Proses Komunikasi Dalam Masyarakat - Tempat Blogging

Proses Komunikasi Dalam Masyarakat

– Masyarakat mempunyai struktur dan lapisan yang bermacan macam, ragam struktur dan lapisan masyarakat tergantung pada kompleksitas masyarakat itu sendiri. Semakin komplek suatu masyarakat, maka struktur masyarakat itu semakin rumit juga. Kompleksitas masyarakat juga ditentukan oleh ragam budaya dan juga proses proses sosial yang ada. Semakin masyarakat itu kaya dengan budaya, maka akan semakin rumit proses sosial yang dihasilkan.


Berbagai proses komunikasi dalam masyarakat terkait dengan struktur dan lapisan, maupun ragam budaya serta proses proses sosial yang ada dalam masyarakat, baik itu secara individu, kelompok, maupun masyarakat luas. Sedangkan substansi bentuk atau wujud komunikasi ditentukan oleh yakni sebagai berikut:
  1. Pihak pihak yang terlibat dalam komunikasi (komunikator dan khalayak)
  2. Cara yang ditempuh
  3. Kepentingan atau tujuan komunikasi
  4. Ruang lingkup yang melakukannya
  5. Saluran yang digunakan. Dan,
  6. Isi pesan yang disampaikan

Sehubungan dengan poin di atas, maka aktivitas komunikasi dalam masyarakat sanggup berupa komunikasi secara tatap muka yang terjadi pada komunikasi interpersonal dan kelompok serta aktivitas komunikasi yang terjadi pada komunikasi massa.

Kedua proses komunikasi ini, terutama komunikasi massa, yang mengandalkan teknologi telematika khususnya media massa sebagai teknologi penting dalam proses aktivitas komunikasi. Dengan demikian proses komunikasi merupakan proses media massa. Namun, secara akademik, kedua hal iti sanggup dibedakan satu dengan yang lain alasannya yaitu mempunyai konsep serta substansi permasalahan yang juga berbeda.


Berikut dua proses komunikasi dalam masyarakat secara teori yakni sebagai berikut:
1. Komunikasi secara langsung
Pada komunikasi ini masyarakat berkomunikasi secara eksklusif baik itu individu dengan individu, kelompok dengan individu, kelompok dengan masyarakat yang sifatnya secara langsung. Pengertian lain komunikasi secara eksklusif sanggup Anda pahami yakni, proses komunikasi tanpa ada mediator dengan cara memakai media massa, melainkan komunikasi secara tatap muka.

Namun demikian, individu yang mempengaruhi proses komunikasi tidak lepas dari efek kelompoknya, baik itu primer maupun sekunder, bahkan media massa juga mempengaruhinya. Walaupun individu taklepas dari efek kelompok, namun konsep komunikasi ini hanya melihat apa konten dari komunikasi yang dibangun oleh individu masing masing.

2. Komunikasi massa
Komunikasi massa tentu menggunkan media massa. Artinya proses komunikasi yang dilakukan oleh komunikator kepada khalayak atau sebagai komunikan tentu memakai media massa. Dengan demikian, unsur unsur penting dalam media massa adalah:
  • Komunikator
  • Media massa
  • Informasi (pesan)
  • Gatekeeper
  • Khalayak
  • Umpan balik

Jadi, komunikasi yang terjadi dalam masyarakat memakai media massa. Artinya masyarakat mendapatkan gosip dari komunikator tidak secara eksklusif sebagai mana pada poin pertama yakni komunikasi secara langsung, melainkan melalui media. Demikian proses komunikasi dalam masyarakat secara teori.

Mungkin ada pendapat serta masukan dari Anda yang juga ingin membuatkan pengalaman serta pemahaman terkait proses komunikasi dalam masyarakat, silakan memperlihatkan komentar Anda pada kotak komentar, terima kasih.

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Proses Komunikasi Dalam Masyarakat"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close