Pengertian Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Novel - Tempat Blogging

Pengertian Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Novel

Pengertian Unsur Intrinsik ialah Unsur luar yang bepengaruh pada novel. Unsur-Unsur ekstrinsik ialah latar belakang pengarang, kondisi sosial budaya, dan tempat atau lokasi novel itu dikarang. Jika Unsur Intrinsik ada, begitu juga dengan Unsur Ekstrinsik pun karna Unsur Intrinsik Novel dan Unsur Ekstrinsik Novel saling bekerjasama satu sama lain, Walaupun pada pengertian Unsur Intrinsik novel dan Pengertian Unsur Ekstrinsik mempunyai perbedaan tetapi keduanya saling terkait, Jika Unsur Intrinsik itu mengacu ke Isi Novel tersebut, Unsur ekstrinsik mengacu kepada Luar dari Novel tersebut tetapi ada kaitannya dengan Isi novel tersebut, Makara sanggup dikatakan bahwa Unsur Intrinsik Novel dan Unsur Ekstrinsik Novel saling berhubungan. Dalam Unsur-Unsur Ekstrinsik menyerupai yang ada diatas, akan dijelaskan dan dibahas menyerupai yang ada dibawah ini..

Unsur-Unsur Ekstrinsik 

  1. Latar Belakang pengarang menyangkut asal kawasan atau suku bangsa, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, agama dan ideologi pengarang. Unsur-unsur ini sedikit banyak akan besar lengan berkuasa pada isi novelnya. Misalnya, novel yang dikarang orang padang akan berbeda dengan novel yang dibentuk oleh orang sunda, orang inggris, atau orang arab. 
  2. Kondisi Sosial Budaya, contohnya novel yang dibentuk pada zaman kolonial akan berbeda dengan novel pada zaman kemerdekaan, atau pada masa reformasi. Novel yang dikarang oleh orang yang hidup di tengah-tengah masyarakat metropolis akan berbeda dengan novel yang dihasilkan oleh pengarang yang hidup di tengah-tengah masyarakat tradisional. 
  3. Tempat atau kondisi alam, contohnya novel yang dikarang oleh orang yang hidup didaerah pertanian, sedikit banyak berbeda dengan novel yang dikarangoleh orang yang terbiasa hidup didaerah gurun.
Novel yang manis ialah novel yang dibangun dengan cermat dan melalui proses yang panjang. Proses yang dimulai dari kerangka dasar hingga proses penulisan naskah. Salah satu proses dasar yang dihentikan terlewat ialah pemenuhan terhadap unsur-unsur pembangun novel.
Unsur dalam novel dibagi menjadi dua, yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Keduanya mempunyai porsi dan sub-sub kepingan tersendiri dalam novel. Namun keduanya saling bekerjasama untuk membangun sebuah cerita.

Bahkan sanggup dikatakan bahwa, baik unsur intrinsik maupun ekstrinsik sanggup memilih kualitas kisah yang dihasilkan. Supaya lebih jelas, unsur intrinsik dan ekstrinsik novel akan dibahas satu per satu.


Unsur Intrinsik Novel
Unsur intrinsik novel merupakan unsur utama yang membangun novel dari dalam. Bisa dikatakan bahwa unsur intrinsik ialah unsur dalam kisah itu sendiri. Unsur tersebut tidak hanya satu, namuan ada banyak. Ada beberapa sub kepingan yang mempunyai porsi tersendiri.

1. Tema
Tema merupakan inspirasi atau gagasan utama dari sebuah novel. Tema berisikan citra luas wacana kisah yang akan diangkat sebagai kisah dalam novel. Sehingga sangat penting untuk memikirkan tema yang sempurna sebelum memulai menulis novel. Sebab tema yang kuat akan menghasilkan kisah yang cerkas dan fokus.

