Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Aktivitas Java - Tempat Blogging

Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Aktivitas Java

Oke artikel perihal berguru java kali ini ,saya buat khusus untuk kalian yang ingin membuat dan membuatkan Aplikasi Android. Namun masih terkendala dalam logika pemrograman Java. Karena Android dikembangkan dengan memakai bahasa pemrograman Java, pada dasarnya kita harus mengenali dan memahami dulu ,syntax(tata bahasa) dalam pemrograman Java.

Belajar syntax bahasa java sama halnya ,saat kita ingin berguru grammar di bahasa inggris untuk berbicara. Seperti ketika kita ingin ke luar negeri  ,minimal kita harus punya kemampuan bahasa inggris yang cukup ,untuk memahami budaya dan orang-orang sekitar. Pada artikel belajar java kali ini ,kita akan berguru memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java. Berikut mari kita simak lebih lanjut :



 Oke artikel perihal berguru java kali ini  Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java




Baca sebelumnya :  Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman di Komputer


A). Sekilas perihal Java


Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level) , artinya bahasa ini gampang dipahami oleh insan pada umumnya , lantaran memakai bahasa sehari-hari manusia. Java dulu dibentuk oleh perusahaan Sun Microsystems  , oleh James Ghosling ,Patrick Naughton, dan Mike Sheridan  pada tahun 1991, dan memerlukan kurang lebih 18 bulan ,untuk membuatkan versi pertama dari Java yang dulu berjulukan Oak, yang dimana kini Java diakuisisi oleh perusahaan Oracle.

Sejarah Versi Java :


  1. JDK Alpha and Beta (1995)
  2. JDK 1.0 (23rd Jan, 1996)
  3. JDK 1.1 (19th Feb, 1997)
  4. J2SE 1.2 (8th Dec, 1998)
  5. J2SE 1.3 (8th May, 2000)
  6. J2SE 1.4 (6th Feb, 2002)
  7. J2SE 5.0 (30th Sep, 2004)
  8. Java SE 6 (11th Dec, 2006)
  9. Java SE 7 (28th July, 2011)
  10. Java SE 8 (18th March, 2014)

 Oke artikel perihal berguru java kali ini  Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java
James Ghosling (Java)

Bahasa java ibarat dengan bahasa C++ ,  namun dikembangkan biar gampang dipahami dan dipakai. Java memakai konsep OOP (Object Oriented Programming) ,artinya semua inti jadwal dari Java yaitu mengacu ke sebuah Obyek. Java termasuk platform independent , yang artinya kalian bisa menjalankan dengan banyak sekali Macam OS(Sistem Operasi ) dan arsitektur komputer. Seperti pada perangkat Android dari Google ,dan Beberapa Aplikasi Desktop ,seperti jadwal AntiVirus , jadwal media player, Aplikasi Enterprise dll.

Java digunakan untuk :

1. Pengembangan Aplikasi Desktop (Komputer)

2. Web Aplikasi

3. Aplikasi Perusahaan

4. Aplikasi Mobile (Android)

5. System Tertanam

6. Robot ,Game dan sebagainya.






B). Keunggulan atau Kelebihan Java

  • Mudah dipelajari

Java mempunyai salah satu keunggulan , yaitu gampang dipelajari oleh semua orang , lantaran syntax (tata bahasa ) yang ibarat dengan bahasa manusia. Dengan banyaknya artikel atau tutorial yang membahas bahasa pemrograman Java di  Internet. Semakin memudahkan kita untuk pemula , untuk mempelajari semua hal yang ada di bahasa pemrograman Java.

  • Merupakan bahasa OOP

Salah satu alasan ,yang menciptakan Java begitu terkenal lantaran mempunyai konsep bahasa (OOP) Object Oriented Programming. Oleh lantaran itu , untuk mengembangkanya jauh lebih gampang , serta menjaga system tetap modular, flexible and extensible.

  • Banyaknya API
Java mempunyai banyaknya  API (Application programming interface ) , yang siap dikembangkan untuk keperluan para programer Java.

  •  Robust
Java juga mempunyai kemampuan ,untuk menangani kesalahan pada coding ,khususnya pada erorr checking atau erorr runtime. Seperti pada Exception Handling. Java juga mempunyai fitur memori managemen yang handal, ibarat Garbage Collector.

  • Multi-threaded
Selain itu juga , kemampuan untuk menangani banyak respon ,dalam waktu yang bersamaan ,merupakan salah satu keunggulan yang di miliki bahasa pemrograman Java.

  • Platform Independent
Bahasa pemrograman Java juga sanggup dikembangkan , dan bekerja di banyak sekali macam platform ,seperti Desktop ,Web ,dan Mobile Application.


