Soal Kompetensi Pedagogik Dan Profesional
Friday, September 17, 2021
Add Comment
Soal Kompetensi Pedagogik Dan Profesional
Uji Kompetensi Guru 2012 UKG sudah diambang pintu, sudahkan anda mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi UKG yang banyak diresahkan oleh sebagian guru.? Sebetulnya UKG tak perlu ditakutkan apabila selama Guru itu melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan pedoman rambu-rambu sebagai guru maka hal itu akan aman-aman saja.
Menurut Kemendiknas materi untuk Uji ulang kompetensi atau Uji Kompetensi Guru ada dua Kompetensi yang harus dikuasai dengan betul, yakni Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional. Dua hal itu yang menjadi tolok ukur atas kemampuan Guru dalam mengajar.
Bila Bapak / Ibu guru sering mengikuti Diklat Keguruan dan keprofesian niscaya telah menerima materi perihal Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional. Namun jikalau belum, berikut ini saya sharing dua kompetensi yang mudah-mudahan sanggup membantu para guru dalam memahami dan mendalami materi yang akan diujikan dalam soal UKG.
Kompetensi Profesional
Kompetensi Profesional yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru dalam perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran. Guru mempunyai kiprah untuk mengarahkan aktivitas berguru siswa untuk mencapai tujuan pem¬belajaran, untuk itu guru dituntut bisa memberikan materi pelajaran. Guru harus selalu meng-update, dan menguasai materi pelajaran yang disajikan. Persiapan diri perihal materi diusahakan dengan jalan mencari informasi melalui aneka macam sumber menyerupai membaca buku-buku terbaru, mengakses da¬ri internet, selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan terakhir perihal materi yang disajikan. Kompetensi atau kemampuan kepribadian yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru berkenaan dengan aspek Kompetensi Professional yaitu :- Dalam memberikan pembelajaran, guru mempunyai peranan dan kiprah sebagai sumber materi yang tidak pernah kering dalam mengelola proses pembelajaran.
- Kegiatan mengajarnya harus disambut oleh siswa sebagaisuatu seni pengelolaan proses pembelajaran yang diperoleh melalui latihan, pengalaman, dan kemauan berguru yang tidak pernah putus.
- Dalam melaksakan proses pembelajaran, keaktifan siswa harus selalu diciptakan dan berjalan terus dengan memakai metode dan taktik mengajar yang tepat.
- Guru membuat suasana yang sanggup mendorong siswa untuk bertanya, mengamati, mengadakan eksperimen, serta menemukan fakta dan konsep yang benar. Karena itu guru harus melaksanakan aktivitas pembelajaran memakai multimedia, sehingga terjadi suasana berguru sambil bekerja, berguru sambil mendengar, dan berguru sambil bermain, sesuai kontek materinya.
- Di dalam pelaksanaan proses pembelajaran, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip didaktik metodik sebagai ilmu keguruan. Misalnya bagaimana menerapkan prinsip apersepsi, perhatian, kerja kelompok, kekerabatan dan prinsip-prinsip lainnya.
- Dalam hal evaluasi, secara teori dan praktik, guru harus sanggup melaksanakan sesuai dengan tujuan yang ingin diukurnya. Jenis tes yang dipakai untuk mengukur hasil berguru harus benar dan tepat. Diharapkan pula guru sanggup menyusun butir secara benar, semoga tes yang dipakai sanggup memotivasi siswa belajar.
- Menguasai materi, struktur, konsep, dan teladan pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
- Menguasai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
- Mengembangkan materi pelajaran yang diampu secara kreatif.
- Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melaksanakan tindakan reflektif Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan menyebarkan diri.
Kompetensi pedagogik
Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru ber¬kenaan dengan karakteristik siswa dilihat dari aneka macam aspek menyerupai moral, emosional, dan intelektual. Hal tersebut berimplikasi bahwa seorang guru harus bisa menguasai teori berguru dan prinsip-prinsip belajar, alasannya siswa mempunyai karakter, sifat, dan interest yang berbeda. Berkenaan dengan pelaksanaan kurikulum, seorang guru harus bisa menyebarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan masing-masing dan diubahsuaikan dengan kebutuhan lokal. Guru harus bisa mengoptimalkan potensi penerima didik untuk meng¬aktualisasikan kemampuannya di kelas, dan harus bisa melaksanakan kegiat¬an penilaian terhadap aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan. Kemampuan yang harus dimiliki guru berkenaan dengan aspek-aspek pedagogik, yaitu:- Penguasaan terhadap karakteristik penerima didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional dan intelektual.
- Penguasaan terhadap teori berguru dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
- Mampu menyebarkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
- Menyelenggarakan aktivitas pengembangan yang mendidik.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan aktivitas pengembangan yang mendidik.
- Memfasilitasi pengembangan potensi penerima didik untuk mengaktualisasikan aneka macam potensi yang dimiliki.
- Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan penerima didik. Melakukan penilaian dan penilaian proses dan hasil belajar, memanfaatkan hasil penilaian dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran.
- Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
0 Response to "Soal Kompetensi Pedagogik Dan Profesional"
Post a Comment
Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)
NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".
Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda