Dengan melaksanakan shutdown, sistem akan menghentikan semua proses yang sedang berjalan gres kemudian komputer mati.

8. Hapus Cache dan File Sampah

Cache sendiri yaitu daerah menyimpan data sementara, jadi dikala data tersebut dibutuhkan kembali, proses pemanggilannya akan lebih cepat. Cache biasa ada di browser. Makara semakin usang kau browsing dan membuka halaman website, cache akan semakin menumpuk. Ini bekerjsama bukan suatu masalah, hanya saja tetap perlu dibersihkan secara berkala.

Kamu sanggup memakai aplikasi pihak ke-3 untuk lebih mudahnya, gunakan CCleaner. Aplikasi buatan Piriform tersebut terbukti ampuh membersihkan cache dari banyak broswer sekaligus. Selain cache, aplikasi ini juga punya fitur 'registry fix' untuk menghapus registry yang sudah tidak digunakan. Bermanfaat sekali bukan?

Selanjutnya yaitu file sampah, ini sanggup juga disebut aplikasi atau file yang sudah tidak kau butuhkan. Makara daripada memenuhi ruang penyimpanan, mening dihapus saja. Percayalah, ruang penyimpanan yang lega juga kuat pada performa komputer.

Itulah 8 cara merawat komputer yang baik dan benar. Jika ada yang kurang, boleh share pendapat kalian di kolom komentar. Terimakasih.

Sumber https://www.teknosee.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "8 Cara Merawat Komputer Semoga Performa Tetap Optimal"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close