Baca juga sebelumnya : Belajar Mengenal Perbedaan JDK ,JRE dan JVM pada Program Java

C).  Konsep OOP :


Berikut beberapa Konsep  OOP (Object Oriented Programming) , yang dimiliki Java:

  • Class merupakan sebuah kerangka/model (blueprint) atau bentuk awal (prototype), yang berfungsi untuk kawasan menaruh,  dan mendeksripsikan variabel, method (perilaku ) dari sebuah obyek. Penamaan nama class diprogram ,harus sama dengan nama di struktur file  extention .java. jadi jangan salah. Contoh yang bisa kita ambil dari kehidupan aktual dari Class adalah: class hewan ,class kendaraan beroda empat ,class buah dll.
  • Object merupakan sebuah representasi dan instance dari Class. Object yaitu sebuah inti dan wujud real dari sebuah Class. Object di definisikan sebagai state ,dan behaviour dari Class. Contoh yang bisa kita ambil , dari kehidupan aktual dari object, dari class hewan ,kita bisa mengambil obyek , yaitu ,kucing,ayam,anjing dll.

  • Atribute merupakan sebuah unsur data yang ada di class, Atribut biasanya terdiri dari sebuah data,variabel,propertie dan field.  Atribut bisa juga disebut state dari objek tersebut. Misal Manusia Mempunyai atribut atau state : Nama ,Tinggi,Berat,Umur dan Jenis Kelamin.
  •  Method merupakan sebuah sikap (behavior) dari sebuah class. Method bisa disebut juga sikap dari objek tersebut : Misal Manusia mempunyai method : Berjalan ,Berlari ,Loncat,Berbicara ,dan Tidur.

 Oke artikel perihal berguru java kali ini  Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java
Contoh Class Objek Atribut dan Behaviour atau Method 


  • Method terbagi menjadi dua jenis ,method void dan methon non void. Method void artinya method yang tidak mengembalikan nilai. Method non void sebaliknya method yang mengembalikan nilai. Contoh method void ibarat : public static void main(String[] args). Selengkapnya perihal Method.


 
 Jadi maksud dari Java berorientasi pada objek itu , semua status dan method mengacu pada obyek ,yang dimana itu yaitu wujud real atau aktual dari sebuah Class ,yang ada pada bahasa pemrograman Java.


 Oke artikel perihal berguru java kali ini  Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java
Atribute dan Behavior
  • Encapsulation (Enkapsulasi) adalah suatu prosedur membungkus suatu data (variabel) , biar tidak sanggup di jalan masuk oleh class lain, dengan memakai modifier private atau protected (untuk Class Turunan).Di dalam konsep ini beberapa variabel akan disembunyikan oleh class lain ,dan hanya bisa di jalan masuk di main class ,dengan memakai method modifier public.
  • Inheritance (Pewarisan) adalah suatu proses dimana , suatu class yang bisa disebut super class ,dapat mewarisi sifat  atau ciri-ciri,  seperti atribut dan method, ke dalam class turunanya yaitu sub class. Super class akan mewarisi nilai dari atribut atau behavior ke Class turunananya.
  • Polymorphism (Banyak bentuk )adalah suatu kemampuan yang dimiliki sebuah method ,yang mempunyai nama sama ,namun dengan sikap yang berbeda-beda. Kemampuan objek biar melaksanakan sikap atau tindakan  yang secara konsep sama namun dengan cara yang berbeda-beda.
  • Abstraksi (Pemisahan) yaitu proses menyembunyikan detail implementasi , dan hanya menampilkan  fungsionalitas kepada pengguna. Kaprikornus user atau pengguna tidak tahu-menahu proses pembuatanya , hanya secara fungsional kita sanggup menggunakanya. Sebagai pola kasus , ketika kita mengetik text ,lalu mengirim SMS. Kalian  tidak tahu detail , proses pengiriminya, yang kita tahu SMS ,tiba-tiba sudah terkirim atau tidak.


D). Modifier 

Modifier merupakan sebuah ijin hak jalan masuk untuk penggunaan suatu atribut atau method, pada suatu Package dan Class. Terdapat empat 4 jenis Modifier yaitu public ,private,protected ,no modifier. Contohnya nya kalian bisa melihat gambar berikut:

 Oke artikel perihal berguru java kali ini  Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java
Modifier Akses Java
  • Public dapat di jalan masuk dari class yang sama,package yang sama ,subclass ,dan package lain.
  • Protected dapat diakses dari class yang sama ,package yang sama ,subclass, tapi tidak sanggup diakses dari package lain.
  • Private hanya sanggup di jalan masuk oleh class yang sama.
  • No Modifiers sanggup diakses dari class dan package yang sama.

