Tanya Dan Jawab Seputar Android Developer - Tempat Blogging

Tanya Dan Jawab Seputar Android Developer

Tujuan untuk menciptakan  artikel ini ,yaitu untuk membahas tanya jawab seputar Android Developer., yang umum atau sering di tanyakan dan juga pertanyaan yang mungkin lebih detail atau spesifik, mengenai problem seputar pengembangan Aplikasi Android di Android Studio. Makara semacam Stackoverflow ,namun akan aku muat konten(tanya dan jawab)nya ke dalam post atau artikel ini. Semua pertanyaan beserta jawabanya Artikel ini menurut rujukan ,pengalaman dari pemula hingga mungkin tingkat lanjut. Tentu akan aku update secara terjadwal jikalau menemukan pertanyaan dan tanggapan baru,yang memang harus di share atau di bagikan ke kalian semua. Oh ya bab konten ini juga termasuk pemindahan dari pertanyaan yang ada di page Belajar Android, ke dalam post atau artikel ini.Jadi jikalau kalian bertanya sesuatu ,kalian dapat bertanya di post atau artikel ini. Yang niscaya seputar Android Developer dan jangan hingga OOT (out of topic). 



membahas tanya jawab seputar Android Developer Tanya dan Jawab Seputar Android Developer

Sesi pertanyaan akan aku bagi menjadi dua kategori , yaitu pertanyaan umum , dan pertanyaan detail/spesifik pengembangan Aplikasi Android.

//Oke sebelumnya akan aku beri keterangan dulu bahwa T untuk pertanyaan , dan J untuk Jawaban. 







T : Apa nama Software untuk menciptakan Aplikasi Android ?

J : Android Studio

T  : Kenapa bukan Eclipse ?

J : Karena dukunganya sudah dilarang oleh Google



T : Apa nama bahasa pemrograman yang dipakai ?

J :  Java ,karena bahasa pemrograman Android yaitu pengembangan dari Java. Kalian juga dapat memakai C++ di Android Studio. Lain dongeng  jika kalian ingin menciptakan Aplikasi secara Hybrid Apps atau Mobile Web Apps.



T : Terus bagaimana aku harus memulai berbagi Aplikasi di Android Studio ?

J  : Pastikan kalian harus  menginstall JDK terlebih dahulu kemudian , di Komputer. Disarankan memakai JDK 8 untuk Update sekarang, Agar Support API 24 (Android Nougat). untuk menginstallnya sebetulnya sama saja dengan JDK 7, kalian dapat lihat artikel sebelumya disini :



T : Saya gak punya real device atau Smartphone Android gimana ?

J : Untuk mengcompile/Menjalankan Aplikasi yang kalian buat di Android Studio. Kalian dapat memakai emulator  Genymotion atau Nox App Player , atau juga Emulator bawaan di Android Studio jikalau spesifkasi Komputer kalian mumpuni (Lihat link spek diatas ^ detilnya).


T : Saya pemula , harus mulai dari mana ya , ada daerah kursus gratis gk di Internet ?

J :  Di ajari eksklusif oleh Google Gratis.  Selengkapnya baca : Kursus Belajar Programming Android Online Gratis

T : Saya gk ngerti istilah-istilah syntax  tentang pemrogramannya ,kayak findViewbyid ,Camel Case dll. Itu gimana ya ?

J : Pelajari Kamus istilah wacana Android Development. Disini : https://developers.google.com/android/for-all/vocab-words/



T : Saya mau berguru dari teladan sample,source code project dimana ya ?

J :  Pergi ke https://github.com/ dan ketikan nama sourcenya : Misal : 'ReyclerView'


T : Saya belum tahu Github.com itu situs wacana apaan ya ?

J :  Bisa baca artikelnya  disini :  Belajar Mengenal Github


T : Saya mau bikin Aplikasi kayak begini begitu gimana caranya sih ?

J : Di usahakan coba berguru dulu menciptakan konsep Aplikasinya menyerupai apa , kemudian mencoba mengimplementasi konsepnya ke dalam code, searching ,di Google ,sample code dapat di Github ,jika erorr dan hambatan ,bisa di Stackoverflow. Karena intinya semua yag ada di Internet intinya Gratis ,asal punya niat dan berusaha.


T : Saya kan punya Aplikasi yang siap di publish ,ada tips gak sebelum Upload Aplikasi di Google Play Store ?.Kita harus bagaimana dulu

J : Baca artikel berikut :7 Tips Sebelum Upload Aplikasi ke Google Play Store


T : Saya ingin sekali bekerja sebagai Android Developer, apa saja yang banyak diperlukan oleh perusahaan ketika ini ?

J : Baca artikel disini untuk rujukan : Skill Yang Dibutuhkan Untuk Bekerja Sebagai Android Developer










Sebelumnya kalian juga dapat membaca artikel berikut : 7 Tips Mengatasi Stuck(Erorr) Saat Coding di Android Studio


T :  Saya kan pengen nampilin gambar pake  ImageView  ko tiba-tiba erorr Failed to Convert dan pas di restart Android Studionya. muncul  Error ':app:mergeDebugResources' di bab tool window. 

J : Itu biasanya permasalahan pada penamaan file gambar kalian , jadi usahakan abjad kecil ,seperti : okedroid.png , android.jpg. Ketika disimpan di folder res/drawable/

T : Saya kan lagi coding ya tiba-tiba cursor, di editor window Android Studio gak dapat Enter , atau menciptakan baris gres stuck gitu codinganya ?

J : Tekan Insert pada keyboard kalian,  maka kalian akan dapat Enter atau menciptakan baris gres lagi.

T: Saya tiba-tiba mengalami erorr Exception '':app:buildInfoDebugLoader'

J : Coba ke bab Build > Clean Project or Rebuild Project

T; Saya tiba-tiba mengalami erorr "cannot resolve symbol R” di Android Studio ?

J : Sebenarnya cara ini hanya perlu  Build Clean Project or Rebuild Project. Tapi untuk
lebih jelasnya dapat cari disini : https://goo.gl/VSnyw0

T :Saya tiba-tiba mengalami erorr menyerupai "com.android.builder.internal.aapt.AaptException: Failed to crunch file" Saat buka project di Android Studio .

J : Itu di karenakan terlalu panjangnya path dir url (file long path) source code ,atau project kalian.
Cobalah untuk disederhanakan menyerupai : C:\Project\Project Kalian




// Note : Jika ada kesalahan atau penambahan akan aku update 


Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Tanya Dan Jawab Seputar Android Developer"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close