Metode Pembelajaran Untuk Mapel Tik - Tempat Blogging

Metode Pembelajaran Untuk Mapel Tik

Untuk mentransfer maateri pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diharapkan metode yang sesuai dan sempurna sasaran. Dalam pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (TIK), ada beberapa motode yang umum digunakan, diantaranya ialah :

a. Metode Tanya jawab
Metode tanya jawab ialah suatu cara mengelola pembelajaran dengan mengahasilkan pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa memahami materi tersebut.

Metoda Tanya Jawab akan menjadi efektif bila materi yang menjadi topik bahasan menarik, menantang dan mempunyai nilai aplikasi tinggi. Pertanyaaan yang diajukan bervariasi, mencakup pertanyaan tertutup (pertanyaan yang jawabannya hanya satu kemungkinan) dan pertanyaan terbuka (pertanyaan dengan banyak kemungkinan jawaban), serta disajikan dengan cara yang menarik.

b. Metode Diskusi
Metode diskusi ialah suatu cara mengelola pembelajaran dengan penyajian materi melalui pemecahan masalah, atau analisis sistem produk teknologi yang pemecahannya sangat terbuka. Suatu diskusi dinilai menunjang keaktifan siswa bila diskusi itu melibatkan semua anggota diskusi dan menghasilkan suatu pemecahan masalah.
Jika metoda ini dikelola dengan baik, antusiasme siswa untuk terlibat dalam lembaga ini sangat tinggi. Tata caranya ialah sebagai berikut: harus ada pimpinan diskusi, topik yang menjadi materi diskusi harus terperinci dan menarik, akseptor diskusi sanggup mendapatkan dan memberi, dan suasana diskusi tanpa tekanan.

c. Metode Pemberian Tugas
Metode pemberian kiprah ialah cara mengajar atau penyajian materi melalui penugasan siswa untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Pemberian kiprah sanggup secara individual atau kelompok. Pemberian kiprah untuk setiap siswa atau kelompok sanggup sama dan sanggup pula berbeda.
Agar pemberian kiprah sanggup menunjang keberhasilan proses pembelajaran, maka:
  1. tugas harus sanggup dikerjakan oleh siswa atau kelompok siswa,
  2. hasil dari kegiatan ini sanggup ditindaklanjuti dengan presentasi oleh siswa dari satu kelompok dan ditanggapi oleh siswa dari kelompok yang lain atau oleh guru yang bersangkutan, serta
  3. di simpulan kegiatan ada kesimpulan yang didapat.
d. Metode Eksperimen
Metode eksperimen ialah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melaksanakan kegiatan percobaan dengan mengalami dan mengambarkan sendiri suatu yang dipelajarinya. Dalam metode ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melaksanakan sendiri dengan mengikuti suatu proses, mengamati suatu obyek, menganalisis, mengambarkan dan menarik kesimpulan sendiri ihwal obyek yang dipelajarinya. Di dalam TIK, percobaan banyak dilakukan pada pendekatan pembelajaran analisis sistem terhadap produk teknik atau bahan.

Percobaan sanggup dilakukan melalui kegiatan individual atau kelompok. Hal ini tergantung dari tujuan dan makna percobaan atau jumlah alat yang tersedia. Percobaan ini sanggup dilakukan dengan demonstrasi, bila alat yang tersedia hanya satu atau dua perangkat saja.

e. Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi ialah cara pengelolaan pembelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, benda, atau cara kerja suatu produk teknologi yang sedang dipelajari. Demontrasi sanggup dilakukan dengan mengatakan benda baik yang sebenarnya, model, maupun tiruannya dan disertai dengan klarifikasi lisan. Demonstrasi akan menjadi aktif jikalau dilakukan dengan baik oleh guru dan selanjutnya dilakukan oleh siswa. Metoda ini sanggup dilakukan untuk kegiatan yang alatnya terbatas tetapi akan dilakukan terus-menerus dan berulang-ulang oleh siswa.

f. Metode Tutorial/Bimbingan
Metode tutorial ialah suatu proses pengelolaan pembelajaran yang dilakukan melalui proses bimbingan yang diberikan/dilakukan oleh guru kepada siswa baik secara perorangan atau kelompok kecil siswa. Disamping metoda yang lain, dalam pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar, metoda ini aneka macam digunakan, khususnya pada ketika siswa sudah terlibat dalam kerja kelompok.
Peran guru sebagi fasilitator, moderator, motivator dan pembimbing sangat dibutuhkan oleh siswa untuk mendampingi mereka membahas dan menuntaskan tugas-tugasnya
Penyelenggaraan metoda tutorial sanggup dilakukan menyerupai teladan berikut ini:
  • Misalkan sebuah kelas dalam materi didik Pengerjaan Kayu 2, jam pelajaran pertama dipakai dalam bentuk kegiatan klasikal untuk menjelaskan secara umum ihwal teori dan prinsip.
  • Kemudian para siswa dibagi menjadi empat kelompok untuk membahas pokok bahasan yang berbeda, selanjutnya dilakukan rotasi antar kelompok.
  • Sementara para siswa mempelajari maupun mengerjakan tugas-tugas, guru berkeliling diantara para siswa, mendengar, menjelaskan teori, dan membimbing mereka untuk memecahkan problemanya.
  • Dengan derma guru, para siswa memperoleh kebiasaan ihwal bagaimana mencari isu yang diperlukan, berguru sendiri dan berfikir sendiri.
Perhatian guru sanggup diberikan lebih intensif kepada siswa yang sedang mengoperasikan alat-alat yang belum biasa digunakan.
Sumber http://www.notesku.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Metode Pembelajaran Untuk Mapel Tik"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close