Baca  selengkapnya : Belajar Mengenal Modifier Public,Protected, dan Private pada Java

E). Mulai Coding

Sebelum kita memulai coding di bahasa pemrograman Java  , kalian harus mengenal terlebih dahulu 3 langkah dasar, untuk menciptakan jadwal java sederhana. 3 langkah dasar itu terdiri dari :

  • Create : Pada tahap pertama kita menulis baris code java ,dengan memakai text editor,lalu simpan dengan nama file, ibarat ContohProgram.java
  • Compile : Pada tahap kedua , sebuah compiler akan mengenali dan menerjemahkan bahasa Java ke bahasa yang dimengerti oleh komputer , yang akan menghasilkan file.class. 
  • Excecute :  Pada tahap ketiga , setiap kali kita mengcompile bahasa java ,kita juga sanggup mengeksekusinya. Disini komputer akan mengikuti , apa yang kalian instruksikan atau perintahkan ,lalu menjalankan sebuah jadwal yang telah kalian buat.


Untuk latihan awal , kalian bisa baca artikel sebelumnya perihal , Cara Menjalankan Program Java lewat CMD(Command Prompt)


1. Untuk melaksanakan coding dan menciptakan jadwal , dengan bahasa pemrograman Java. Pertama-tama kita harus menginstall dan setting path Java terlebih dahulu.

2. Selanjutnya kita bisa menentukan Tool IDE yang bisa kita gunakan seperti Eclipse IDE ,Netbeans IDE ,dan  IntelliJ IDEA  (pilih salah satu). Lalu kalian install di Komputer atau Laptop kalian.


3. Disini saya lebih prefer memilih IntelliJ IDEA  , untuk coding bahasa pemrograman JavaKalian bisa menciptakan project gres , di salah satu IDE yang kalian gunakan ,setelah itu kalian bisa perhatikan pola code ,beserta penjelasanya dibawah:

Baca juga sebelumnya  :  3 Software IDE Tool Terbaik Untuk Belajar Bahasa Pemrograman Java

Contoh Struktur Code Java :

Orang.java

 Oke artikel perihal berguru java kali ini  Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java
Contoh Struktur Code Java

//klik gambar untuk zoom

Penjelasan :


  • package Data = nama package untuk mengelompokan class file java
  • public = salah satu tipe modifier ,  untuk jalan masuk ke semua class dan package
  • Orang = nama class yang memakai keyword class.
  • {}   = merupakan ruang lingkup atau jangkauan dari suatu class.
  • String = tipe data non primitif ,yang mendefinisikan nilai dari kumpulan karakter.
  • nama = variable yang berjulukan nama , yang menyimpan nilai dari tipe data String.
  • "Fathurrahman" = nilai yang di definisikan
  •   ; = tanda titik koma ,digunakan untuk mengakhiri suatu statement. Setiap simpulan baris code java , harus di akhiri dengan titik koma ,agar tidak terjadi error ketika compile.
  •  System.out.println("Nama Saya : "+nama); = salah satu statement , untuk menampilkan output text ,ditambah nilai yang diisi oleh variable nama.
  •  public void tampilNama(){} = mendefinisikan method tampilNama ,yang berisi statement untuk menampilkan output di dalamnya.


Baca juga : Belajar Mengenal Tipe Variable Bahasa Pemrograman Java



 Oke artikel perihal berguru java kali ini  Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java
Syntax cara menciptakan objek gres di suatu class

 Oke artikel perihal berguru java kali ini  Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java
Contoh Konsep dari Variable Referensi pada Objek
Keterangan :
  • Tempat Remote TV sebagai Variable Referensi
  • Remote TV sebagai Referensi
  • TV sebagai Objek

Setiap kita menciptakan objek gres , memakai operator atau keyword new. Kita mengalokasikan ke ruang memori pada objek , kemudian memakai konstruktor , untuk menginisialisasi ruang tersebut.

Lokasi atau alamat ,dari ruang ini kita tugaskan ke variable referensi. Karena itu variable tumpuan ,bisa disebut juga sebuah pointer atau penunjuk ke beberapa objek.

Seakan-akan , variable ibarat sebuah kawasan duduk untuk remote tv ,yang sanggup digunakan untuk mengendalikan sebuah objek yang gres dibuat. Kaprikornus objek tersebut mempunyai cara untuk menunjuk objek ,lalu memintanya untuk melaksanakan sesuatu atau memberi kita jalan masuk ke datanya.


