Belajar Wacana Method Di Bahasa Pemrograman Java - Tempat Blogging

Belajar Wacana Method Di Bahasa Pemrograman Java

Method (dikenal juga sebagai Function atau Prosedur) yaitu suatu perintah instruksi , yang diberi nama untuk dijalankan di dalam sebuah kegiatan Java. Method merupakan sebuah cara untuk mempermudah programmer , dalam mengelompokan sebuah baris code atau pernyataan(statement). Makara dengan Method , kita sanggup menjalankan beberapa baris code atau pernyataan sekaligus , hanya dengan memanggil (calling) nama method tersebut. Hal ini  agar kegiatan kita terlihat terstruktur dan efisien.






Contoh code kegiatan dari penerapan method di java:


dikenal juga sebagai Function atau Prosedur Belajar perihal Method di Bahasa Pemrograman Java
Contoh Method 


Output :

Nama aku Okedroid
Saya yaitu seorang Blogger


Seperti yang kalian lihat , dari Contoh syntax kegiatan diatas. Dengan method kita hanya memanggil nama method dari cetakInfo() . Untuk menampilkan dua baris perintah atau statement , yang berfungsi  menampilkan text di layar output.

Penting untuk diketahui , kita harus memahami perbedaan antara mendefinisikan (Defining) method dengan  memanggil (Calling) method.


  • Mendefinisikan (Defining) method artinya , kita memberi nama dari grup code , tapi tidak menjalankan code kegiatan , yang berada di dalam grup code tersebut. Mendefinisikannya di dalam class.

   
               
public void cetakInfo() {
System.out.println("Nama aku Okedroid ");
System.out.println("Saya yaitu seorang Blogger");
}


  • Memanggil (Calling) method artinya memanggil grup code,  dan menjalankan code kegiatan  di dalamnya , menurut nama yang telah di definisikan. Memanggilnya memakai object.

ctk.cetakInfo();


Method sanggup menyimpan suatu nilai/values yang disebut parameters, yang mana sanggup diakses ketika dijalankan. Sedangkan bila kita ingin memilih nilai dari parameter tersebut ,disebut argument dikala method dijalankan. Dimana argument nilai atau valuenya, harus sesuai menurut tipe data yang ada di parameters.

Makara : Paramater : ditentukan dikala method di definisikan , Argument : ditentukan dikala method di panggil 



Contoh code program:


dikenal juga sebagai Function atau Prosedur Belajar perihal Method di Bahasa Pemrograman Java
Contoh Method Void


 Output:

Hi Okedroid


Terdapat 2 jenis method yang perlu kalian ketahui, Method void dan Method non void. Method yang memakai keyword void , yang rujukan syntaxnya menyerupai yang ada di atas, yaitu method yang di buat semoga tidak sanggup mengembalikan nilai. Sedangkan method non void , method yang tidak memakai keyword void ,merupakan method yang sanggup mengembalikan nilai.


Serta method non void wajib memakai keyword return , dan tipe data nya harus sama dengan nilai yang akan dikembalikanya (return). Keyword return value sanggup disimpan ke dalam variable , kemudian dipakai di dalam program.Keyword return juga mempunyai kegunaan untuk mengakhiri statement di dalam method tersebut. Makara ketika kita menciptakan statement di bawah return ,maka code akan erorr.



Contoh code kegiatan method non void :

dikenal juga sebagai Function atau Prosedur Belajar perihal Method di Bahasa Pemrograman Java
Contoh Method Non Void


Baca juga selanjutnya :  Belajar perihal Looping (Perulangan) di Bahasa Pemrograman Java


Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Wacana Method Di Bahasa Pemrograman Java"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close