Cara Membuat Bootable Flashdisk Mac dengan DiskMaker X - Tempat Blogging

Cara Membuat Bootable Flashdisk Mac dengan DiskMaker X

Membuat Flashdisk Install Ulang Mac dengan DiskMaker X Cara Membuat Bootable Flashdisk Mac dengan DiskMaker X

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah kasih tahu ihwal cara menciptakan bootable installer USB untuk OS X atau macOS. Kamu dapat install ulang secara gampang dengan memakai flashdisk saja.

Namun cara tersebut masih cukup sulit alasannya ialah memakai Terminal. Kali ini ada aplikasi gratis yang dapat membantu kau untuk menciptakan flashdisk bootable OS X atau bootable macOS offline.

Aplikasi gratis tersebut ialah DiskMaker X. Aplikasi ini akan membantu kau menciptakan flashdisk atau USB Flashdrive kau menjadi Bootable USB Installer.

Sekarang kau dapat install ulang Mac atau MacBook dengan lebih mudah. Mengapa harus melalui flashdisk? Karena dengan memakai flashdisk, kau dapat install ulang Mac atau install ulang Macbook secara offline.

Hal yang sama dengan install ulang laptop Windows atau komputer Windows. Kamu niscaya dekat dengan Windows USB/DVD Download Tool kan? Aplikasi gratis resmi dari Microsoft tersebut akan menciptakan kau dapat memakai flashdisk dan memanfaatkan flashdisk sebagai bootable installer USB.

Kamu juga dapat memakai perangkat USB menyerupai flashdisk atau USB Flashdrive sebagai Mac bootable installer USB untuk keperluan install ulang.

Hanya saja, aplikasi USB Download Tool for Mac ini bukan buatan Apple. Apple tidak menciptakan aplikasi atau perangkat lunak apapun untuk menciptakan Mac flashdisk bootable installer USB. Untuk membuatnya, kau perlu aplikasi pihak ketiga. Aplikasi gratis itu bernama DiskMaker X.

Aplikasi DiskMaker X ini gratis dan sangat menyerupai dengan USB/DVD Download Tool. Boleh dikatakan bahwa DiskMaker X ini ialah Apple Mac USB Download Tool hehehe. Ya alasannya ialah fungsinya sama dan cara kerjanya juga hampir sama.

Bagaimana sih cara menciptakan bootable USB Installer OS X atau macOS untuk install ulang Mac atau install ulang MacBook?

Cara Membuat Flashdisk Bootable USB Installer dengan DiskMaker X

Untuk menciptakan flashdisk menjadi bootable USB installer, kau hanya perlu melaksanakan beberapa langkah gampang berikut ini.

  1. Pastikan kau sudah download OS X atau Download macOS Sierra terbaru dari Mac App Store.
  2. Colokkan Flashdisk yang akan kau gunakan untuk bootable USB installer. Flashdisk yang harus dipakai minimal size 8 GB.
  3. Download Gratis DiskMaker X di sini -> DiskMaker X with macOS Sierra Support. Setelah download selesai, pribadi saja install menyerupai biasa.
  4. Ketika sudah terinstal di Mac, buka saja aplikasi DiskMaker X.
  5. Muncul tampilan kecil yang akan menanyakan versi OS X mana yang akan kau install. Jika kau gres saja download macOS Sierra dari Mac App Store pilih macOS Sierra.
    Membuat Flashdisk Install Ulang Mac dengan DiskMaker X Cara Membuat Bootable Flashdisk Mac dengan DiskMaker X
  6. Secara default, macOS Sierra akan berada di folder Applications. Secara otomatis DiskMaker X akan memindai folder Applications. Jika kau menyimpannya di daerah lain, pilih Use Another Copy.Membuat Flashdisk Install Ulang Mac dengan DiskMaker X Cara Membuat Bootable Flashdisk Mac dengan DiskMaker X
  7. Pilih disk yang akan kau gunakan. Jika kau sudah menancapkan flashdisk ke Mac, pilih saja flashdisk tersebut. Coba cari flashdisk lain kalau flashdisk tidak terbaca secara otomatis dengan klik tombol Another Kind of Disk.
    Membuat Flashdisk Install Ulang Mac dengan DiskMaker X Cara Membuat Bootable Flashdisk Mac dengan DiskMaker X
  8. Konfirmasi bahwa flashdisk akan dihapus dan diformat ulang. Data akan terhapus semua dan akan diformat ulang.
  9. Tunggu sampai prosesnya selesai. Proses dapat memakan beberapa menit sampai 30 menit tergantung kondisi.
    Membuat Flashdisk Install Ulang Mac dengan DiskMaker X Cara Membuat Bootable Flashdisk Mac dengan DiskMaker X
  10. Ketika sudah selesai, kau akan menemukan tampilan yang menyatakan bahwa proses sudah tanggapan dan flashdisk siap untuk digunakan.
    Membuat Flashdisk Install Ulang Mac dengan DiskMaker X Cara Membuat Bootable Flashdisk Mac dengan DiskMaker X

Sedangkan cara memakai flashdisk untuk melaksanakan install ulang Mac atau install ulang MacBook dapat kau baca di sini -> Cara Install Ulang Mac dan MacBook. Pastikan semua data sudah kau backup dengan memakai Time Machine -> Cara Melakukan Backup Mac dengan Time Machine.

Dengan memakai flashdisk untuk melaksanakan install ulang Mac atau install ulang MacBook, maka kau dapat melaksanakan install ulang berkali-kali tanpa butuh sambungan internet sekalipun.

Berbeda dengan cara install ulang pribadi dari server Apple yang melaksanakan proses download OS X atau download macOS terbaru dari Apple. Membuat bootable flashdisk Mac dengan DiskMaker X jadi lebih mudah.

Nah sesudah kau sudah menciptakan flashdisk sebagai bootable USB installer untuk install ulang Mac, apakah sudah kau coba untuk install ulang? Bagaimana? Sukses?

Download – DiskMaker X


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Membuat Bootable Flashdisk Mac dengan DiskMaker X"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close