Contoh Kegiatan Menciptakan Menara Hanoi Di Java - Tempat Blogging

Contoh Kegiatan Menciptakan Menara Hanoi Di Java

Menara Hanoi (Tower Of Hanoi) ialah sebuah permainan matematis atau puzzle(teka-teki)  kuno ,yang dulu diperkenalkan di negara Perancis ,sejak tahun 1883 hingga sekarang. 

Untuk memainkan permainan menara hanoi ini , pertama-tama kalian akan dihadapkan dengan 3 buah tiang ,yang terdiri dari tiang asal , bantu ,dan tujuan. 

Pada tiang asal ,terdapat tumpukan 3 atau lebih cakram/piringan ,yang  dimana kalian harus memindahkannya ,sampai ke tiang tujuan. 


 ialah sebuah permainan matematis atau puzzle Contoh Program Membuat Menara Hanoi di Java



Namun untuk memainkan permainan ini ,kalian harus memenuhi 3 syarat atau hukum ,yang harus dipenuhi. Pada artikel mencar ilmu java kali ini ,kita akan mencoba menciptakan teladan penggunaan menara hanoi ,dengan memakai bahasa pemrograman java. Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :





1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.




2.  Sebelumnya ,kalian sanggup perhatikan terlebih dahulu 3 syarat atau hukum ,untuk memainkan permainan menara hanoi ini. Berikut selengkapnya :


3 Syarat atau hukum permainan Menara Hanoi :


  • Hanya satu piringan atau cakram ,yang boleh dipindahkan. Makara dilarang lebih dari 1
  • Perpindahan dimulai dari piringan atau cakram, yang paling atas  dalam sebuah tiang ,ke tiang lain. 
  • Cakram atau piringan hanya sanggup dipindahkan ,jika ukuranya lebih kecil dari cakram atau piringan di bawahnya.


 ialah sebuah permainan matematis atau puzzle Contoh Program Membuat Menara Hanoi di Java
Contoh gambar permainan menara hanoi (tower of hanoi)



3. Kalian sanggup perhatikan teladan code ,beserta penjelasanya di bawah :


Contoh Code :


 ialah sebuah permainan matematis atau puzzle Contoh Program Membuat Menara Hanoi di Java
Contoh Code



Output :


 ialah sebuah permainan matematis atau puzzle Contoh Program Membuat Menara Hanoi di Java
Output Hasil  3 Piringan/Cakram


Penjelasan :

Pada teladan code aktivitas di atas ,pertama kita menciptakan dan menginstansi objek input ,dari class Scanner. 

Dimana kita akan mengambil nilai input integer user atau pengguna ,dengan method .nextInt() , yang disimpan pada variable n.

Disini kita akan menggunakan method rekursif ,yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Dimana kita akan memanggil method , di dalam method yang berjulukan .menaraHanoi() , dengan tipe static , beserta parameter yang dideklarasikan pada method tersebut.


Pada parameter di dalam method tersebut,  kita memakai variable n tipe data integer , variable  asal_tiang , bantu_tiang , dan tujuan_tiang , dengan tipe data char.

Selanjutnya , di dalam method .menaraHanoi()  , kita memakai kondisi if else ,  untuk menampilkan output statement yang telah ditentukan.

Lalu  kita memanggil 2 method .menaraHanoi() ,yang kita isi dengan argumen nilai seperti n - 1, asal_tiang, tujuan_tiang, bantu_tiang.

Setelah itu ,kita panggil lagi method .menaraHanoi() , yang kita isi dengan argumen nilai seperti n, 'A', 'C', 'B'.

Untuk algoritma perhitunganya , disini kita memakai solusi rekursif ,yang sanggup kalian pelajari di wikipedia Tower Of Hanoi.

Kalian juga sanggup , mencoba permainan menara hanoi ini , di situs web ini


Show comments
Hide comments

0 Response to "Contoh Kegiatan Menciptakan Menara Hanoi Di Java"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close