Seberapa Penting Prosesor 64 Bit? - Tempat Blogging

Seberapa Penting Prosesor 64 Bit?

iPhone memang dikenal sebagai perangkat seluler yang inovatif Seberapa Penting Prosesor 64 Bit?

iPhone memang dikenal sebagai perangkat seluler yang inovatif. Semenjak diluncurkan dengan mengusung layar sentuh dengan memanfaatkan sentuhan jari, bermacam-macam penemuan lain sudah diluncurkan. Sebut saja perpanjangan perangkat iOS yang kemudian dinamai iPad dan juga prosesor berarsitektur 64 bit.

Daripada meningkatkan jumlah clock dan core prosesor secara besar-besaran, Apple menentukan untuk meningkatkan kualitas prosesor dari 32 bit ke prosesor 64 bit. Hal inilah yang Apple tempuh dari iPhone 5 ke iPhone 5s. iPhone 5s sebagai perangkat seluler pertama yang mendukung prosesor 64 bit. Namun, apa bersama-sama prosesor 64 bit itu?

iPhone memang dikenal sebagai perangkat seluler yang inovatif Seberapa Penting Prosesor 64 Bit?

Perbedaan 32 bit dan 64 bit intinya yaitu perbedaan antara seberapa banyak arahan yang bisa diselesaikan oleh sebuah prosesor tersebut. Itu artinya, secara teori prosesor 64 bit yang mempunyai spesifikasi yang sama akan bisa menuntaskan operasi dua kali lebih cepat dibandingkan dengan prosesor 32 bit.

Perbedaan lainnya yaitu prosesor 64 bit mempunyai kemampuan untuk mendukung memori yang jauh lebih besar. Meskipun bisa mendukung memori lebih dari 4 GB, manfaat ini tampaknya tidak akan terlalu dirasakan oleh perangkat iOS di masa kini ini alasannya spesifikasi tertinggi iOS kini yaitu iPad Pro yang “baru” mendukung memori 3GB. Bukan berarti kau tidak akan mendapat kinerja yang lebih lambat alasannya tidak semua aplikasi juga belum tentu memanfaatkan penuh sistem 64 bit tersebut.

Secepat apa sih prosesor 64 bit yang ada di iPhone? Mengapa tidak meningkatkan core dan clock saja yang jelas-jelas lebih “rasional”? Tentu Apple punya alasan sendiri. Alasan tersebut lebih ke arah masa depan. Meningkatkan jumlah clock dan core prosesor akan berimbas kepada kebutuhan daya untuk menjalankannya. Peningkatan jumlah clock dan core juga belum tentu dimanfaatkan oleh semua aplikasi, dan malah lebih ke arah pemborosan daya saja.

Sebaliknya, arsitektur 64 bit memperlihatkan peningkatan kecepatan dengan pendekatan yang berbeda. Arsitektur 64 bit lebih dimanfaatkan oleh aplikasi yang membutuhkan sanksi proses yang lebih cepat, sehingga meskipun aplikasi yang sedang dibuka tidak mendukung fitur 64 bit secara penuh, tidak semua sumber daya dipakai sehingga penggunaan daya lebih efisien.

Selain itu, Apple juga akan memprediksi bahwa kebutuhan aplikasi di masa depan akan semakin mendekati arah pemanfaatan 64 bit. Makara jikalau ada aplikasi yang mengharuskan penggunaan prosesor 64 bit, maka aplikasi tidak akan bisa dijalankan di prosesor 32 bit meskipun mempunyai jumlah core dan clock yang jauh lebih tinggi. Sebaliknya, aplikasi 32 bit akan tetap bisa berjalan di prosesor 64 bit meskipun mungkin prosesor 32 bit tersebut memperlihatkan kecepatan yang lebih tinggi.

Jadi, kau tidak perlu duka jikalau iPhone kau (seri iPhone 5s dan yang lebih baru) masih Dual Core alasannya sudah mendukung prosesor 64 bit. Prosesor iPhone bisa dibilang salah satu yang terbaik kok. Bahkan iPhone 5s keluaran 2013 masih memperlihatkan kecepatan yang sangat tinggi di tahun 2016 ini.

Jadi, kau pilih mana? Prosesor 32 bit berkecepatan tinggi atau prosesor 64 bit?


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Seberapa Penting Prosesor 64 Bit?"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close