Belajar Menciptakan Aplikasi Dengan Anko Library Kotlin Android - Tempat Blogging

Belajar Menciptakan Aplikasi Dengan Anko Library Kotlin Android

Anko ialah salah satu library yang disediakan , untuk penggunaan bahasa pemrograman Kotlin , yang berfungsi untuk menciptakan pengembangan Aplikasi Android ,menjadi lebih cepat dan mudah. Library ini akan menciptakan code kalian lebih higienis dan gampang dibaca , yang memungkinkan kalian mengabaikan standar , yang diberikan Android SDK untuk Java. Library ini ,pastinya akan memperlihatkan banyak extension function yang mempunyai kegunaan untuk kalian , para Android Developer , untuk membantu mengerjakan projek Aplikasi yang sedang dikerjakan. 

Pada artikel tutorial mencar ilmu kotlin kali ini , kita akan mencoba menciptakan Aplikasi , kemudian menerapkan penggunaan  Anko Library ,dengan memakai bahasa pemrograman Kotlin di Android Studio. Berikut mari kita simak eksklusif ,caranya :

 ialah salah satu library yang disediakan  Belajar Membuat Aplikasi dengan Anko Library Kotlin Android


Baca juga sebelumnya , wacana Kotlin : Belajar Membuat Aplikasi Pertama Hello World dengan Kotlin Android.


Anko mempunyai beberapa bab , diantaranya :
  • Anko Commons: a lightweight library full of helpers for intents, dialogs, logging and so on;
  • Anko Layouts: a fast and type-safe way to write dynamic Android layouts;
  • Anko SQLite: a query DSL and parser collection for Android SQLite;
  • Anko Coroutines: utilities based on the kotlinx.coroutines library. (source)

Namun ,disini kita akan memakai salah satu teladan , fungsi yang ada di Anko library ,jadi tidak keseluruhan kita gunakan.


1. Pertama buka Android Studio kalian ,dengan projek gres atau yang sudah ada.


2 . Sebelumnya , kita akan mengatur dependencies  Anko library , di build.gradle terlebih dahulu.


Berikut kalian dapat perhatikan contohnya:


build.gradle(Project:ContohAplikasi)

 ialah salah satu library yang disediakan  Belajar Membuat Aplikasi dengan Anko Library Kotlin Android
build.gradle(Project:ContohAplikasi)



build.gradle(Module:app)

 ialah salah satu library yang disediakan  Belajar Membuat Aplikasi dengan Anko Library Kotlin Android
build.gradle(Module:app)



3. Oke ,disini kita akan mencoba membangun User Interface ,sekaligus code logic di MainActivity.kt (default) ,secara programmatically (dengan bahasa pemrograman). Sebenarnya ,dengan memakai bahasa pemrograman Java ,kita pun juga dapat ,hanya bedanya disini kita memakai bahasa pemrograman Kotlin + Anko Library , yang dimana code akan terlihat lebih concise(ringkas) , dan gampang di baca. Berikut kalian dapat simak teladan code ,beserta penjelasanya :


MainActivity.kt 

Contoh Code:

 ialah salah satu library yang disediakan  Belajar Membuat Aplikasi dengan Anko Library Kotlin Android
MainActivity.kt 



Penjelasan :



verticalLayout adalah method yang mendefinisikan LinearLayout sebagai parent layout , pada Aplikasi.


Lalu didalam block {} , kita isi valuenya dengan teladan widget ibarat EditText dan Button.


Kita tidak perlu lagi ,menggunakan extention function Kotlin , untuk mereferensikan

menurut id di Layout.

Kita hanya cukup memakai editText() , teladan widgetnya , kemudian kita tampung nilainya ke dalam variable name bertipe val.

Untuk menciptakan button kemudian mengisi textnya hanya cukup memakai button ("isi text){
}
Lalu kita buat method OnClick{}, yang berisi pesan text toast , "Hello" , disambung dengan nilai atau value ,berdasarkan inputan user dengan memakai variable name , dengan properties text (getText/setText). Makara kita tidak perlu memakai XML lagi.

Yang niscaya ,yang perlu kalian ingat juga , jikalau kalian ingin menambahkan TextView atau EditText embel-embel misalnya, kalian harus menambahkanya di dalam block verticalLayout{ *disini*}.


Hasilnya akan terlihat ibarat ini :

Output:

 ialah salah satu library yang disediakan  Belajar Membuat Aplikasi dengan Anko Library Kotlin Android
Contoh Aplikasi 

Saat user atau pengguna mengisi text di EditText , kemudian mengklik Button , maka akan tampil pesan text ,Hello + berdasarkan inputan si user atau pengguna.



Demikan artikel tutorial tentang Belajar Membuat Aplikasi,  dengan Anko Library Kotlin di Android Studio. Selebihnya jikalau kalian ingin mencar ilmu lagi wacana library Anko ini , kalian dapat membaca dokumentasi resminya disini. Semoga dapat membantu ,memudahkan pekerjaan kalian dalam mengerjakan dan membuatkan projek Aplikasi Android. Terima Kasih.



Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Menciptakan Aplikasi Dengan Anko Library Kotlin Android"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close