2. Tokoh / Penokohan
Tokoh ialah seseorang yang menjadi pelaku dalam sebuah novel. Sedangkan penokohan merupakan tabiat atau huruf dari tokoh yang ada dalam kisah novel.
Berdasarkan jenis watak, tokoh sanggup dibagi menjadi tiga kategori, yakni:
Tokoh Protagonis, tokoh yang menjadi sentra dalam cerita. Tokoh utama ini digambarkan sebagai sosok yang baik dan biasanya selalu mendapat masalah.
Tokoh Antagonis, tokoh yang menjadi lawan dari tokoh utama dalam cerita. Tokoh ini digambarkan sebagai sosok yang tidak akrab dan selalu menciptakan konflik.
Tokoh Tritagonis, tokoh yang menjadi penengah antara tokoh protagonis dan antagonis. Tokoh ini digambarkan sebagai sosok yang netral, kadang sanggup berpihak pada protagonis, kadang pada antagonis. Namun saat keduanya terlibat dalam konflik, ia menjadi pelerai.
Tokoh-tokoh tersebut biasanya dideskripsikan menurut detail penokohan yang dibentuk oleh penulis. Deskripsi tersebut nantinya sanggup dipakai untuk mengambarkan ciri fisik, tingkahlaku, cara pandang atau kehidupan sosialnya. Dalam penyampaian deskripsi, ada beberapa cara yang umum digunakan, misalnya:
Disampaikan melalui narasi dalam paragraf.
Disisipkan dalam dialog-dialog antar tokoh maupun obrolan dengan diri sendiri.
Dimasukkan dalam alur melalui konflik demi konflik.
Diterangkan menurut latar yang ada dalam novel tersebut.

3. Alur / Plot
Alur / plot merupakan kepingan-kepingan kejadian yang nantinya akan membentuk jalannya kisah dalam novel. Umunya, alur dalam novel dibedakan menjadi 2 macam, yakni alur maju (progresif) dan alur mundur (flashback).
Alur maju (progresif) ialah alur yang kejadian didalamya bergerak secara urut (awal-akhir)dan mempunyai jalan kisah yang rapi. Biasanya alur ini dipakai pada novel biografi dan autobiografi.
Alur mundur (flashback) merupakan alur yang kejadian didalamnya bergerak secara loncat (awal-akhir-awal-akhir)dan terkadang tidak rapi. Biasanya alur ini dipakai untuk novel misteri atau novel fantasi.

5. Latar/Setting
Latar / setting ialah citra wacana peristi-peristiwa yang ada dalam cerita. Latar termasuk unsur pembangun kisah yang vital. Keberadaannya sangat penting untuk membangun suasana dalam cerita. Latar sendiri dibagi menjadi beberapa macam, yakni:
Waktu, masa dimana kisah sedang berlangsung. Waktu sanggup diterangkan secara garis besar maupun secara mendetail. Secara garis besar misalnya, animo hujan, tahun 2016, siang hari dan sebagainya. Sedangkan secara mendetail sanggup tahun berapa, di bulan apa, hari apa, tanggal jam, meni detik dan seterusnya.
Tempat, ialah lokasi dimana kisah sedang berlansung. Sama menyerupai waktu, tempat juga sanggup digambarkan umum atau khusus. Secara umum misalnya, di restoran, pantai, gunung dan sebagainya. Khusus, contohnya restoran italia dengan gaya retro diujung jalan dan seterusnya.
Sosial budaya, maksudnya ialah pergaulan yang secara status sosialnya. Biasanya berkaitan dengan latar tempat. Sebab status sosial sangat erat dengan tempat bergaul.
Keadaan lingkungan, lingkungan sang tokoh dalam kisah akan memunculkan konflik batin dalam jalannya cerita. Sehingga tugas latar keadaan lingkungan ini juga berdampak besar bagi tokoh / penokohan.
Suasana, yang dimaksud sebagai suasana ialah kondisi latar secara keseluruhan dan juga emosi sang tokoh.