Main.java

 Oke artikel perihal berguru java kali ini  Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java
Contoh Struktur Code Java

//klik gambar untuk zoom


Penjelasan :


  • package Java =  nama package untuk mengelompokan class file java
  • import Data.Orang = mengimport class yang berjulukan Orang ,dari package Data
  • public class Main{} = nama class Main ,beserta jangkauan atau ruang lingkupnya
  •  public static void main(String[] args) = method yang secara default ,untuk mengeksekusi jadwal java ,yang terdapat dalam ruang lingkup atau jangkauanya  ( dalam block code {}).
  • Orang orang = new Orang(); = menginstansiasi objek orang ,dari class Orang ,dengan keyword new , dengan constructor Orang().
  •  orang.tampilNama(); = memanggil method tampilNama , untuk menampilkan output text.
  • //Belajar java di okedroid.com = salah satu komentar di dalam baris code ,yang akan di abaikan ketika sanksi atau menjalankan jadwal Java. Kalian bisa menggunakanya untuk catatan atau dokumentasi pada setiap baris code.
4 . Jalankan Program

Output:

 Oke artikel perihal berguru java kali ini  Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java
Salah satu pola Output ,setelah jadwal di eksekusi

Alur Eksekusi Program Java:

 Oke artikel perihal berguru java kali ini  Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java
Alur Eksekusi Program Java


Baca juga :   Belajar Mengenal Perbedaan Apa itu Compiler dan Interpreter




F). Mengenal Jenis Error

Seperti halnya yang terdapat di bahasa pemrograman lain , ketika kita menjalankan sebuah jadwal ,dengan memakai bahasa Java. Tak lepas dengan terjadinya Erorr , yang di sebabkan dari banyak faktor. Terdapat 3 Jenis Error ,yang sanggup kita kenali , beberapa di antaranya :

Compile-Time Error :  Error atau kesalahan ini terjadi , ketika kita mengcompile jadwal Java. Error ini  di tujukan untuk mencegah  compiler ,melakukan penerjemahan sebelum jadwal di jalankan. Contoh nya ibarat : kesalahan nama variable ,method , tidak memakai simbol (;) untuk mengakhiri statement.


Run-Time Error : Error atau kesalahan ini terjadi , ketika kita mengeksekusi atau menjalankan sebuah jadwal , namun terdapat operasi yang tidak valid. Contohnya : ketika input data , jadwal akan menampilkan Error ,Exception 


Logical Error : Erorr atau kesalahan ini terjadi , mungkin salah satu yang sulit terdeteksi. Karena ini di sebabkan ,banyak faktor ,seperti terjadinya bug  di dalam jadwal , kesalahan algoritma , design pattern, dan lain sebagainya.


Kita juga sanggup menangani ,terjadinya error dengan memakai Exception Handling , yang di sediakan di dalam class library bahasa pemrograman Java. 

Baca juga : Belajar Mengenal Exception Handling dalam Coding Java


G).  Keterangan Lainya 

Komentar :

Kita bisa memperlihatkan komentar ,di antara baris code yang kita tulis ,  dengan tanda // dan /* */. Sebuah komentar di dalam baris code ,ditujukan untuk memberi keterangan terkait fungsi atau kegunaan baris code tersebut. 


Dasar Syntax Java:

Dasar dari penulisan syntax dalam bahasa pemrograman Java ,yang perlu kalian ketahui salah satunya yaitu :

  • Bersifat Case Sensitivity : artinya penamaan dari kata "HelloWorld" dengan "helloworld" sangat berbeda.
  • Nama Class :  untuk nama class aksara pertama harus  menggunakan aksara besar. (contoh :  class NamaClass )
  • Nama Method : untuk nama method aksara pertama harus memakai aksara kecil. ( pola : public void namaMethodSaya()  )
  • Nama Program :  nama jadwal java harus sama dengan nama class. Kaprikornus jikalau kalian mempunyai nama class NamaClass , jadwal file harus sama dengan nama class yaitu NamaClass.java.

Point Penting :

  1. Pada dasarnya sebuah objek mempunyai state atau behavior.
  2. State  atau atribut pada sebuah objek ,akan disimpan ke dalam  sebuah variable.
  3. Behavior pada sebuah objek,akan di didefinisikan ke dalam sebuah method.
  4. Menyembunyikan data internal dari luar class, kemudian di jalan masuk hanya dengan method modifier public ,disebut juga dengan data enkapsulasi.
  5. Sebuah blueprint dari sebuah objek , disebut dengan Class.
  6. Sebuah Method yang di definisikan di SuperClass , kemudian akan diturunkan atau di wariskan ke subclass , dilakukan dengan cara memakai keyword extends.
  7. Sebuah perkumpulan method tanpa implementasi disebut dengan interface.
  8. Sebuah namespace yang mengatur class-class dan interface disebut sebagai package.
Untuk mempelajari bahasa pemrograman Java, pastinya kita butuh banyak-banyak menulis baris code java , biar kita terbiasa memahaminya. Bagi kalian yang ingin mempelajari ,tutorial berguru lain perihal bahasa pemrograman Java. Kalian bisa baca selengkapnya disini : Tutorial Belajar Bahasa Pemrograman Java Indonesia


Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Aktivitas Java"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close