Pengertian Biotik Secara Umum Adalah - Tempat Blogging

Pengertian Biotik Secara Umum Adalah

Lingkungan biotik dimana komponen-komponen mempunyai fungsi dan peranan yang bermanfaat dan berdampak dalam terjadinya keseimbangan lingkungan. Secara Umum Pengertian Biotik yakni istilah yang dipakai untuk menyebut sesuatu yang hidup (organisme). Pengertian Lingkungan Biotik yakni semua lingkungan yang terdiri dari komponen-komponen makhluk hidup di permukaan bumi. Sedangkan pada Pengertian Komponen Abiotik yakni  komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup yang ada dibumi ibarat lumut, flora paku, binatang vertebrata, bakteri, ganggang, jamur, flora tingkat tinggi, dan hewar invertebrata. 

Komponen-Komponen Biotik - Berdasarkan segi tingkatan trofik atau nutrisi, komponen biotik dalam ekosistem dibedakan atas dua macam. Komponen-komponen biotik yakni sebagai berikut... 

  1. Komponen Autotrof, Organisme autotrof yakni organisme uniseluler dan multiseluler yang sanggup berfotosintesis. Seperti fitoplankton, flora lumut, flora berbiji, ganggang, flora paku. Hasil fotosintesis akan menghasilkan karbohidrat dan oksigen (O2). Organisme autotrof merupakan produsen yang utama dalam ekosistem. 
  2. Komponen Heterotrof, Organisme heterotrof yakni organisme yang memanfaatkan materi organik yang disediakan oleh organisme lain sebagai materi makanan. Organisme heterotrof terdiri atas herbivor sebagai konsumen primer (I), karnivor memakan herbivor sebagai konsumen sekunder (II), karnivor memakan karnivor sebagai konsumen tersier (III), dekomposer serta detritivor. Dekomposer yakni mikroorganisme yang menguraikan zat organik dari hasil sisa flora atau binatang (detritus), contohnya selulosa atau kitin, menjadi zat yang lebih sederhana. Contohnya dekomposer yakni basil dan fungi. Nutrien anorganik hasil penguraian dilepaskan ke ekosistem (proses mineralisasi) yang kemudian dipakai kembali oleh produsen. Organisme heterotrof juga dikelompokkan menjadi benalu dan detritivor. Parasit hidup di luar atau di dalam badan inang yang masih hidup, ibarat kutu yang hidup di kepala manusia. Detritivor hidup dengan cara memakan cuilan flora atau binatang yang sudah mati, contohnya pada rayap, cacing tanah dan binatang kaki seribu (keluwing). 

Komponen biotik menurut tugas dan fungsi dibedakan menjadi 3 macam. Komponen-Komponen Biotik yakni sebagai berikut... 
  • Produsen : Produsen yakni makhluk hidup yang bisa mengubah zat anorganik menjadi zat organik (organisme autotrof) yang dipakai untuk menghasilkan masakan sendiri melalui proses fotosintesis. Contoh produsen yakni flora hijau, lumut, alga. 
  • Konsumen :  Konsumen yakni makhluk hidup yang tidak sanggup menghasilkan makanan, sehingga bergantung pada organisme yang lain, baik itu organisme heterotrof maupun autotrof.  
  • Dekomposer : Dekomposer yakni organisme yang menguraikan materi organik menjadi materi anorganik yang kemudian dipakai oleh produsen. Dekomposer disebut juga detritivor atau pemakan bangkai. Contoh Dekomposer yakni basil pembusuk dan jamur. 
Demikianlah info mengenai Pengertian Biotik Secara Umum. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. 
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Biotik Secara Umum Adalah"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close