Belajar Memakai Builder Pattern Di Jadwal Java - Tempat Blogging

Belajar Memakai Builder Pattern Di Jadwal Java

Builder adalah salah satu referensi konsep design pattern ,yang sanggup dipakai untuk membangun objek kompleks  ,yang mempunyai banyak atribut. Suatu referensi masalah ,ketika kita ingin menampilkan semua nilai dalam satu objek ,yang tidak sanggup dilakukan oleh pattern lain , ibarat factory pattern dan abstract factory ,karena keterbatasan penggunaanya, kita sanggup memakai pattern ini sebagai cara alternatif. Untuk penerapanya juga tergolong sederhana , alasannya yaitu kita hanya menciptakan 1 static class saja di dalam class utama ,kita buat atribut dan method yang diharapkan di dalamnya. Lalu kita buat dan panggil objek lewat class client(Main Class) sehabis itu. Pada artikel berguru java kali ini ,kita akan mencoba menciptakan referensi penggunaan dari builder pattern ini di bahasa pemrograman java . Berikut mari kita simak lebih lanjut:

yang sanggup dipakai untuk membangun objek kompleks Belajar Menggunakan Builder Pattern di Program Java




1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2. Berikut referensi code ,beserta penjelasanya di bawah:

Contoh Code :


Makanan.java

yang sanggup dipakai untuk membangun objek kompleks Belajar Menggunakan Builder Pattern di Program Java
Makanan.java


Penjelasan :

Disini sebagai referensi kasusnya yaitu ,dengan menciptakan sebuah hidangan pesanan makanan,  di sebuah warteg. Masalahnya yaitu bagaimana kita menciptakan suatu objek , yang mendefinisikan semua nilai,  tanpa memakai banyak argument dalam satu constructor ,serta mencegah terjadinya data atau nilai yang tidak valid ,jika kita menyatukan semua nilai di dalam satu constructor ,karena tipe data yang sama.

Untuk itu kita perlu memakai pattern Builder ini ,sebagai solusinya.
Pada referensi code diatas , kita mendeklarasikan variable atau atribut yang akan dipakai di class Makanan. Setelah itu kita buat static class Builder  , di dalam class Makanan.

Lalu di dalam block class Builder , kita mendeklarasi variable atau atribut untuk builder , sehabis itu kita gunakan method dari class Builder , yang akan mengembalikan nilainya ke class (return this).


Setelah itu kita gunakan , method build()  , untuk menyalin semua nilai , dari variable atau atribut yang ada di dalam  class Builder  ,ke class Makanan. 

Selanjutnya lagi ,kita buat constructor mode private , di class Makanan. Agar tidak sanggup di kanal secara eksklusif oleh class client,yang dimana kita akan memakai method dari   class Builder , untuk mendefinisikan nilainya.

Kita memakai ,method override toString() , untuk mencetak hasil output.



Main.java(Main Class)

yang sanggup dipakai untuk membangun objek kompleks Belajar Menggunakan Builder Pattern di Program Java
Main.java(Main Class)


Penjelasan :

Seperti yang kalian lihat pada referensi code diatas, jikalau kita biasanya memakai constructor , atau lewat objek untuk mendefinisikan nilai. Dengan memakai Builder pattern ini,  kita sanggup mendefinisikan nilai secara eksklusif , ketika kita menginstansiasi objek.


Output:

Makanan{nopesanan=11435, nasi='Nasi Putih', lauk='Tahu Tempe', minum='Teh Tawar', pakeSambel=false, pakeKuah=true}


Sebenarnya ada banyak lagi versi lain,  dari penerapan Builder pattern ini. Namun  ,setidaknya ini sanggup menjadi salah satu referensi , citra wacana penggunaanya ,di dalam bahasa pemrograman Java.



Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Memakai Builder Pattern Di Jadwal Java"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close