6. Sudut Pandang / Point of View
Sudut pandang merupakan cara pengarang menempatkan dirinya dalam sebuah cerita. Bisa juga diartikan sebagai cara pandang seorang pengarang dalam memberikan kisah novelnya. Sudut pandang sendiri sanggup dibagi menjadi tiga macam, yaitu:
Sudut pandang orang ketiga – serba tahu. Sudut pandang ini menempatkan sang pengarang menjadi pelaku kisah dan sekaligus penciptanya. Sehingga pengarang sanggup memngarahkan, membuat, mengomentari bahkan berdialog dalam cerita. Bisa dibilang posisi ini ialah posisi paling bebas sebebas-bebasnya.
Sudut pandang orang ketiga – sebagai pengamat. Sudut pandang ini menempatkan sang pengarang hanya sebagai pengamat kisah saja. Sehingga pengarang hanya akan memberikan apa yang dilihat, dirasakan, didengar dan disimpulkannya dalam kisah saja. Dengan kata lain, posisi pengarang terbatas meskipun ada dalam cerita.
Sudut pandang orang pertama – sebagai pelaku utama. Pengarang dalam sudut pandang ini berperan sebagai tokoh utama dalam cerita. Sehingga apa yang diceratakannya ialah pengalaman yang dirasakannya di dalam cerita. Karena orang pertama dan pelaku cerita, kalimat yang diutarakan kebanyakan dalam bentuk aktif. Di posisi ini, pengarang melepaskan ekpresinya secara bebas.
Sudut pandang orang pertama – sebagai pelaku sampingan. Posisi dari pengarang dalam kisah ini ialah sebagai pelaku diluar tokoh utama. Tugasnya sebagai pencerita apa yang dilihatnya dari pelaku utama dan apa tanggapannya pada situasi tersebut. Sehingga pengarang disini berperan ganda. Namun posisinya sebagai pencerita cenderung terbatas, sebab sebagian besar bercerita wacana tokoh utama.

7. Gaya Bahasa
Gaya bahasa termasuk unsur yang penting sebagai faktor pemicu minat baca. Cerita yang dibuka dengan gaya bahasa menarik, indah dan memikat sangat diperlukan oleh sebagian besar pembaca. Bahkan sanggup dikatakan, gaya bahasa ialah senjata utama pengarang untuk menghidupkan cerita. Menurut jenisnya, gaya bahasa sanggup dibedakan menjadi:
Personifikasi. Gaya bahasa yang mengambarkan wacana benda mati seakan-akan hidup dan mempunyai sifat-sifat menyerupai manusia.
Simile. Gaya bahasa ini mengambarkan segala sesuatu dengan perumpamaan.
Hiperbola. Gaya bahasa yang mengambarkan sesuatu dengan cara berlebihan dengan tujuan untuk memperlihatkan imbas yang bombastis.

8. Amanat
Amanat merupakan pesan tertentu yang ingin disampaikan oleh pengarang melalui kisah dalam novel. Amanat sanggup berupa kritik sosial, ajakan, protes, dan lain sebagainya. Amanat umumnya diibagi menjadi dua:

Tersurat. Amanat yang pesannya disampaikan secara pribadi sehingga sanggup dicerna seketika.
Tersirat. Amanat yang pesannya disampaikan secara tersembunyi sehingga terkadang susah untuk dicerna seketika itu juga.
Unsur Ekstrinsik Novel

Unsur ekstrinsik novel ialah unsur yang membangun novel dari luar. Biasanya sanggup berupa latar pribadi penulis maupun nilai-nilai dari luar. Unsur tersebut umunya adalah:

Biografi dan latar belakang penulis. Dimana ia tinggal, latar belakang pendidikannya apa, keluarganya, lingkungannya, dan sebagainya.
Kisah dibalik layar. Kisah ini biasanya dilatari oleh pengalaman, kesan atau juga harapan dan harapan sang pengarang.
Nilai yang ada dalam masyarakat. Nilai-nilai ini sering diangkat oleh pengarang dalam ceritanya. Bisa nilai ekonomi, politik, sosial, budaya dan lain sebagainya.

Sekian pembahasan dan klarifikasi tentang Pengertian Unsur Ekstrinsik serta Unsur-Unsur Ekstrinsiknya biar bermanfaat (sumber :  Cerdas Berbahasa Indonesia, Hal : 61, Penerbit : Erlangga.2006.Jakarta, Penulis : Engkos Kosasih) 
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Novel"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close