Belajar Mengenal Apa Itu Design Pattern - Tempat Blogging

Belajar Mengenal Apa Itu Design Pattern

Saat kita melaksanakan pengembangan pada project software atau aplikasi. Umumnya ,seorang developer menemui problem yang selalu sama terus-menerus ,saat melaksanakan kegiatan penulisan baris code atau coding. Untuk itu , kita butuh adanya solusi ,untuk problem tersebut , yang dimana solusi tersebut sudah ditemukan oleh penemu-penemu pada jaman dahulu lewat riset yang bertahun-tahun lamanya ,solusi tersebut berjulukan Design Pattern.

Pengertian Design Pattern yaitu sebuah pola desain (best practice) untuk  solusi dalam  memecahkan problem secara umum pada pengembangan software atau aplikasi ,yang hampir niscaya setiap developer temui.  Design pattern , menyerupai sebuah konsep  atau template , yang sanggup kita terapkan dan dipakai ke dalam bahasa pemrograman. Penggunaan design pattern ini juga situasional ,jadi tergantung problem yang kita temui dikala kita melaksanakan pengembangan. Serta untuk tahap implementasinya ,design pattern hanya efektif , kalau developer telah menemui problem sebelumnya, lewat proses trial dan erorr, dikala melaksanakan pengembangan software ataupun aplikasi.

 Saat kita melaksanakan pengembangan pada project software atau aplikasi Belajar Mengenal Apa itu Design Pattern



Kenapa harus Design Pattern?

Manfaat Design Pattern:
  • Baris code lebih terstruktur rapi ,serta gampang dibaca dan dipahami ,sehingga kita sanggup menggunakanya kembali sewaktu-waktu.
  • Kita sanggup menyerahkan projek kita ke developer lain untuk dilanjutkan ,yang niscaya syaratnya developer tersebut harus mengetahui perihal design pattern.
  • Kita sanggup menuntaskan problem pengembangan software atau aplikasi  secara umum.
  • Meningkatkan efesiensi waktu dalam pengembangan software atau aplikasi, sebab kesalahan yang sebelumnya terus berulang-ulang sudah teratasi.



Jenis-jenis Design Pattern 

Berdasarkan pada buku yang di prakarsai oleh "Gang of four" yang berjudul "Design Patterns: Elements of Reusable Object-Oriented Software"serta beberapa tambahanya . terdapat 25 pattern yang sanggup kalian pelajari. Lalu dari jumlah pattern tersebut di bagi menjadi 3 kategori yaitu structural pattern ,creational pattern ,dan behavior pattern . Berikut lebih lengkap jenis-jenisnya:



1. Creational Pattern

Pola desain ini berkaitan dalam hal pembuatan objek atau instansi.


2. Structural Pattern

Pola desan ini menyediakan pendekatan atau cara berbeda , dalam hal merestrukturisasi class , mirip penggunaan pada pewarisan (inheritance) dan komposisi(susunan) dalam menciptakan objek yang besar dari objek yang kecil. Pola desain ini berkaitan perihal bagaimana sebuah class dan objek sanggup di susun ,untuk membentuk struktur yang lebih besar.


  • Adapter Pattern
  • Bridge Pattern
  • Composite Pattern
  • Decorator Pattern
  • Facade Pattern
  • Flyweight Pattern
  • Proxy Pattern


3. Behavior pattern

Pola desain ini berkaitan perihal interaksi dan respon antar objek.

  • Chain of Responsibility Pattern
  • Command Pattern
  • Interpreter Pattern
  • Iterator Pattern
  • Mediator Pattern
  • Memento Pattern
  • Observer Pattern
  • State Pattern
  • Strategy Pattern
  • Template Pattern
  • Visitor Pattern
  • Null Object

Salah satu pola kecil penggunaan design pattern , yang sanggup kalian lihat ,seperti pada pola code memakai bahasa pemrograman Java ,beserta penjelasanya dibawah:


Contoh Code:

 Saat kita melaksanakan pengembangan pada project software atau aplikasi Belajar Mengenal Apa itu Design Pattern
Contoh tuhan objek


Penjelasan :

Jika kalian perhatikan pada pola code diatas, kita menempatkan semua method pada satu objek atau sanggup disebut "DewaObjek" , ini merupakan salah satu praktek yang jelek dikala kita melakakuan coding,yang dimana pola ini biasa di sebut Anti-Pattern. Disini kita menempatkan semua operasi method ke dalam satu objek. Solusi yang sanggup kita lakukan yaitu , dengan cara membagi problem besar menjadi beberapa kepingan dari problem yang kecil. Jika kita memecahkan problem kecil ,otomatis problem besar akan terselesaikan.


Berikut pola code ,beserta penjelasan, dari solusi yang sanggup kita lakukan:


Contoh Code:


 Saat kita melaksanakan pengembangan pada project software atau aplikasi Belajar Mengenal Apa itu Design Pattern
Contoh design pattern 



Penjelasan :

Seperti yang kalian lihat ,pada pola kecil penggunaan desgin pattern di atas ,dengan memakai bahasa pemrograman Java. Kita sanggup membagi atau mengelompokanya ,sesuai dengan objek , bedasarkan operasi dari method itu sendiri. Ini hanya salah satu pola kecil ,dari banyak hal perihal konsep design pattern,yang perlu kalian pelajari lebih dalam lagi. Tapi ,setidaknya ini mungkin sebagai citra perihal praktik yang baik ,saat kita melaksanakan penulisan baris code atau coding.

Demikian artikel perihal pengertian apa itu design pattern ,jenis-jenis design pattern, beserta pola kecil penggunaan desigin pattern. Pada dasarnya , design pattern diterapkan di semua jenis bahasa pemrograman , jadi tidak hanya terpaku pada 1 bahasa pemrograman Java saja. 


Penggunaan design pattern itu sendiri , memang memerlukan pengalaman , dari sisi programmer atau developer  ,dalam menciptakan dan menyebarkan software aplikasi yang berkelanjutan.



Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Mengenal Apa Itu Design Pattern"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close