Belajar Mengenal Modifier Public,Protected, Dan Private Pada Java - Tempat Blogging

Belajar Mengenal Modifier Public,Protected, Dan Private Pada Java

Pengertian modifier yakni sebuah ijin hak susukan level  atau kontrol akses, untuk penggunaan suatu atribut atau method, pada suatu Package dan Class , di dalam bahasa pemrograman Java. 

Terdapat empat 4 jenis Modifier Java ,yang sanggup kalian gunakan , terdiri dari public ,private, protected ,dan 1 embel-embel lagi yaitu no modifier. Maksud dari no modifier disini bahwasanya , yakni suatu atribut atau method ,yang tidak memiliki ketiga jenis modifer.  Sebagian dari kalian khususnya untuk para pemula , mungkin masih sedikit kesulitan ,membedakan fungsi susukan dari ketiga jenis modifier tersebut.


 untuk penggunaan suatu atribut atau method Belajar Mengenal Modifier Public,Protected, dan Private pada Java



Pada artikel berguru java kali ini , kita akan mencoba mengenal pola perbedaan penggunaan dari modifier public ,protected, dan private ,menggunakan bahasa pemrograman Java . Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :





1. Untuk lebih jelasnya lagi , kalian sanggup perhatikan tabel perbandingan , jenis-jenis modifier di Java. Seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah :



 untuk penggunaan suatu atribut atau method Belajar Mengenal Modifier Public,Protected, dan Private pada Java
Jenis-jenis susukan modifier Java


Modifier Akses Java

  • Public dapat di susukan dari class yang sama,package yang sama ,subclass ,dan package lain.
  • Protected dapat diakses dari class yang sama ,package yang sama ,subclass, tapi tidak sanggup diakses dari package lain.
  • Private hanya sanggup di susukan oleh class yang sama.
  • No Modifiers dapat diakses dari class dan package yang sama.


2. Selanjutnya , kita akan coba menerapkan ketiga modifier java , pada pola code kegiatan di bawah :


Contoh Code Program :


 untuk penggunaan suatu atribut atau method Belajar Mengenal Modifier Public,Protected, dan Private pada Java
Contoh Code Program


Penjelasan :

Pada pola code kegiatan di atas ,kita mencoba menggunakan  3 jenis susukan level modifer yaitu public ,private , dan protected. Satu embel-embel lagi ,kita memakai no modifier.

Pada variable nama , dengan tipe data String , kita memakai modifier private. Dimana ini artinya kita hanya,  sanggup mengakses dan menggunakan  variable tersebut,   di ruang lingkup class Binatang saja.

Kaprikornus jikalau kalian menciptakan class turunan yang di extends dari class Binatang, misal Anjing extends Binatang. Variable nama akan menjadi error, dan tidak sanggup di akses.


Selanjutnya , pada variable umur,  tipe data integer, kita memakai modifier protected. Dimana ini artinya , kita hanya ,dapat mengakses dan memakai variable tersebut , pada class yang sama (Binatang) ,Class turunan , dan juga package yang sama.

Kaprikornus jikalau kalian menciptakan package baru,  selain menyerupai pola package di atas :  com.okedroid.belajarjava.

Variable umur akan menjadi error ,dan tidak sanggup di akses.


Pada variable jenisKelamin, dengan tipe data String ,kita tidak memakai jenis modifier sama sekali , alias no modifier. Dimana artinya , kita hanya sanggup mengakses dan memakai variable tersebut , pada class yang sama ,dan package yang sama.

Kaprikornus jikalau kalian menciptakan class turunan yang di extends dari class Binatang, misal Anjing extends Binatang. Serta kalian menciptakan package baru,  selain menyerupai pola package di atas. Variable jenisKelamin akan menjadi error, dan tidak sanggup di akses.


Terakhir , pada method .tampilInfo() , dengan tipe void (tidak mengembalikan nilai) , kita memakai modifier public. Dimana artinya,  kalian sanggup mengakses ,method tersebut dimana saja.


Point :

  • Private : Hanya di dalam class yang sama
  • Protected :  Class sama ,class turunan ,dan package sama
  • Public : Akses dimana saja
  • No modifier : package dan class sama

Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Mengenal Modifier Public,Protected, Dan Private Pada Java"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close