Contoh Aktivitas Menampilkan Bilangan Prima 1-100 Di Java - Tempat Blogging

Contoh Aktivitas Menampilkan Bilangan Prima 1-100 Di Java

Pada artikel berguru java kali ini, kita akan menciptakan teladan aktivitas menampilkan bilangan prima 1 hingga 100, memakai bahasa pemrograman Java. Seperti yang kita tahu , dalam bahan pelajaran matematika yang kita jumpai ketika di sekolah. Bilangan orisinil yang lebih besar dari 1 , dan juga yang merupakan faktor pembaginya 1 atau bilangan itu sendiri termasuk ke dalam bilangan prima. Jika kita gunakan cara manual , untuk menghitung atau memilih bilangan prima kita dapat menambahkan angka 6 dari angka 5 dan 7. Jika bilangan akan habis di bagi 5 dan 7 , maka bilangan tersebut bukan termasuk bilangan prima. Nah,  bagaimana kalau kita coba terapkan di dalam aktivitas Java. Berikut selengkapnya mari kita simak.



 kita akan menciptakan teladan aktivitas menampilkan bilangan prima  Contoh Program Menampilkan Bilangan Prima 1-100 di Java





1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian dapat perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh Code:


 kita akan menciptakan teladan aktivitas menampilkan bilangan prima  Contoh Program Menampilkan Bilangan Prima 1-100 di Java
Contoh Code Bilangan Prima 1-100



Penjelasan :


Pada  baris code pertama ,kita menginisialisasi variable index , angka , dan bilanganPrima.

Selanjutnya , disini kita akan gunakan ,nested looping , yang dimana looping for di bab dalam (inner) , di sanksi terlebih dahulu. Setelah itu gres looping for di bab luar (outer).

Lalu, kita akan gunakan looping for  bagian luar (outer) ,yang menampilkan index  , secara berulang, dari 1 hingga 100, dan juga kita  inisialisasi variable counter , secara default nilainya 0.  Kaprikornus disini kita akan mencari bilangan prima dari range 1 hingga 100.

Di dalam looping for bab dalam (inner) , kita akan samakan nilai dari index sama dengan angka. Kondisi kalau nilai dari var angka lebih dari atau sama dengan 1 , maka nilainya akan berkurang 1. Kaprikornus di dalam looping for bab dalam (inner) ini  , akan berfungsi untuk  tidak menampilkan (hilang dari output) yang bukan termasuk bilangan prima. 

Di dalamnya  lagi , kita gunakan kondisi if , yang dimana kalau nilai dari index dan angka habis di bagi , atau sisa baginya = 0. Maka nilai dari variable counter akan bertambah 1. Sebaliknya , kalau nilai dari index dan angka , tidak habis di bagi. Maka bilangan tersebut termasuk bilangan prima. Nilai dari  variable counter akan tetap = 0.

Contoh misal , kita menampilkan bilangan prima dari range 1 hingga 10. Maka output akhirnya , akan menampilkan : 2, 3 ,5, 7.  Sisanya berarti yang bukan termasuk bilangan prima : 4 , 6,8,9,10. Kenapa bukan termasuk bilangan prima ?  Karena 4 , akan habis di bagi dengan 2 , 6 akan habis dibagi dengan 3 atau 2 , 8 akan habis di bagi dengan 4 atau 2 ,9 akan habis di bagi 3, dan 10 akan habis dibagi dengan 5 atau 2.  

Begitu juga seterusnya  hingga range 100 ,seperti teladan code aktivitas diatas.

Jika kalian belum paham ,tentang pembagian dan sisa bagi kalian dapat baca artikel sebelumnya :



Selanjutnya , bilangan prima akan di awali dengan angka 2 , ibarat pada code kondisi if counter == 2.

Lalu , hasil dari nilai bilangan prima akan di simpan ke variable  bilanganPrima. Jadi setiap bilangan  prima ,yang dimana tidak akan habis di bagi , akan ditampilkan pada output hasil.

Setelah itu , tampilkan output hasilnya.

Output :

 kita akan menciptakan teladan aktivitas menampilkan bilangan prima  Contoh Program Menampilkan Bilangan Prima 1-100 di Java
Output Hasil

Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Contoh Aktivitas Menampilkan Bilangan Prima 1-100 Di Java"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close