Sebenarnya Apa Itu Android ? - Tempat Blogging

Sebenarnya Apa Itu Android ?

Oke  di artikel kali ini   kayanya aku bakal membahas sesuatu yang sifatnya sangat-sangat mendasar ,atau basic skill terlebih dahulu karna meskipun sepele tapi ini wajib atau penting di ketahui , khususnya untuk kalian yang ingin menjadi developer android. Dan sebelum kalian berguru lagi ihwal membuat, dan menyebarkan aplikasi android di android studio.

Karna intinya untuk menguasai suatu bidang ,baik itu bidang programmer,bidang desain,atau pun bidang lainya yang kalian tekuni dan pelajari. Pastinya mempunyai sebuah tingkatan level.


 kayanya aku bakal membahas sesuatu yang sifatnya sangat Sebenarnya Apa itu Android ?


Seperti layaknya kita main sebuah game niscaya ada tingkatan kesulitan seperti:


  • Easy > Medium > Hard 

Dan juga :


  • Beginner / Pemula / Newbie > Advanced > Expert /Master /Professional


Kurang lebih sih menyerupai itu.  Jadi untuk menjadi seorang developer android yang Expert. Kita harus memahami atau mengerti dulu hal-hal yang sifatnya mendasar (mendasar) dan mudah(Easy) dipelajari untuk para Beginner ,Pemula atau Newbie. Sebelum lanjut ke tingkatan selanjutnya.


Kalian dapat ke page  ini untuk melihat daftar resource untuk para Developer Android

Pastikan kalian berguru yang gampang dulu :




Oke kembali ke topik pembahasan kita.


Sebenarnya Apa sih  yang dimaksud Android?

Oke disini kita gak ngomongin ihwal Android yang ada di anime dragonball, Disini kita ngomongin sebuah OS atau Sistem Operasi. Ya kalian yang sekolah atau kuliah ihwal komputer niscaya tau kan Sistem Operasi ?. Ya sama halnya menyerupai Sistem Operasi yang ada di PC kalian. Bedanya Sistem Operasi ini untuk sebuah perangkat mobile.

Loh bukanya sebelumnya sudah ada Sistem Operasi untuk mobile ?

Yups, kalian mungkin sudah tahu bahwa Android bukanlah sebuah pionir sistem operasi di perangkat mobile.karna sebelumnya sudah ada yang lebih dahulu populer menyerupai : Nokia , iPhone ,dan juga Blackberry ,Samsung (featured phone).Android merupakan ciptaan nya dari om Andy Rubin yang sifatnya Open Source, karna sifatnya Open Source semua vendor merek  ternama bekerja sama dengan Google , untuk menyematkan Android  ke dalam merek perangkat mobile mereka. Seperti Samsung,lenovo,ASUS,HTC, Xiaomi dan lain-lain. Android versi yang pada awalnya berjulukan Alpha 1.0 hingga kini yang berjulukan  Marshmallow 6.0 ,untuk lebih lengkap ihwal sejarahnya kalian dapat cari di Google.


Baca juga :




Terus siapa saja yang menggunakan atau menggunakan Android ? 

Seiring dengan jumlahnya perangkat yang terinstall ,terus meningkat tiap-tahunya. Mungkin aku dapat klasifikasikan 3 Ciri Khas Pengguna Android :


  • User Biasa : Nah ini ialah ciri khas pengguna yang mungkin hanya menggunakan perangkat Android ,untuk keperluan alat komunikasi ,menggunakan aplikasi, internet ,main game dan lain-lain.
  • Pengoprek : Nah ini ialah ciri khas pengguna yang selain sifatnya sama menyerupai User biasa , beliau juga doyan ngoprek perangkat Android. Ngoprek disini jadi suka ngotak-ngatik ihwal rooting,custom rom ,antar muka (user interface) perangkat android, dan lain-lain.
  • Developer :  Nah ini ialah cri khas pengguna yang selain sifatnya juga sama menyerupai User biasa, atau beliau juga pengoprek, yang menggunakan perangkat Android untuk keperluan menciptakan dan menyebarkan aplikasi android.

Namun dengan semakin mudahnya menciptakan Aplikasi Android ,mungkin User biasa juga dapat mempunyai sifat developer.

Nah terus Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Android ?

Ini mungkin sudah menjadi kalimat sejuta umat ,bagi para pemula yang menanyakan di grup facebook yang ingin berguru ihwal menciptakan aplikasi android.

Oke sebelum kalian mulai ingin menciptakan Aplikasi Android ?

Ada beberapa pertanyaan yang mungkin kalian harus ketahui.


Kalian ingin menciptakan Aplikasi Android dengan bahasa pemrogramman atau tanpa pemrogramman ?

  • Jika tanpa pemrogramman 

Banyak kini tool dan situs web yang menyediakan layanan untuk menciptakan Aplikasi Android secara instant sebut saja menyerupai : appmkr,appgreyser dll.


  • Dengan bahasa pemrogramman

Bagi kalian anak sekolah ataupun mahasiswa  pastikan kalian menentukan bahasa pemrogramman yang kalian kuasai. Pastinya untuk kebijaksanaan dasarnya kalian dapat mempelajari bahasa C++.

Jika kalian ingin menciptakan Aplikasi atau Game Android di :

Android Studio = Bahasa Java
Adobe Flash  = Action Script 3.0
Unity    =  C# dan Javascript.
Libgdx,phonegap = HTML5

Kaprikornus kalau kalian ingin menciptakan Aplikasi Android dengan bahasa pemorgramman ,pastikan kalian sudah memahami kebijaksanaan dasar dari bahasa pemrogramman diatas.

Siapa sasaran pengguna Aplikasi kalian ?

Untuk menciptakan Aplikasi Android , pastinya kalian harus menentukan sasaran pengguna kalian . Seperti :

  • Apakah sasaran Aplikasi kalian untuk pengguna lokal atau global ?
  • Apakah sasaran Aplikasi kalian untuk perangkat OS versi 4.0.3 ke atas atau sebelumnya ?
  • Apakah terget Aplikasi kalian untuk belum dewasa ,remaja,orang remaja atau semua orang ?







Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Sebenarnya Apa Itu Android ?"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close